Pengertian Istilah Karakter Tsundere, Dandere, Kuudere, dan Yandere

1
816
Pengertian Istilah Karakter Tsundere, Dandere, Kuudere, dan Yandere

Yo minna, pada kesempatan kali ini mimin ingin membahas Pengertian Istilah Karakter Tsundere, Dandere, Kuudere, dan Yandere yang sering digunakan di anime dan manga.

Dere merupakan kata yang biasa digunakan sebagai istilah kepribadian seseorang di Jepang. Ada berbagai tipe -dere yang sering kita temui di Anime dan manga.

Sebenarnya penggambaran karakter ini tidak mengacu pada gender khusus, namun seringkali kata ini disematkan untuk karakter perempuan.

Dan seseorang bisa saja memiliki lebih dari satu tipe dere, dan dapat berubah-ubah tergantung situasinya.

Dari sekian banyak -dere, kali ini kita akan membahas 4 istilah -dere yang paling sering digunakan di anime dan manga, yaitu Tsundere, Dandere, Kuudere, dan Yandere.

1. Tsundere

Yang pertama adalah Tsundere, yaitu gabungan dari tsun-tsun dan dere-dere, yang mana tsun-tsun merupakan karakter agresif. Dan Tsundere memiliki makna pribadi yang keras, tegas, tapi sebenarnya punya sifat yang baik.

Karakter ini sering digambarkan sebagai karakter perempuan yang tidak mau mengakui perasaan suka pada orang yang disukai, dan bahkan cenderung kasar terhadap orang yang disukai, tapi intinya dia adalah orang yang baik.

Contoh karakter tsundere dalam beberapa anime yaitu Misaki Ayuzawa dari anime Kaichou wa Maid sama, Aisaka Taiga dari ToraDora!! , dan Vegeta the Prince of Saiya dari anime Dragon Ball :v

2. Dandere

Dandere yaitu gabungan kata danmari yang artinya diam dan dere-dere. Karakter ini adalah bertipe pendiam, tidak banyak tingkah serta kebanyakan pemalu.

Tapi sangat peka terhadap sekitarnya karena sebenarnya mereka ingin bersosialisasi, namun terlalu malu. Seringkali karakter ini termasuk sulit didekati, namun jika sudah berhasil didekati, dia akan jadi sosok baik dan susah untuk dilepaskan.

Contoh karakter Dandere di anime yaitu Morgiana dari Magi, Hinata Hyuga dari anime Naruto, Miyabi dari Absolute Duo, dan untuk contoh laki-laki, mungkin seperti Amano Keita dari Gamers!

3. Kuudere

Selanjutnya adalah Kuudere, berasal dari kata bahasa Inggris “Cool” yang kemudian berubah jadi “kuu” dan dere-dere. Tipe ini memiliki personality yang tenang, memiliki pandangan mata yang tajam, bersikap dingin atau jarang menampakkan emosinya. Kebanyakan juga berbicara kaku serta formal.

jullie absolute duo

Dan Kuudere kebanyakan adalah karakter yang kuat, tapi untuk karakter perempuan justru tampak manis dan imut serta bikin penonton terpesona.

Contoh karakter Kuudere dalam beberapa anime yaitu Kanade Tachibana dari Angel Beats!, Nephren Ruq Insania dari anime Suka Suka, dan untuk karakter laki-laki, contohnya adalah Levi Ackerman dari Shingeki no Kyojin.

4. Yandere

Dan terakhir adalah Yandere, yaitu gabungan kata Yanderu yang berarti gangguan jiwa atau mental dan dere-dere. Karakter ini biasanya tampak baik di awal, penuh kasih sayang dan lembut, tapi bisa berubah menjadi karakter yang mengungkapkan rasa cemburunya melalui kekerasan yang sadis.

Saat seorang cewek Yandere suka terhadap seseorang, dia akan sangat terobsesi pada orang yang dia suka, dan tidak rela jika orang yang didekati oleh orang lain. Karakter ini bahkan tak akan segan-segan untuk membunuh orang yang mendekati karakter yang dia sukai tersebut, dan bahkan dia juga akan membunuh orang yang disukainya tersebut.

Yandere adalah gabungan dari kata yanderu yang memiliki arti gangguan mental atau jiwa dan dere-dere. Biasanya karakter tipe ini terlihat tampak baik, lembut, penuh kasih sayang namun akan menyalurkan perasaanya lewat kekerasan ketika cemburu.

Bila cewek Yandere menyukai seseorang maka dia akan benar-benar terobsesi padanya, tidak rela orang yang di sukainya didekati orang lain, bahkan tak segan untuk membunuh, baik orang yang dia sukai ataupun orang yang mendekati orang yang disukainya.

Contoh beberapa karakter yandere di anime yaitu Yuno Gasai dari Anime Mirai Nikki, Kurumi Tokisaki dari Date A Live, Mikasa Ackerman dari Shingeki no Kyojin.

Untuk karakter laki-laki yandere sepertinya belum pernah ada, tapi ada tipe yang dekat dengan yandere untuk laki-laki, yaitu Psycho, contohnya adalah Karma Akabane dari Assassination Classroom, dan Suzuya Juuzou dari Tokyo Ghoul.

 

Yosh minna, itulah dia pembahasan singkat tentang Pengertian Istilah Karakter Tsundere, Dandere, Kuudere, dan Yandere yang sering digunakan di anime dan manga. Semoga infonya bermanfaat ya! 😀