Take a fresh look at your lifestyle.

15 Rekomendasi Anime Terbaik yang Hadir di Tahun 2018 Part 2

128

Animers – Selamat malam untuk semua sahabat Animers. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit rekomendasi anime terbaik kepada kalian mengenai anime apa saja yang terbaik di tahun ini.

Tahun ini, terdapat beberapa anime orisinil yang mampu mendongkrak posisi mereka sebagai suatu pesaing yang harus diperhitungkan. Mereka mampu bersaing dengan nama-nama yang sudah terkenal di dunia anime.

Tapi sebelum itu, saya memohon maaf karena artikel ini seharusnya terbit di akhir tahun, tapi saya akan membuat versi baru jika semua anime sudah selesai ditayangkan tahun ini. Jadi stay terus di situs kami untuk mendapatkan pembaruan mengenai anime.

Tanpa basa-basi yuk kita mulai rekomendasinya. Namun sebelum itu, jika kalian punya saran atau anime yang ingin dimasukkan, silahkan komentar melalui kolom dibawah ini. Biar nggak makan waktu lama yuk kita mulai saja.


1 Satsuriku no Tenshi

Satsuriku no Tenshi

Rachel, seorang gadis berumur 13 tahun yang menemui dirinya terbangun di sebuah ruangan bawah tanah. Dia sendiri tak memiliki ingatan dan terus menyusri bangunan demi mendapatkan petunjuk.

Pada perjalanannya, ia bertemu dengan Zack, pria dengan wajah yang tertutp perban dan memegang sebuah sabit besar layaknya malaikat maut.

Rachel pun meminta Zack agar membunuh dirinya jika mereka telah berhasil keluar dari bangunan tersebut. Lantas bagaimana kisah mereka dalam mencari jalan keluar?

Anime ini bisa dibilang memberikan sedikit gambaran mengenai anime-anime yang memfokuskan diri terhadap Thriller. Dan tentu saja cerita yang mereka angkat begitu mengesankan sekali.

Selain itu, mereka juga memberikan nuansa cerita yang gampang dicerna oleh para penonton di sekitar. Kemampuan mereka dalam memberikan alur yang mudah dicerna adalah suatu keharusan dan membuat seri ini menjadi populer.

Saya rasa, banyak juga dari kalian yang meremhkan seri ini diawalnya. Namun seiring berjalannya cerita, anime ini menghadirkan cerita yang mungkin tidak kamu tebak sebelumnya. Dan itu menjadi poin penting dari anime ini.

Selain itu, karakter yang ada di seri ini juga mampu memberikan hal yang begitu luar biasa banget. Tak terlihat mereka menyiakan suatu adegan yang berujung kepada hal fatal seperti tak terjadi dialog sama sekali.


2 Isekai Maou to Shoukan Shoujo no Dorei Majutsu

Isekai Maou to Shoukan Shoujo no Dorei Majutsu

Takuma Sakamoto, seseorang yang dijuluki sebagai Raja Iblis oleh para pemain MMORPG. Pada suatu hari, dirinya dipanggil kedunia lain yang sangat mirip dengan MMORPG yang ia mainkan. Dirinya kemduian bertemu dengan dua gadis yang mengaku sebagai orang yang memanggil Takuma.

Namun, ketika mereka berdua ingin mencoba membuat Takuma menjadi budaknya, namun siapa sangka bahwa mereka terkena pantulan sihir milik Takuma.

Tentu saja keadaan menjadi terbalik dimana kedua gadis tersebut harus menjadi budak Takuma. Kisah Raja Iblis pun telah dimulai.

Anime ini bisa dibilang menghadirkan cerita yang terkesan seperti anime isekai biasanya. Mereka memberikan cerita yang tak diharapkan oleh diriku ini dan orang lain. Namun hal yang membuat seri ini menjadi kompe adalah mereka mampu memberikan alur yang baik.

Saya rasa, hal itu sudah menjadi tugas penting dari sebuah anime untuk memberikan kesan yang disukai oleh penonton. Namun seri ini, mereka memfokuskan cerita terhadap karakter overpower dan Ecchi yang terkesan begitu ekstream.

