Review Anime: Musaigen no Phantom World

0
659
review anime Musaigen no Phantom World

Hai minna san, selamat berkunjung di website Animers.info, kali ini penulis akan membuat review anime Musaigen no Phantom World.

Sesi review akan terbagi 5, yaitu diawali dengan 1. informasi seputar anime yang jadi topik review seperti genre, sinopsis, dll. Lalu 2. video promosi/trailer anime Musaigen no Phantom World, kemudian beberapa 3. karakter utama, 4. OST dan diakhiri dengan 5. review dan rating dari penulis.

Yosh, langsung saja yuk kita mulai reviewnya!

review anime Musaigen no Phantom World

1. INFORMASI ANIME

Judul Anime: Musaigen no Phantom World

English: Myriad Colors Phantom World

Sinonim Indonesia : Aneka Warna Dunia Phantom

Japanese : はじめてのギャル

review anime Musaigen no Phantom World

Type: TV
Episodes: 13
Status: Finished Airing
Aired: Jan 7, 2016 to Mar 31, 2016
Premiered: Winter 2016
Broadcast: Thursdays at 00:00 (JST)
Producers: Lantis, Pony Canyon, Asahi Broadcasting
Licensors: Funimation, Crunchyroll
Studios: Kyoto Animation
Source: Light novel
Genres: Action, Comedy, Fantasy, Slice of Life, Supernatural
Duration: 24 min. per ep.
Rating: PG-13 – Teens 13 or older

Sinopsis:

Phantom, entitas makhluk supernatural seperti hantu atau youkai yang hingga saat ini dianggap sebagai makhluk takhayul. Namun, suatu hari sebuah virus yang menginfeksi otak menyebar ke seluruh masyarakat, dan menimbulkan perubahan persepsi masyarakat serta perubahan dunia.

Phantom mulai dapat dilihat dan menjadi makhluk yang hidup berdampingan bersama umat manusia sepanjang waktu. Virus ini juga mempengaruhi generasi penerus dengan signifikan, membuat mereka dapat mengembangkan suatu kemampuan khusus yang bisa digunakan untuk membasmi phantom jahat.

Haruhiko Ichijou yang memiliki kemampuan untuk memanggil phantom dan menyegelnya melalui gambar, dan Mai memiliki kemampuan menyatukan kekuatan elemen dalam seni bela diri. Mereka bersama-sama berburu phantom dengan Ruru, phantom baik yang selalu berada di dekat Haruhiko..

Dan mereka juga membentuk tim E di Akademi Hosea, yang didedikasikan untuk menangani masalah phantom-phantom yang jahat dan sering berbuat kerusakan. Di dunia di mana terjadi hubungan antara nyata dan maya. Musaigen no Phantom World mengisahkan tentang petualangan mereka dalam menangani masalah sehari-hari yang ditimbulkan para phantom jahat.

 


2. Video Promosi/Trailer:


3. Karakter Utama

1. Haruhiko Ichijou (Haruhiko)

Haruhiko IchijouSeiyuu : Shimono Hiro, Minami Omi

Usia : Kira-kira seumuran kelas 1 SMA

Biografi :

Seorang siswa kelas satu SMA dan tokoh utama anime ini, Haruhiko Ichijou, Kekuatannya adalah dia dapat menyegel phantom yang dia gambar dalam buku sketsanya. Hobinya adalah baca buku alias kutu buku, sehingga rumahnya sudah membentuk hampir seperti perpustakaan.

Pengetahuannya sangat luas, namun sayangnya segala fakta yang dia katakan tidak pernah berguna dalam pertarungan melawan phantom. Meskipun penampilannya keren, kekuatannya tidak benar-benar berguna di awal cerita :v

 

 

 

 

2. Mai Kawakami (Mai)

Mai KawakamiSeiyuu: Uesaka Sumire

Usia: Kira-kira seumuran kelas 2 SMA.

