Take a fresh look at your lifestyle.

15 Rekomendasi Anime Terbaik yang Hadir di Tahun 2018 Part 3

184

Animers – Selamat malam untuk semua sahabat Animers. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit rekomendasi anime terbaik kepada kalian mengenai anime apa saja yang terbaik di tahun ini.

Tahun ini, terdapat beberapa anime orisinil yang mampu mendongkrak posisi mereka sebagai suatu pesaing yang harus diperhitungkan. Mereka mampu bersaing dengan nama-nama yang sudah terkenal di dunia anime.

Tapi sebelum itu, saya memohon maaf karena artikel ini seharusnya terbit di akhir tahun, tapi saya akan membuat versi baru jika semua anime sudah selesai ditayangkan tahun ini. Jadi stay terus di situs kami untuk mendapatkan pembaruan mengenai anime.

Tanpa basa-basi yuk kita mulai rekomendasinya. Namun sebelum itu, jika kalian punya saran atau anime yang ingin dimasukkan, silahkan komentar melalui kolom dibawah ini. Biar nggak makan waktu lama yuk kita mulai saja.


Aikatsu Freinds!

Aine Yūki yang merupakan murid reguler di Star Harmony Academy dan bertemu Mio Minato yang mengundangnya untuk bergabung dengan Aikatsu untuk memenuhi tujuan Aine untuk mendapatkan teman.

Dia juga berteman dengan Maika Chōno dan Ema Hinata yang juga berhala. Aine dan Mio membentuk pasangan untuk menjadi teman terbaik untuk menjadi “Diamond Friends” yang cerah.

Karen Kamishiro dan Mirai Asuka dikategorikan sebagai “Diamond Friends” dan berada di Diamond Class!

Karakter:

Aine Yūki

Siswi SMP kelas 2 yang termasuk divisi normal Star Harmony Academy. Dia pandai membuat teman, dan tujuannya adalah untuk membuat satu juta dari mereka. Tenang dan positif, Aine memiliki hati yang baik yang memperhitungkan perasaan orang lain.

Dia berasal dari keluarga besar, dan mereka memiliki “Penguin Cafe” yang didukung oleh tetangga mereka. Aine sendiri senang membantu di sekitar rumah.

Sementara seorang gadis yang sangat biasa, pertemuannya dengan Mio memicu minat dalam kegiatan idola. Dia berfungsi sebagai inspirasi dari brandnya sendiri, Sugar Melody.Tipe idola cute, warna temanya merah jambu.

Anime ini sendiri bisa dibilang memiliki jalan cerita yang cukup menarik untuk disimak. Mereka menggunakan keunikan dari sisi Idol mereka sebagai suatu hal yang mesti digunakan.

Selain itu, karakterisasi dari anime juga begitu terlihat banget. Mereka mampu untuk memberikan suasana yang mampu menghidupakn cerita sehingga kalian tidak akan merasa agak sedikit hening didalam animenya.

Bukan hanya itu, visual dari anime ini juga diperlihatkan dengan baik, baik dari segi aspek lain, maupun aspek pendukung lainnya.


Asobi Asobase

Anime komedi yang berpusat pada tiga murid yang sering memainkan permainan tradisional. Kasumi, gadis cerdas, serius, dan pintar dalam permainan, tapi buruk dalam bahasa inggris.

Olivia, gadis cantik keturunan Amerika yang dibesarkan di Jepang. Dan Hanako, gadis ceria berambut kepang dua yang selalu gagal jadi gadis normal.

Cerita yang mengusung permainan ini akan membuat kamu tertawa terbaha-bahak pada awal episodenya. Tiga siswa tersebut bisa dibilang memiliki kepribadian yang berbeda namun dengan satu tujuan.

Mereka akan menemanimu bermain setiap harinya, entah itu permainan aneh atau tidak. Jadi saya sarankan kepada kalian untuk menonton seri yang satu ini.

Jangan tertipu dengan berbagai key visual yang rilis sebelum penayangan anime Asobi Asobase. Karena para karakter akan menampilkan berbagai ekspresi lebay menyebabkan bentuk wajah bisa berubah drastis.

Ini juga nyaris tidak jauh berbeda dengan cover manga yang terasa imut namun konten di dalamnya amit-amit. Ekspresi lebay mereka makin lengkap dengan kemampuan akting para seiyuu hijau.