Saya cukup memaklumi hal itu karena Isekai memang identik dengan Harem ataupun Ecchi. Namun jika mereka mampu mengambil resiko dengan memberikan kesan lain bukan tidak mungkin bahwa seri ini akan populer.

Selain itu, karakter di anime ini juga mampu memberikan kesan yang luar biasa banget. Mereka mampu memerankan peran masing-masing tanpa terhambat akan suatu hal. Setiap scene tak disia-siakan oleh siapun disana.

Dan dialog mereka juga tercipta begitu rapih dan mudah dimengerti oleh kebanyakan orang. Tapi saya lebih suka dengan Musik yang ditampilkan oleh seri ini. Karena mereka memperdengarkan hal yang begitu laris di telinga saya ini.


3 Banana Fish

Banana Fish

Mengisahkan Ash Lynx, seorang bos mafia kecil di kota New York. Dirinya pun harus menghadapi berbagai geng mafia dimana dirinya tumbuh dengan pertumpahan darah serta bau peluru yang keluar dari pistol.

Tentu saja hal itu membuat dirinya menjadi pembunuh berdarah dingin. Lantas bagaimana kehidupannya dalam menjalani geng mafia yang ia bangun?

seri yang bisa saya katakan sebagai anime yang cukup ditujukan untuk para Fujo. Tentu saja kalian bisa melihat cover diatas dan saya juga nggak terlalu kuat untuk menonton ser ini hingga habis.

Namun, teman perempuan saya menyarankan anime ini untuk para wanita saja. Tentu saja kata dia, anime ini memberikan kesan cerita yang sangat-sangat disukai oleh para Fujo. Tentu saja itu akan mulai menarik perhatian para penonton disekitar.

Namun para wanita juga harus tetap berhati-hati ketika menonton seri ini, pasalnya mereka juga kerap memberikan adegan yang sangat membanjiri mata para Fujo. Dan selain itu, saya memberikan garis besar terhadap visualiasi mereka.

Karena mereka memberikan art yang terkesan begitu halus namun terlihat tak baik. Tapi hal itu hanya muncl dibeberapa adegan saja. Dan tak terdeteksi oleh mata. Saya juga cukup menghiraukan hal itu.

Tapi yang pasti, seri ini mungkin akan sangat cocok untuk para Fujo, namun tak cocok untuk kaum lelaki. Karena kalian akan langsung berhenti menonton seri tersebut pada awal episode atau yang lainnya.


4 High Score Girl

High Score Girl

High Score Girl berfokus pada tiga karakter, Yaguchi Haruo, anak yang terobsesi dengan game dan punya posisi tinggi di Arcade lokal; Oono Akira, putri pendiam keluarga kaya yang menggunakan game untuk pelarian dari tekanan hidupnya.

Dan Hidaka Koharu, yang awalnya pemalu namun mendapat banyak kepercayaan diri setelah Yaguchi memperkenalkannya dengan dunia gaming.

Menggunakan setting waktu di tahun 1991 terdapat seorang anak bernama Haruo Yagachi yang duduk di kelas 6 SD yang setiap harinya ia isi dengan bermain video game.

Ketika disekolah dirinya tak begitu popular, tidak menarik, tidak humoris, dan tak begitu baik. Satu-satunya hal yang ia punya adalah keahlian ketika bermain game.

Suatu hari, ketika dirinya berada di pusat video game local, ia bermain dengan teman sekelasnya bernama Akira Oono yang sangat cantik, pintar, kara raya dan popular.

Pada pertandingan pertama, dirinya kalah telak oleh Akira. Bukan hanya itu, dirinya bahkan harus kalah sebanyak 30 kali berturu-turut.

Dari hal itulah mulai tumbuh benih-benih cinta yang akan menghiasi hidup mereka.

Anime ini yang jelas tentang game ini sangat kebantu dengan fakta kalau mereka bisa menggunakan konten game secara langsung, di mana di manga sendiri gamenya digambar manual.

