Take a fresh look at your lifestyle.

Mengenal iMeiden, Komposer EDM dengan Nuansa Musik yang “Colorful” Asal Jepang

329

Yo minna, selamat berkunjung ke website animers.info, kali ini ane mau membahas tentang iMeiden.

Mungkin banyak di antara kamu yang masih asing dengan namanya, wajar saja sih, karena dia bukan seorang seiyuu, atau pun komposer musik yang mendunia seperti Sawano Hiroyuki, Supercell, dll.

Seperti judulnya, iMeiden adalah seorang komposer musik EDM asal Jepang favorit ane, dan ane ingin mengenalkannya kepada kalian yang belum tau tentang dia.

Awalnya ane tau iMeiden dari salah satu rekomendasi video autoplay youtube. Seperti yang kalian tau, setelah satu video habis ditonton akan otomatis beralih ke video selanjutnya di youtube.

Saat itu, lagu yang terputar adalah Wave Laser oleh iMeiden yang diupload sebuah channel bernama Yuuki Music. Ini dia videonya:

Yosh, itulah lagu pertama iMeiden yang ane dengarkan, dan ane langsung tertarik dengan musiknya, serta penasaran siapa yang buat itu musik, terus ane telusuri channelnya si Yuuki Music tadi dan memutar beberapa lagu upload-an dia.

Penampakan video di Yuuki Channel
Penampakan video di Yuuki Channel

Ane coba puter beberapa lagu, eh malah terdengar biasa aja, bagus sih tapi gak menyentuh. Gak seperti musik wave laser yang sebelumnya. Terus ane coba puter video yang ada judul “iMeiden” nya, dan WOW! Lagunya bagus-bagus semua.

Beberapa lagunya bahkan memberi efek Goosebumbs (perasaan merinding saat mendengar beberapa lagu/musik tertentu) pada diri ane, dan ane yakin, ini orang yang buat musiknya pasti berbakat dan bukan sekedar komposer biasa.

Akhirnya ane nemuin channel soundcloudnya, ternyata iMeiden nggak terlalu aktif di youtube, dia justru aktif di Soundcloud dan bandcamp, berikut adalah beberapa akun sosial milik iMeiden:

Dan seperti inilah penampakan channel soundcloudnya:

Penampakan channel soundcloud iMeiden
Penampakan channel soundcloud iMeiden

Semenjak itu ane selalu nungguin lagu-lagu barunya, dan ternyata selain instrumen EDM, untungnya iMeiden menyediakan link download untuk lagu-lagunya, jadi gak perlu repot buat convert lagi.

iMeiden juga colab. Dengan beberapa artis soundcloud/youtube lain menciptakan lagu yang keren banget.

Salah satu lagu colab. Favorit ane adalah Wings on Our Back, dinyanyikan oleh Yomi dan musik oleh iMeiden sendiri. Ini dia lagunya:

Gimana? Keren gak lagunya? Keren kan, pastinya keren kan? Hahahaha 😀

Well, lagu iMeiden juga sering direupload oleh para reuploader ncs musik seperti Yuuki Music yang ane bahas tadi, tentunya iMeiden juga mengijinkan hal tersebut dengan catatan memberikan link credit pada akun sosial iMeiden.

Ane sendiri juga sering nge promosiin lagu-lagu iMeiden di blog-blog ane yang lain seperti di RuangOtaku dan AnimeBukatsu.

Btw iMeiden nggak cuma colab. dengan vocalis Jepang lho, dia juga sering colab. Dengan vocalis-vocalis luar Jepang.

Ane kurang tau sih sistem/cara mereka kolaborasinya gimana, yang pasti iMeiden juga sering kolab. Bareng Rachie, seorang vocalis Utaite asal Indonesia.

Penjelasan simpelnya, bisa dibilang utaite adalah sebutan seseorang yang nge cover lagu-lagu Vocaloid dan sejenisnya lalu mengupload videonya di Nicovideo dan Youtube.

Channel Rachie juga cukup terkenal di youtube, bagi kalian yang penasaran dengan dia bisa langsung klik link channelnya disini.

Sejauh ini iMeiden udah 3 kali kolab bareng Rachie, judul lagunya yaitu: Shooting Star, Until the End, dan Tower Light Fireworks.

Favorit ane sendiri adalah lagu Tower Light Fireworks, ini dia lagunya:

Oh iya, saat ini iMeiden juga lagi nyari vokalis buat kolaborasi, nah bagi kalian yang merasa pede dengan kemampuan menyanyi kalian boleh saja mendaftar XD

kalian bisa langsung kirim email ke [email protected], tentunya dengan bahasa Inggris ya, pake bahasa Jepang juga boleh kok :3

Dan selain kolab, iMeiden juga gak jarang bikin versi remix dari musik-musik EDM lain, dan Remix dari iMeiden juga seakan lebih bagus dari versi originalnya sendiri.

Salah satu remix favorit ane adalah remix dari lagu Escape yang originalnya dinyanyikan oleh Hikaru station dan musik oleh Kaivaan. Ini dia videonya

Secara overall semua musik iMeiden itu bagus, baik yang remix dan original serta collabnya, gak ada yang mengecewakan sih. Dia juga menerima kritikan dan membuktikannya dengan karya nyata.

Pernah sekali dia dikomentari salah satu user di soundcloud yang menyebut salah satu musik barunya itu mirip dengan musik sebelumnya, cuma dibeda-bedain dikit tapi dasar musiknya sama.

Kalau gak salah itu di lagu Fighting Fate waktu collab dengan Oktavia, hampir sama dengan lagu sebelumnya, sejujurnya ane juga ngerasakan hal yang sama dan sedikit kecewa pada track tersebut.

Dan ane juga Pengen komentar seperti itu, tapi ternyata udah ada yang komentar duluan.

Lalu seminggu kemudian, iMeiden merilis single baru berjudul Be With dengan musik yang sama sekali berbeda dengan yang sebelumnya. Dan musiknya emang beneran keren banget :3

Bisa dibilang itu mungkin adalah balasan iMeiden atas kritikan sebelumnya. Membalas kritikan dengan karya nyata, bukan nge blame balik orang yang mengkritik.

Dan hal itu bikin ane makin suka dengan iMeiden, semoga aja dia akan terus membuat musik-musik keren dan luar biasa.

Dari keseluruhan musik iMeiden, jika seandainya ditanya yang manakah favorit ane, itu adalah hal yang sulit dijawab mengingat semua lagunya itu bagus dan bikin semangat.

Tapi jika harus menajwab, mungkin itu adalah Destination dan Party. 2 Musik ini seakan memberi semangat ekstra, terutama saat lagi main game.

 

Yosh minna, itulah dia tadi pembahasan ane mengenai iMeiden. Karena iMeiden bukanlah seseorang yang sudah terkenal serta punya segudang prestasi, jadinya pembahasannya mungkin agak berkesan lebih ke berdasarkan sudut pandang ane pribadi.

Sampai ketemu di artikel lainnya!

Comments
Loading...