Manga hasil garapan Suzukawa Rin memang di bawah rata-rata untuk urusan gambar. Meski artstyle untuk adaptasi anime jauh lebih baik dan terasa imut, tetap ada bagian yang terasa aneh.

Terutama saat wajah karakter dilihat dari sisi samping. Penonton yang terbiasa melihat sisi hidung dan mulut lebih maju akan merasa janggal dengan gaya artwork di Asobi Asobase.

angat salah bila penonton mengharapkan banyak kejadian imut di seri ini. Manga-ka dari awal tidak segan untuk membuat karakter menjadi “buruk rupa” agar komedi makin maksimal.

Desain visual lagu pembuka dan penutup pun makin mempertegas bahwa imut dan cadas bisa tampil dalam satu seri yang sama.


Black Clover

Black Clover bercerita tentang 2 anak yatim piatu bernama Asta dan Yuno. Mereka dibesarkan bersama di gereja yang sama dan sejak itu tak terpisahkan.

Sebagai anak-anak, mereka berjanji akan saling bersaing untuk melihat siapa yang akan menjadi Kaisar Magus berikutnya. Namun, saat mereka tumbuh dewasa, beberapa perbedaan di antara keduanya menjadi jelas.

Yuno adalah seorang penyihir jenius dengan kekuatan dan kontrol yang luar biasa, sementara Asta sama sekali tidak bisa menggunakan sihir, dan mencoba menutupi kekurangannya dengan berlatih secara fisik.

Ketika mereka menerima Grimoires (buku sihir) mereka pada usia 15, Yuno mendapat sebuah buku spektakuler dengan semanggi empat daun (kebanyakan orang menerima semanggi tiga daun), sementara Asta tidak menerima apapun sama sekali.

Namun, saat Yuno terancam, Asta mengeluarkan kekuatan yang sebenarnya, dia menerima Grimoires dengan semanggi lima daun yang berwarna “hitam!”. Sekarang kedua teman itu menuju ke luar di dunia, keduanya mencari tujuan yang sama!

Anime ini sendiri bisa dikatakan sebagai raja dari anime musim ini. Mereka memeberikan kesan cerita yang begitu bagus baik dari penyampaian hingga hal lainnya yang mungkin tak kamu temukan di anime lainnya.

Selain itu, standarisasi sebuah anime mampu untuk menopang pondasi dari animenya sehingga mereka memperkuat alur cerita dengan pondasi visual sebagai penopangnya. Karena studio yang menangani seri ini adalah Pierrot.


Captain Tsubasa 2018

Menceritakan tentang kehidupan Tsubasa saat masih duduk di bangku SD. Tsubasa jarang bertemu dengan ayahnya, karena profesi sang ayah yang menjadi pelaut. Bola bagi Tsubasa adalah teman, nah di episode ini ada kejadian bersejarah.

Ketika dia masih kecil usia golden age kali ya, nyawanya terselamatkan oleh bola, mungkin hal ini yang membuat Tsubasa sangat mencintai olahraga sepak bolanya.

Pada saat itu keluarganya memutuskan untuk pindah rumah, sekaligus mencari sekolah baru untuk Tsubasa.

Di sekolah baru ini Tsubasa bertemu dengan seorang kiper hebat Genzo Wakabayashi, kiper yang tidak ada tandingannya, karena sudah menelan manis pahitnya turnamen di skala nasional.

Wakabayashi menantang semua murid di sekolah baru Tsubasa, untuk bisa memasukan bola ke gawang yang dijaganya, tantangan ini memperebutkan lapangan yang akan digunakan oleh tim Wakabayashi sebagai tempat latihan.

Mulai dari atlet rugby, hockey, basket, base ball, voli semua mencoba head to head dengan wakabayahi hasilnya nol, tidak ada yang mampu mematahkan pertahanan sang kiper nasional itu.


Dagashi Kashi Season 2

Musim kedua dari seri anime tentang jajanan pasar, Dagashi Kashi.

Shikada Yo memiliki sebuah toko permen tradisional dan suatu saat ia ingin mewariskannya pada anaknya, Kokonotsu. Namun, Kokonotsu berkeinginan untuk menjadi penulis manga.

Suatu hari di musim panas, seorang gadis cantik yang aneh datang berkunjung.