Nggak cuma untuk menunjukkan game yang para karakter mainkan tapi juga untuk menunjukkan “isi kepala” para karakter yang juga sering diwakilkan dengan gameplay mechanic dan sprite karakter.

Kombinasi ini juga lebih cocok dengan desain 3D para karakternya.


5 Hanebado!

Hanebado!

Seorang pelatih bernama Tachibana Ketarou yang memiliki antusiasme tinggi dari kebanyakan anggota di timnya yang kecil. Suatu hari, dirinya bertemu dengan Ayano Hanesaki yang merupakan pemain bulutangkis dengan kekuatan fisik yang luar biasa.

Tachibana pun mulai berusaha untuk merekrut dirinya, namun sangat disayangkan Ayano tak tertarik dengan olahraga tersebut. Namun sang pelatih yakin bahwa dirinya mamu menjadi juara. Lantas apakah Ayano bersedia untuk bermain?

Hanebado adalah anime badminton pertama hasil adaptasi manga karya Kosuke Hamada. Olahraga badminton memang pernah menyelip di sejumlah judul anime misalnya Gochiusa, Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge, dan Tari Tari.

Namun Hanebado lah yang benar-benar fokus ke olahraga badminton.

Ada banyak perubahan antara manga dengan adaptasi anime. Perubahan ini pun telah mendapat persetujuan dari manga-ka.

Hanebado pada tiga episode awal sudah menampilkan drama antar anggota klub. Jadi sejak awal sudah ngegas.

Penonton yang terbiasa dengan model konflik gunung yaitu perkenalan secara ringan baru dibawa ke konflik selanjutnya penyelesaian, akan merasa drama di Hanebado tidak natural.

Di episode awal Nagisa yang tidak memiliki bakat natural, bekerja keras hanya untuk kalah dari Hanesaki yang sangat berbakat. Hanesaki sendiri pun tidak lepas dari masalah. Dia ditinggal ibunya karena salah paham usai sebuah pertandingan.

Ibunya merasa perlu memberi jarak agar si anak jenius ini tidak hanya fokus ke badminton. Namun Hanesaki menyangka ibunya mencampakannya dan memilih melatih pemain baru yang bisa meraih juara.

Pengambilan sudut kamera dan pilihan warna pun tidak bisa diremehkan. Staff LIDEN Films berusaha keras agar visual tampak menarik.

Bila menonton anime ini, sekilas mendekati kualitas movie atau sudah pantas tayang di layar lebar. Musik latar sudah mampu mendukung atmosfer berbagai adegan di anime Hanebado.


6 Hyakuren no Haou to Seiyaku no Valkyria

Hyakuren no Haou to Seiyaku no Valkyria

Pada saat Yuuto Suou dan teman masa kecilnya, Mitsuki Shimoya yang mencoba mencari kebenaran dibalik legenda urban, diapun harus terseret di dunia lain yang sangat kaya akan mitos Mitologi Nordik lama.

Namun dengan bekal pengetahuan yang ia dapat dari smartphone bertenaga surya, ia mampu memimpin ribuan prajurit dengan beberapa gadis di dalamnya.

Anime ini bisa dikatakan sebagai salah satu anime isekai yang tak mendapatkan perhatian lebih oleh para otaku. Hal itu disebabakan karena cerita yang menurut mereka sudah begitu mainstream dimana karakternya memiliki sebuah alat.

Dan tentu saja anime itu mirip banget dengan Isekai Smartphone. Tapi, jika kalian melihat lebih dalam seri ini, kalian akan menemukan sebuah cerita yang begitu luar biasa. Mereka menghadirkan kesan natural namun tetap modern dan mencampurkan berbagai hal.

Selain itu, karakter dari seri ini juga sudah begitu oke dan mampu memerankan peran mereka masing-masing. Dan saya rasa, saya tak perlu memberikan komentar begitu banyak terhadap anime ini.

