Review Anime Kotoura-san (The Troubled Life of Miss Kotoura)

0
410
Review Anime Kotoura san

Hai minna san, selamat berkunjung di website Animers.info, kali ini penulis akan membuat review anime Kotoura-san.

Sesi review akan terbagi 5, yaitu diawali dengan 1. informasi seputar anime yang jadi topik review seperti genre, sinopsis, dll. Lalu 2. video promosi/trailer anime Kotoura-san, kemudian beberapa 3. karakter utama, 4. OST dan diakhiri dengan 5. review dan rating dari penulis.

Yosh, langsung saja yuk kita mulai reviewnya!

Review Anime Kotoura san

1. INFORMASI ANIME

Judul Anime: Kotoura-san

English: The Troubled Life of Miss Kotoura

Sinonim Indonesia : Kotoura-san

Japanese : 琴浦さん

Review Anime Kotoura san

Type: TV
Episodes: 12
Status: Finished Airing
Aired: Jan 11, 2013 to Mar 29, 2013
Premiered: Winter 2013
Broadcast: Unknown
Producers: AIC, CBC, KlockWorx, flying DOG
Licensors: NIS America, Inc.
Studios: AIC Classic
Source: 4-koma manga
Genres: Comedy, Drama, Romance, School
Duration: 23 min. per ep.
Rating: PG-13 – Teens 13 or older

Sinopsis:

Tentang Komedi cinta sekolah, Kotoura Haruka adalah seorang gadis berusia 15 tahun yang bisa membaca pikiran orang. Dia telah menderita masalah karena kemampuan membaca pikirannya, dan orang tuanya bercerai sebagai hasilnya.

Dia pindah ke sekolah menengah baru tapi berusaha menjauhkan diri dari teman sekelasnya. Manabe Yoshihisa, salah satu teman sekelasnya, menerima dan menghargai kemampuannya dan dia mulai berinteraksi dengan teman-temannya dengan bantuannya.

 


2. Video Promosi/Trailer:


3. Karakter Utama

1. Kotoura Haruka (Kotoura, Haruka)

Kotoura HarukaSeiyuu : Hisako Kanemoto

Usia : Kelas 1 SMA

Biografi :

Kotoura Haruka, dia adalah MC di Anime ini. Dia punya kelebihan yaitu dapat membaca/mendengar pikiran orang lain, baik secara sadar maupun nggak sadar atau bisa dibilang ESP/Esper.

Karena kemampuannya, dia jadi dibenci oleh teman-teman sekolahnya, hingga berujung pada perceraian kedua orang tuanya.

Dan akhirnya, orang tua Kotoura pun meninggalkannya pada kakeknya sambil berkata “seharusnya aku tidak pernah melahirkanmu” lalu pergi menghilang.

Kata terakhir yang diucapkan ibunya telah membuat Kotoura trauma dan menutup dirinya, dia tidak ingin menyakiti siapapun lagi, dan memilih menyendiri.

Hingga akhirnya saat pindah ke SMA baru (karena dia juga dibully di SMA lama) dia bertemu dengan Manabe Yoshihisa, yang menerima keadaannya dan memberi warna pada kehidupan Kotoura.

 

2. Yoshihisa Manabe (Manabe)

Yoshihisa ManabeSeiyuu: Jun Fukushima

Usia: Kelas 1 SMA

Biografi:

Manabe, dia sekelas dengan Kotoura, latar belakangnya tidak dijelaskan, tapi sepertinya dia cukup hebat dalam bela diri.

Manabe adalah orang yang ceria, dan orang pertama yang dengan senang hati menerima keberadaan Kotoura dan tetap mau berteman dengannya.

Yah, karena bisa membaca pikiran, Kotoura sering terganggu dengan pikiran serta khayalan mesum Manabe tentang dirinya.

Bersama Kotoura, mereka ikut bergabung (atau dipaksa bergabung :v) dengan klub penelitian ESP.

3. Moritani Hiyori (Moritani)

Hiyori Moritani

Seiyuu: Yurika Kubo

Usia: Kelas 1 SMA

Biografi:

Moritani juga teman sekelas Kotoura, keluarganya punya dojo, jadi dia adalah seorang seniman beladiri :v

Awalnya dia tidak menyukai Kotoura karena terlalu dekat dengan Manabe, dan bahkan tidak segan untuk ngebully Kotoura.

Namun karena suatu insiden, akhirnya dia meminta maaf dan menjadi teman baik dengan Kotoura.

4. Mifune Yuriko (Mifune, Yuriko)

Yuriko MifuneSeiyuu: Kana Hanazawa

Usia: Kelas 2 SMA

Biografi:

 

Mifune Yuriko, dia adalah senpai Kotoura. Mendengar tentang kemampuan Kotoura, dia mengajaknya bergabung dalam klub penelitian ESP, yang awalnya beranggotakan dirinya dan Muroto.