Dia adalah Shidare Hotaru, putri dari perusahaan permen terkenal. Dia datang untuk mengajak ayah Kokonotsu bergabung dengan perusahaan keluarganya.

Namun, ia hanya setuju jika Shidare dapat meyakinkan Kokonotsu untuk mengambil alih bisnis keluarga.

“Neee Kokonotsu-kun.”

“Shiteru Kokonotsu-kun?”

Itulah yang sering dikatakan oleh Hotaru di seri Dagashi Kashi ini, dan saya menunggu musim kedua dari anime ini untuk melihat dan mendengar suara Hotaru yang unik-unik aja.

Tapi sayangnya Hotaru tidak muncul lagi dari episode empat sampai episode 12, di musim kedua ini mungkin hanya bertujuan untuk memperkenalkan debut karakter barunya.

Kaya manajer minimarket yang ternyata kakak Hotaru, dan Hajime seorang genius (?) yang bekerja di toko Shikada.

Walaupun begitu, saya tetep menikmati anime-nya karena karakter baru tersebut memang menarik juga, walaupun MH Hotaru dihilangkan dulu buat plot ke depan.

Tapi sebelum Hotaru pergi ada kejadian yang menarik, seperti kilas balik sekilas dari masa lalu Hotaru yang sifatnya masih ngeselin dan lebih kawai.

Juga, buat yang suka ship dikasih servis juga antara Kokonotsu dan Hotaru, di akhir episode 4. Yah, bagian itu saya suka banget, walaupun ternyata entar Hotaru nggak muncul.

Tapi, di episode 12 dikasih servis juga, apalagi ending yang diberikan juga agak gantung dan entah kenapa jadi makin penasaran dan berharap ada S3-nya lah.

Selanjutnya, cerita berlanjut menceritakan satu karakter baru yaitu manajer mini marketyang dari tampangnya kelihatan karakter antagonis, tapi ternyata bukan.

Awalnya saya pikir itu karakter antagonis pada umumnya, tapi ternyata itu bukan karakter antagonis, tapi cuma laki-laki arogan yang ingin mewujudkan mimpinya.

Dan setelah episode itu, muncullah karakter baru yang jadi pusat perhatian di musim kedua ini. Yup, itulah Hajime Owari. Setelan sih black suit, sekilas kaya pemalas atau seorang NEET.

Tapi, entah kenapa ia serba bisa, bikin web, bantuin bikin manga, Hajime Owari seorang jenius kah? Entahlah saya nggak baca manga-nya.


Darling in the FranXX

Di masa depan, di mana Bumi hancur, dan umat manusia mendirikan benteng yang dinamakan Plantation. Pilot yang dihasilkan di Plantation tinggal di Mistilteinn, yang juga dikenal sebagai “Sangkar Burung.”

Anak-anak yang tinggal di sana tak tahu tentang dunia luar atau kebebasan. Mereka hidup dengan bertarung dan mengemban misi.

Musuh mereka adalah makhluk raksasa misterius yang dikenal dengan nama Kyouryuu, dan anak-anak itu memiloti robot yang bernama FranXX yang ditujukan untuk melawan para monster itu.

Bagi mereka, memiloti FranXX adalah bukti keberadaan mereka. Seorang anak bernama Hiro atau Code 016, dulunya dia dikenal sebagai si jenius.

Namun, dia mengalami kegagalan dan keberadaannya sudah tak diperlukan. Karena jika tak berhasil memiloti FranXX sama saja mati.

Anime ini menceritakan tentang kehancuran bumi, karena ada sebuah monster bernama Klasoxaur yang menghancurkan peradaban manusia. Dan yang melawan monster itu disebut Franxx, franxx dikendalikan oleh 2 orang. Yang mengendalikan franxx diatas dan yg menjadi franxx dibawah hampir mirip dengan adegan 18+ hahahha.

Umat yang selamat kemudian mendirikan kota milter yang dikenal sebagai (Plantation), dipimpin oleh Organisasi APE.

Saat ia melewatkan acara kelulusan kelasnya, Hiro secara tak sengaja bertemu dengan Zero Two, pilot Franxx yang dikenal buruk, dan dia adalah anggota ras manusia yang memiliki darah klaxosaur, memberikannya sepasang tanduk merah di kepalanya.