Karena standarisasi sebuah anime sudah begitu tercapai dengan kemampuan sang Sutradara dalam memberikan alur cerita yang tak mainstream. Selain itu, mereka juga memberikan kesan cerita yang tak mungkin diberikan kepada anime lain/

Dan poin penting dari anime ini ada pada bagian art dimana visual yang mereka perlihatkan sudah sangat halus dan saya menyukai hal itu.


7 Shichisei no Subaru

Shichisei no Subaru

Mengisahkan sebuah dunia game MMORPG bernama “Union”. Dimana didalam game tersebut terdapat sebuah party yang sangat legendaris bernama Subaru. Pada party tersebut, terdapat 7 anggota yang merupakan teman masa kecil mereka di sekolah.

Suatu ketika, terjadi insiden besar yang membuat mereka harus berpisah dan memaksa game Union untuk menutup server dan game mereka.

Namun, enam tahun kemudian, Haruto login ke game baru bernama ‘Reunion’ dan bertemu kembali dengan Asahi serta teman-teman masa kecil mereka yang sudah meninggal 6 tahun lalu.

Premis dari anime ini adalah menceritakan sebuah permainan yang dinamai “UNION” . Di game ini layaknya game “Fantasy” kebanyakan menitikberatkan kepada penyelesaian Quest dengan sistem Guild/Party.

Singkat cerita apakah kalian pernah menonton Sword Art Online(Alfheim Online Arc) atau Log Horizon? Yup, anime ini mempunyai aura yang sama seperti kedua anime yang disebutkan.

Game ini menggunakan mekanisme Full-Dive system yang diperkenalkan oleh sword art online(Atau secara blak – blakan terlihat persis 90% sama dengan alat Amusphere SAO)

Yang membedakan, walau game ini “Free to play” namun tidak semua orang bisa main permainan ini. Kalian harus mempenuhi kriteria game itu yaitu memiliki suatu unsur yang disebut “Sense”.

Sense ini sepertinya(?) digunakan sebagai basis Class/job di game tersebut.

Bisa dibilang kalian mungkin akan menemukan campuran antara Anohana dan SAO. Bisa disingkat juga Anohana Online sih. Tapi saya juga nggak terlalu menonton seri ini, namun berbagai komentar positif datang kepada saya mengenai anime tersebut.


8 Sunoharasou no Karinrin-san

Sunoharasou no Karinrin-san

Melihat penampilannya yang sangat feminism membuat Aki Shiina sangat sering mendapatkan perlakuan seperti perempuan. Untuk mengatasi hal itu, dirinya mulai pindah ke Tokyo untuk melanjutkan sekolahnya dan mengubah dirinya.

Ketika dia sampai di penginapan Sunohara-sou, ia telah disambut oleh sanga pengurus penginapan bernama Ayaka Sunohara.

Dirinya tinggal bersama anggota OSIS di sekolah barunya. Tentu saja kehidupannya akan dipenuhi dengan berbagai kisah komedi yang lucu dan menarik.

Anime ini memulai cerita mereka dengan memberikan gmbaran mengenai sang karakter utama. Mereka juga menggambarkan apa yang mereka akan mulai dari anime ini seperti latar dari penginapan yang akan menjadi setting ceritanya.

Selain itu, set up yang mereka berikan terbilang sudah begitu bagus, dengan memulai suatu cerita dan menampilkan adegan fanservice membuat penonton akan terbawa suasana dari anime ini tersebut.

Selain itu, mereka juga memberikan beberapa cerita selingan dan kisah masa lalu mereka serta bagaimana mereka bisa sampai disini. Bukan hanya itu, cerita yang mereka tampilkan juga terkesan tak dipaksakan sama sekali.

Saya mengira, awalnya anime ini akan memperlihatkan sebuah cerita yang membosankan atau gimana gitu, tapi seiring berjalannya setiap episode, mereka juga telah memberikan arah cerita dengan jelas dan tersusun secara rapi.

Poin penting dari anime ini adalah, mereka memberikan cerita yang berbeda-beda setiap episodenya dan selalu memberikan nuansa yang berbeda pula. Hal itu dimaksudkan agar para penonton tak terbawa suasana oleh cerita yang akan mereka tampilkan.