Biografi:

Mai adalah siswi kelas 2 di SMA Akademi Hosea, bersama dengan Haruhiko mereka membentuk tim E yang membasmi phantom.

Kemampuan Mai disebut ”Spirit of the Five Elements”. Kemampuannya mengharuskannya untuk pada dasarnya menggosok area yang berbeda dari sisi tubuhnya ke dadanya untuk menyalurkan elemen tertentu ke dalam tinjunya, dengan menggunakan sistem elemen klasik China.

Dia mengkhususkan diri dalam pertarungan jarak dekat dan kekuatannya terdiri dari penyaluran kekuatan unsur melalui tubuhnya, seperti api dari hatinya atau air dari ginjalnya. Dia sendiri belajar bela diri dari ayahnya.

Dan tanpa dijelaskan sekalipun, tentunya kalian sudah bisa menebak bagian yang menarik dari dia, bukan? :v

 

 

3. Reina Izumi (Reina)

Seiyuu: Saori Hayami

Usia: Kira-kira seumuran kelas 1 SMA

Biografi :

Reina, seorang teman dan anggota klub Haruhiko dan Mai. Dia memiliki kemampuan untuk menyegel Phantom dengan memakannya. Dia memiliki nafsu makan yang sangat besar, tapi jarang punya uang untuk makanan. Dia mempelajari Aikido dan selalu melempar Haruhiko saat dia merasa malu.

Orang tuanya sangat ketat dan tidak suka dia menggunakan kemampuannya serta menyuruhnya menjauh dari Phantom. Dia mengagumi Mai karena mengingatkan kakak perempuannya yang suka mengendarai sepeda, tapi ketidaksetujuan orangtuanya terhadap hobinya membuatnya kabur dari rumah.

 

 

 

 

4. Rururaruri Rurararirararururirirari Rirararururararururararirari (Ruru)

RuruSeiyuu : Azusa Tadokoro

Usia : –

Biografi:

Ruru adalah phantom mungil yang berkepribadian semangat dan riang, dia selalu berada di dekat Haruhiko sepanjang hari dan sering duduk di pundak atau di atas kepala Haruhiko, dan hanya berpisah dengannya saat menjelang malam.

Nama panjangnya adalah Rururaruri Rurararirararururirirari Rirararururararururararirari.

 

 

 

 

5. Koito Minase (Minase)

Koito MinaseSeiyuu: Maaya Uchida

Usia: Kira-kira seumuran kelas 1 SMA

Biografi:

Seorang gadis dengan kemampuan khusus untuk menggunakan gelombang suara yang dihasilkan dengan bernyanyi untuk melawan Phantom. Dia selalu terlihat dengan headphone.

Memiliki kekuatan yang kuat saat kecil, hal itu menyebabkan banyak teman sekelas, teman dan bahkan orang tuanya takut padanya. Dia lebih memilih untuk beroperasi sendiri. Namun, semenjak Haruhiko menyelematkannya, dia selalu berada di dekat mereka meskipun bukan bagian dari tim E.

 

 

 

 

6. Kurumi Kumamakura (Kurumi)

Kurumi KumamakuraSeiyuu: Misaki Kuno

Usia: 10 tahun

Biografi:

Dia adalah murid kelas empat SD yang pemalu dari divisi sekolah dasar Akademi Hosea. Dia sering melihat aksi kelompok Haruhiko dan mengagumi mereka.

Dia selalu membawa boneka beruang bernama Albrecht dan memiliki keterkaitan yang sangat kuat dengan beruang karena hampir semuanya berhubungan dengan dia, dari nama keluarganya sampai ke tempat kelahirannya dan bahkan makanan kesukaannya, telah melahirkan (Kuma) atas namanya.

Kemampuan Kurumi memperbesar ukuran Albrecht dan memungkinkannya bergerak sendiri dan bertarung. Seperti Minase, kemampuan Kurumi bangkit pada usia yang sangat muda.