Setelah pasangan Zero Two terbunuh karena serangan klaxosaur, Hiro kemudian meminta Zero Two untuk menjadi pasangan barunya, atau yang ia sebut sebagai “Darling”.

Anime ini sendiri bisa dikatakan sebagai salah satu seri yang sangat populer di tahun 2018. Mereka memberikan kesan yang sangat luar biasa ketika penayangan pertamanya dimulai pada hari itu.


Granceast Senki

Berlatar di benua yang dilanda kekacauan. Para penguasa benua tersebut memiliki kekuatan Segel Suci (Grancrest) yang dapat meredam kekacauan dan melindungi masyarakat.

Namun, kemudian para penguasa mulai saling berebut segel satu sama lain dan mengabaikan rakyat mereka. Kesal akan hal itu, Siluca bekerjasama dengan Theo untuk mengakhiri kekacauan dan peperangan.

Sempat populer karena adegan di episode 9 ini membuat anime ini banyak ditonton oleh para otaku. Karena adegan NTR yang ada pada seri tersebut, rating anime ini langsung drop. Hl itulah yang membuat banyak anime ini dibenci oleh para otaku.

Anime ini sendiri berhasil populer karena hal itu. Mereka mencoba memaksa para penonton untuk ikut terjabk kedalam seri yang coba mereka tampilkan. Hasilnya, mereka memulai suatu cerita yang mengangkat seri ini menjadi populer.


High School DxD Hero

Musim keempat dari seri anime High School DxD. Hyoudou Issei adalah seorang siswa biasa seperti siswa SMA lainnya yang ingin memiliki harem di hidupnya.

Namun, sialnya saat kencan pertamanya dengan seorang gadis cantik, ia justru diserang secara brutal oleh malaikat yang jatuh dari langit hingga membuatnya tewas. Setelah kejadian itu, kakak kelasnya yang cantik membuatnya bereinkarnasi sebagai setan.

Kakak kelasnya mengatakan padanya bahwa sekarang Issei menjadi setan, sama sepertinya. Sejak kejadian itu, Issei ikut terseret dalam pertempuran antara setan dengan malaikat.

Saya setengah takjub dan setengah terkejut dengan fakta bahwa High School DxD berlanjut  ke musim keempat. Mengingat anime ini sebagian besar berisi dengan dada, menurut saya luar biasa sekali bahwa anime DxD masih tetap berlanjut.

Semakin jauh cerita di anime ini semakin kuat unsur shounen-nya, satu hal yang perlu saya akui mengingat anime ini isinya semula hanya dada saja.

Hal trivial yang menarik adalah, bila kita mengurutkan keempat musim High School DxD, kata tambahan setiap musimnya akan memunculkan frasa “New Born Hero”, yang menjadi gambaran pertumbuhan Issei di dalam seri ini.

Meskipun konten seriusnya semakin lama semakin dominan, unsur dada yang menjadi trademark DxD tetap memiliki peranan yang penting.

Bahkan pada episode 0 DxD Hero, di tengah-tengah ketegangan yang ada, lagu tidak penting macam ini menjadi bagian penting dari episode tersebut.

Sebagai penutup, High School DxD telah berevolusi dari sekedar anime fan service penuh dada menjadi dada dan pertarungan seru khas anime shounen.


Killing Bites

Menceritakan duel antara manusia-binatang yang tak mengenal rasa takut. Mereka bertarung dengan insting binatang yang gila. Sebuah pertarungan yang akan mengejutkan siapa saja yang menontonnya.

Saat menonton episode pertama, baru scene sebentar sudah langsung menuju adegan pencabulan. Yah itu berarti bisa disimpulkan bahwa ceritanya akan diawali dengan adegan cabul seperti anime bergenre ecchi lainnya.

Sebentar menonton sudah ada aja yang mati, bahkan 4 orang sekaligus wiiih ngeri. Kok tiba – tiba mati sih, apa yang sebenarnya terjadi?

Dan kemudian pertanyaan tersebut dijawab oleh sebuah adegan pertempuran antara makhluk berbulu lebat dan seekor singa. Ternyata si cewek yang dicabuli tadi berubah jadi seonggok makhluk berbulu lebat dan mempunyai cakar.