Dari segi art, anime ini memberikan suatu grafis yang terbilang udah oke banget. Selain itu, mereka juga memberikan bebragai gerakan yang sangat detail dan tak terlewatkan sama sekali.

Mereka juga berhasil memberikan gambaran mengenai anime yang akan mereka buat. Beberapa backround yang mereka berikan jgua terbilang sudah sesuai dengan apa yang mereka buat.

Bukan hanya itu, mereka juga memberikan sedikit kualitas grafis yang diatas rata-rata gitu. Untuk penilaian sepertinya anime ini mendapatkan point yang cukup tinggi.


9 Death March kara Hajimaru Isekai Kyousoukyoku

Death March kara Hajimaru Isekai Kyousoukyoku

Suzuki Ichirou, seorang programmer berumur 29 tahun ini telah terlempar ke dunia lain. Bukan hanya itu, dia juga telah mendapatkan kekuatan yang begitu besar dan menjadi salah satu petualang level atas.

Di juga mulai mempelajari kehidupan di dunia tersebut. Setelah melalui berbagai petualangan, dirinya bertemu dengan para gadis dan memulai cerita harem-nya di dunia tersebut.

Hal pertama yang akan saya kasih tahu adalah, bagi kalian yang suka menonton anime dengan “Quality” yang tinggi, sangat tidak disarankan nonton anime ini.

Kenapa?

Karena pastinya kalian sudah terbiasa menonton anime dengan genre isekai, fantasi yang full action, ‘kan? Makannya pasti kalian menggolongkan anime sejenis itu dengan anime ini.

Saya menonton anime ini dengan kacamata slice of life, dan ya, saya dapat memahami dan memaklumi isi anime ini. Konteks yang diberikan anime ini memang klise.

Di episode pertama kita akan diberikan tontonan keseharian dari seorang programer selama setengah episode lebih, setelah saat ia menyelesaikan coding dan tidur.

Dia tersadar kalau dirinya berada di dunia yang berbeda saat dia terbangun dan menganggap bahwa itu mimpi.

Pada awal episode sih, keren banget gitu. Ngeluarin meteor dan naik level dengan kecepatan yang tinggi hingga bisa dianggap cheat.

Dan alasan inilah, membuat anime ini mendapat rating gede di awal. Karena berharap anime ini memberikan aksi yang wah.

Tapi, ekspektasinya terlalu tinggi kepada anime dengan hanya genre fantasi saja.

Selanjutnya di episode Satou pergi ke kota terdekat, dan sebelum itu Satou menyelamatkan seorang gadis yang nantinya menjadi Heroine utama di anime ini.

Buat soundtrack-nya, saya suka sama opening dan ending-nya. Lebih tepatnya suka banget, di beberapa kasus ada juga BGM yang enak di suatu kejadian di anime itu.

Saya menikmati anime ini kok, bahkan menjadi anime yang saya tunggu rilisannya. Karena selain Yuru Camp, anime ini juga menjadi anime relax yang saya cari.

Buat finishing ending-nya, hmm saya kira lumayan pas. Juga, adegan-adegan romanceantara MH sama MC, kerasa banget kisah cinta abad pertengahannya loh.

Saya cukup merekomendasikan seri ini kepada kalian untuk ditonton loh.


10 Koi wa Ameagari no You ni

Koi wa Ameagari no You ni

Tachibana Akira, gadis berumur 17 tahun yang jarang memperlihatkan ekspresinya. Gadis ini jatuh cinta dengan Kondou Masami, manajer di tempat dia bekerja paruh waktu. Manajernya tersebut berusia 45 tahun, telah bercerai dan memiliki seorang anak.

Meskipun terpaut usia yang jauh, namun Akira dengan sepenuh hati menyukai manajernya.

Dan meskipun Akira tidak bisa mejelaskan alasannya mengapa dia tertarik pada manajernya, namun dia meyakini bahwa mencintai seseorang itu tidak membutuhkan alasan. Suatu hari ketika turun hujan, dia memberanikan diri untuk mengungkapkan perasaannya…

Dari cerita sih anime ini menghadirkan sesuatu yang luar biasa banget. Dengan cerita yang penuh drama dan konflik menambah daya keseruan dari anime ini. Fokus ceritanya juga cukup unik dimana terjadi kisah romansa beda generasi dan hal itu terbilang aneh.