 

 

 

 


4. Original Soundtrack (OST)

Lagu Opening:
“Naked Dive” oleh SCREEN mode

Lagu Ending Theme
“Junshin Always (純真Always)” oleh Azusa Tadokoro

Selain lagu opening dan ending di atas, lagu original Soundtrack dan theme song nya rata-rata dan biasa saja, tidak ada yang menonjol.


5. Review Penulis

Review Singkat:

Musaigen no Phantom World. Anime yang satu ini memiliki kualitas grafik yang sangat bagus dan mulus, yah tak heran sih, karena anime ini garapan KyoAni.

Awalnya ane mengira anime ini adalah series dengan story yang lebih serius, namun nyatanya Ceritanya tentang kehidupan sehari-hari Haruhiko dan timnya dalam membasmi phantom, bukan cerita tentang phantom yang mulai terorganisir dan membentuk rencana besar menghancurkan dunia dan sebagainya seperti yang ane bayangkan.

Karakter development nya juga nggak terlalu jelas. Di episode awal nontonnya terasa datar dan agak garing. Bahkan Banyak yang berpendapat story anime ini terlalu klise.

Bahkan ada yang berkomentar nonton anime ini rasanya kayak nonton pokemon dengan grafik final fantasy :v

Yah, awalnya ane juga berpikiran sama, namun setelah masuk ke episode 4 keatas, dan setelah mencari makna dari judul animenya sendiri, ane sedikit demi sedikit mulai nangkap pesan dari ceritanya.

Yup, jika ditonton dengan lebih tenang dan dihayati, maka kita akan bisa melihat dari sisi pandang yang berbeda.

Sebenarnya ni anime juga bukan cerita yang mendalam sih, tapi sensasi saat nonton, rasanya benar-benar bagus dan keren. Dan bahkan dalam beberapa segmen, seakan pikiran alam bawah sadar kita ditarik masuk ke dalam ceritanya.

Dari pengertian judulnya sendiri, adalah Myriad colors phantom world atau aneka warna dunia phantom. Dan emang sesuai dengan yang ada dalam ceritanya, bahwa phantom memiliki aneka macam, bentuk, alasan eksistensi, dll. Jadi dari judulnya saja emang bukan anime full action dengan ledakan sana sini sih :v

Justru penonton yang salah kalau beranggapan ini adalah anime yang seperti itu cuma karena genre-nya ada action dan fantasy.

Mungkin saja penulis LN nya terinspirasi dari dunia makhluk astral yang beraneka ragam kehidupannya, atau dia mungkin punya indra keenam dan bisa melihat hal ghaib itu sendiri? :v

Yosh, setiap orang yang menonton pasti punya pendapat dan pandangan sendiri. Yang pasti dalam pandangan ane, ni anime cukup seru dan asyik buat ditonton. Bahkan ane sendiri mungkin akan rewatch lagi suatu saat nanti.

Tentang fanservice, karena ini anime dari kyoani jadi udah hal yang lazim kayaknya, jadi ga perlu dibahas lebih lanjut sih. Sekian saja, untuk selebihnya silahkan kalian tonton langsung sendiri bagi yang belum nonton :v

 

Rating dari Penulis:

  • Story : 8,0/10
  • OST : 7,0/10
  • Grafik : 9,2/10
  • Average : 8,1

 

 

Kosakata:

Kyoani: Kyoto Animation

Fanservice: Layanan penggemar, penjelasan detailnya akan dibahas di postingan berikutnya!

 


Yosh, itulah dia tadi Review Anime Musaigen no Phantom World nya. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi kalian yang butuh informasi tentang anime Musaigen no Phantom World ini, khususnya buat kalian yang belum nonton.

Dan karena blog ini masih baru, jadi mungkin masih terdapat banyak kekurangan dalam review ini, saya sebagai penulis sangat mengharapkan saran dan masukan tambahan dari kalian.

Sampai ketemu di Review berikutnya ya! 😀

Kata Kunci Pencarian:
  • genre anime musaigen
  • musaigen no phantom world ratings