Pantas aja dia bisa bunuh 4 orang sekaligus. Yah sampai sini saya masih belum paham, apa memang latar ceritanya tentang dunia yang dihuni manusia berkekuatan super yang bisa berubah jadi hewan buas atau manusia yang punya kekuatan karena memakan buah iblis.

Saya pribadi menyukai anime pertempuran yang brutal seperti ini walaupun tidak terlalu suka yang banyak darah hehe. Jujur yang membuat sebuah anime itu menarik selain dari segi grafis, alur cerita dan lain – lain, saya juga menyukai prinsip atau pun kata – kata yang diucapkan oleh karakter utamanya.

Untuk grafis dari karakter sih menurutku sudah bagus dan sesuai dengan genre ecchi pada umumnya.

Karakter wanitanya dibuat sangat seksi dan berpayudara besar seta terdapat adegan – adegan yang tiba – tiba tangannya sudah sampe di tetek begitu seperti biasanya hehe.

Selain itu, adegan pertempurannya juga dibuat sedikit kejam dengan banting sana banting sini dan juga gigit gigitan gitu. Yah pokoknya grafis anime ini enak dipandang mata.


Mitsuboshi Colors

Colors adalah tiga gadis kecil yang ingin menjaga kedamaian di kota tempat mereka tinggal.

Mereka sering menghabiskan waktu dengan bermain bersama, memecahkan teka-teki, dan pergi ke kebun binatang, dan kegiatan-kegiatan menyenangkan lainnya.

Anime ini menceritakan keseharian mereka bertiga.

Colors terdiri dari tiga anak kecil yang memiliki kepribadian berbeda.

Yui memiliki kepribadian yang sangat polos, cengeng di antara ketiga temannya, dan agak lebih lebih pintar dari kelihatannya ia juga ketua dari grup Colors tersebut.

Sacchan adalah karakter yang seakan harus ada dari anime slice of life, ya sifatnya nggak sadar diri, bodoh, ceplas-ceplos, tapi peka ama situasi.

Satu lagi Kotoha, ia kelihatan paling cuek, dingin, dan seakan mentingin game. Tapi sebenarnya ia perhatian ama teman-temannya, dan ia juga S berbakat.

Apakah di antara kalian ada yang memiliki masa anak-anak seperti Colors? Main sana sini, nakal banget, tapi seru.

Mitsuboshi Colors menceitakan anime seperti itu, bisa jadi ini mungkin jail bait, karena karakter utamanya seorang anak SD.

Tapi, tenang aja, di anime ini tidak banyak fanservis jadi aman-aman aja lah. Tapi, anime ini menceritakan keseharian Colors yang seru buat diikuti.

Dari pemikiran ala anak-anaknya, kelakuannya yang hiper-aktif, dan lainnya yang membuat anime ini patut buat dinikmati bagi penikmat komedi slice of life.

Dari episode ke episode memberikan cerita yang unik dan ngakak, saya suka banget bagian Yui yang dikacangin melulu.

Yui yang sering tsukkomi selalu dicuekin saat membuat lelucon, yang waktu ditanggepi dengan “Hah?” oleh Sacchan ia lngsung mengganti ekspresinya dengan datar.

Dan itu sengaja nggak diperlihatkan banget alias nge tsukkomi balik, dan berkat itu saya bisa ngakak berat.

Juga, si Kotoha yang memiliki bakat S dari lahir ini juga ngakak, nginjek kepala si polisi sambil bilang “Oops” kaya yang nggak disengaja.

ari grafik saya suka, sasuga Silver Link, komedi juga dapet mulu nggak garing.

Soundtrack bagus aja, dapet kesan cerianya, seiyuu-nya juga bagus-bagus dan cocok buat  karakternya.

Buat yang masih nggak yakin buat nonton nih anime, sebaiknya tonton aja karena emang lumayan seru kok.


Ongaku Shoujo

Unit idol Ongaku Shoujo kelas C dari manajemen Pine Records saat ini beranggotakan sebelas gadis.

Meskipun tidak terlalu populer dan nilai penjualannya berada di garis merah, tetapi Produser Ikebashi dan para anggota mencoba memberikan yang terbaik untuk menaikkan level mereka.