Dia tertarik dengan kemampuan Kotoura karena ibunya juga seorang ESP yang juga dapat membaca pikiran. Namun orang-orang tidak mempercayainya dan menyebutnya penipu yang mengakibatkan ibunya gantung diri karena tertekan. Dan semenjak itu Mifune bertekad untuk membuktikan bahwa kemampuan membaca pikiran itu memang ada.

Dan karena penampilan, dan juga seiyuunya Kana Hanazawa, tentunya membuat dia jadi salah satu karakter yang menarik :3

 

5. Muroto Daichi (Muroto, Daichi)

Daichi MurotoSeiyuu: Hiro Shimono

Usia: Kelas 2 SMA

Biografi:

Dia juga anggota klub penelitian ESP. Di samping itu dia juga teman masa kecil Mifune dan selalu mendukungnya.

Yah, walaupun penampilannya seperti ini, sebenarnya dia cukup keren saat ekspresi serius :v

Sebagai tambahan, dia cowok yang kurang peka :v

 


4. Original Soundtrack (OST)

Lagu Opening:
#1: “Sonna Koto Ura no Mata Urabanashi Desho? (そんなこと裏のまた裏話でしょ?)” Oleh Megumi Nakajima

Lagu Ending Theme
#1: “Kibou no Hana (希望の花)” oleh Haruka Chisuga (千菅春香) (eps 1-4, 7-12)
#2: “ESP Ken no Theme (ESP研のテーマ)” ESP Kenkyuukai (ESP研究会) (ep 5)
#3: “Tsurupeta (つるぺた)” oleh Hisako Kanemoto (ep 6)

Lagu openingnya dibawakan oleh Megumi Nakajima. Lagunya cukup bagus.

Tapi yang paling bagus adalah lagu ending utamanya, Kibou no Hana. Lagunya sangat indah dan bikin baper banget


5. Review Penulis

Review Singkat:

Kotoura-san, anime ini sebenarnya sudah cukup lama. Dan ane juga nggak pernah tau sebelumnya sih tentang anime ini.

Ane taunya waktu liat sebuah kiriman di facebook berupa video tentang prolog awal cerita yang cukup menarik.

Langsung deh nyari animenya dan lanjut nonton :3

Cerita awalnya emang cukup bikin baper, tentang Kotoura yang saat itu masih kecil, dan belum ngerti apa-apa dan hanya mengatakan apa yang didengarnya dari pikiran orang lain di sekitarnya.

Tentunya bisa dibayangkan apa jadinya kalau ada anak yang polos asal ngomong rahasia kita ke teman-teman kita. Atau mengungkapkan selingkuhan orang tuanya dihadapan mereka tanpa sadar. Tentunya hal itu akan mengacaukan segalanya, dan anak tersebut pasti dijauhi dan dibenci. Bahkan ibu sendiri mengatakan menyesal telah melahirkannya yang membuat mentalnya hancur.

Dan lagu endingnya juga bagus banget, Kibou no Hana. Sedikit cerita, ane pernah mendengar lagunya sekitar 3/4 tahun yang lalu, rada lupa sih dengar dari youtube atau dari facebook.

Yang menyebalkan adalah ane dulu nggak pernah tau itu lagu dari anime apa, dan terus-terusan penasaran tanpa pernah tau, bahkan sakin lamanya sampai lupa.

Dan tanpa sadar ane bisa mendengar lagu ini di anime Kotoura. Langsung rada syok dan kaget. Yup, ternyata anime inilah yang ane telah cari-cari selama ini.

Yah, untuk sebuah cerita tentang drama dan komedi, anime ini cukup menghibur. Romance Manabe dan Kotoura nya pun juga dapet, yah walau di beberapa eps awal sempat kerasa datar, tapi hanya sedikit kok saja kok, dan lebih banyak sisi menariknya 😀

Yang pasti bagi kalian yang belum nonton, anime ini sangat ane rekomendasikan buat kalian tonton, gak akan nyesal kok ^_^

 

 

Rating dari Penulis:

  • Story : 8,5/10
  • OST : 8,5/10
  • Grafik : 8,0/10
  • Average : 8,3

 

 

Kosakata:

ESP/Esper: Istilah untuk orang yang punya kemampuan khusus, indra keenam

Seiyuu: Pengisi Suara

 


itulah tadi review singkatnya tentang anime Kotoura-san nya. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi kalian yang butuh informasi tentang anime Kotoura-san ini, khususnya buat kalian yang belum nonton.

Dan karena blog ini masih baru, jadi mungkin masih terdapat banyak kekurangan dalam review ini, saya sebagai penulis sangat mengharapkan saran dan masukan tambahan dari kalian.

Sampai ketemu di Review berikutnya ya! 😀

Kata Kunci Pencarian:
  • Anime koutaro san karakter
  • Download lagu op dan end kotousan
  • karakter anime kotoura san
  • Live action comedy mc membaca pikiran
  • mencerita kan tentang kotoura dan manabe