Ikebashi menyarankan untuk merekrut anggota baru, seorang yang dapat menjadi katalis untuk kesuksesan grup. Audisi pun mulai dibuka…

Anime ini terkesan seperti anime idol umumnya, namun mereka memberikan kesan cerita yang agak unik. Oleh karena itu saya cukup menyarankan kepada kalian untuk menonton seri tersebut.


Ramen Daisuki Koizumi-san

Koizumi adalah seorang gadis SMA yang cantik dan misterius. Banyak orang tidak tahu kalau dia adalah seorang master ramen yang selalu mencari warung ramen terbaik.

Setiap hari dia berburu ke tempat-tempat baru yang menyajikan hidangan ramen terbaik dengan mie yang lezat.

Saya suka anime ini, lupakan sejenak dengan cerita utamanya karena ini adaptasi dari yonkoma manga.

Secara garis besar ceritanya, anime ini sama sekali tidak kehilangan dengan konteks utama anime-nya. Yup, yaitu menceritakan Koizumi-san, tiap episode pasti aja ada Koizumi-san.

Koizumi-san yang punya sifat flat dan mungkin tidak menarik bagi beberapa orang justru jadi ciri khas dari karakternya sendiri. Yang seakan ramen adalah segalanya di dunia ini.

Juga ada teman sekelasnya yang jadi stalker Koizumi-san, dan itu jadi bahan komedi dari anime ini.

Jujur saya syukur banget ini anime nyeritain ramen daripada fokus ke cewek-cewek imut yang melakukan sesuatu yang imut, dan berkat itu anime ini tidak kehilangan konteks utamanya.

Selanjutnya, anime ini juga mempromosikan jenis-jenis ramen di Jepang. Yah, setelah tamatin anime ini, saya langsung pergi ke restoran ramen terdekat.

Jadi, promosinya berhasil. Tidak ada fanservice, komen saat makannya tidak terlalu berlebihan seperti Shokugeki no Souma, tapi cukup buat menguggah selera saya.

Anime ini enjoyable banget, saya menikmati anime ini kok. Misal, waktu makan saya buka PC lalu nonton ini, dan entah kenapa rasanya nikmat juga sih.

Soundtrack-nya juga bagus, terutama di bagian saat Koizumi-san dan Yuu ato teman lainnya memakan Ramen, yang cocok banget sama situasinya dan enak juga didenger.

OST-nya juga bagus, opening dan ending-nya lumayan enak didenger di telinga saya juga. Tapi saya lebih suka BGM-nya sih.

Grafiknya lumayan, karena ini hanya fokus ke toko-toko ramen, dan karakter utama dan sampingan. Tapi, ada juga adegan di mana Koizumi-san makan ramen di atas gunung.

Makanya grafiknya jadi nilai tambah buat anime ini.


Ryuuou no Oshigoto

Bercerita tentang seorang remaja bernama Kuzuryuu Yaichi yang merupakan pemain shogi terhebat dalam sejarah. Dia menyandang gelar “Ryuou” (Raja Naga).

Suatu hari, seorang murid SD yang menyukai sekali shogi, Hinatsuru Ai muncul dan mengatakan bahwa Kuzuryuu pernah berjanji kepada dia untuk menjadi masternya. Dan itulah awal kisah unik hubungan dari master dan seorang murid dimulai.


Sanrio Danshi

Hasegawa Kouta seorang anak SMA yang sangat menyukai Pom Pom Purin. Sementara Mizuno Yuu menyukai kelinci My Melody. Mizuno mengatakan pada Hasegawa bahwa tidak perlu malu karena menyukai karakter-karakter lucu Sanrio.

Hasegawa dan Mizuno, bersama Yoshino, Nishimiya dan Minamoto belajar untuk menerima diri sendiri yang mencintai karakter masing-masing.


Yuru Camp

Anime bercerita tentang dua gadis pecinta alam. Rin senang berkemah sendiri di pinggiran danau yang sambil menikmati indahnya pemandangan Gunung Fuji.

Sedangkan Nadeshiko senang bersepeda sendiri ke tempat-tempat di mana ia bisa melihat Gunung Fuji.

Setelah keduanya bertemu, mereka melakukan perjalanan, berkemah, dan makan ramen bersama sambil menikmati pemandangan.


Nah sahabat Animers itulah rekomendais anime kami. Akhir kata sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Kata Kunci Pencarian:
  • download lagu sasuga asta
  • film komedi terbaik 2018
Comments
Loading...