Namun bagi Tachibana hal itu tidak menjadi masalah. Justru ia mulai mencari tahu mengapa dirinya bisa merasakan cinta terhadap sang manager. Dari situlah mulai tumbuh perasaan sang manager terhadap Tachibana.

Namun sangat disayangkan, menjelang akhir cerita, terdapat penurunan kualitas dimana mereka lebih fokus kepada persahabatan antara Tachibana dan Haruka. Tapi tak masalah menurut saya.

Karena hal itu bisa menjadi suatu pembaruan cerita yang telah memfokuskan diri terhadap Kondou dan Tachibana. Setelah menyelesaikan masalah Jalan Cerita, yuk kita masuk ke segmen berikutnya yakni, Karakter.

Dari segi tokoh si, anime ini lebih memfokuskan diri terhadap sang MC dan Heroine. Dimana seorang gadis jetuh cinta terhadap pria berumur 45 tahun. Tentu saja harus ada penyesuaian terhadap beberapa efek didalamnya.

Tapi tak masalah, Wit Studio berhasil memberikan apa yang menjadi target utama mereka yakni kualitas cerita. Disisi lain, pergerakan dari karakternya juga sangat halus dan kekakuan dari karakternya tak terlihat sama sekali.

Penundaan Attack on Titan karena anime ini menjadi keuntungan untuk mereka. Dengan melakukan penundaa, kualitas dari grafis anime ini sangatlah bagus dan fresh. Disisi lain, lukisan tokoh berhasil menyesuaikan umur mereka.

kalian bisa membaca review saya lebih lanjut mengenai anime ini di link berikut.


11 Hakata Tonkotsu Ramens

Hakata Tonkotsu Ramens

Sebuah kota bernama Fukuoka yang terlihat begitu damai, terdapat sebuah kejahatan yang sangat tersembunyi dibaliknya. Tentu saja dikawasan Hakata terdapat berbagai orang yang memiliki bakat seabgai pembunuh professional, detektif, informan, dan seorang pembalas dendam.

Selain itu, terdapat sebuah mitos yang dikenal dengan “pembunuh pembunuh professional”.


12 Wotaku Koi ni Muzukashii

Wotaku Koi ni Muzukashii

Kisah komedi romantis antara Narumi, seorang wanita pekerja kantoran yang menyembunyikan gaya hidup fujoshi-nya, dan Hirotaka, pria ikemen yang ternyata seorang game otaku.

Secara singkat anime ini begitu bagus untuk ditonton. Dengan konflik yang terbilang minim membuat anime ini begitu santai untuk dinikmati. Namun ada sedikit kekurangan terhadap kurangnya tokih Nifuji dalam memberikan keromantisannya kepada Momose.

Tapi terlepas dari hal itu saya meyarankan kepada kalian untuk menonton seri ini jika ingin lebih mengenal yang namanya cinta dalam satu kantoran. grapik yang diberikan juga terbilang memukau untuk dilihat.

Lagu yang ada di seri ini juga sangat oke untuk didengar, dengan alunan yang simpel namun dapat menenangkan hati kalian loh.


13 Kokkuku

Kokkuku

Yukawa Juri yang tinggal bersama dengan ayah serta saudara laki-lakinya yang pengangguran serta saudara perempuan yang janda serta keponakan yang masih kecil. Pada suaru hari, saudara laki-lakinya telah diculik oleh sekelompok orang yang menamai diri mereka sebagai Genuine Love Society.

Untuk menyelematkan mereka, Juri menggunakan sebuah batu sihir yang dimiliki oleh kakeknya untuk menghentikan waktu . Namun, saat dirinya menyusup ke markas sang penjahat, mereka bertemu dengan sekelompok orang yang bias melepaskan diri dari kurungan waktu tersebut.

Lantas apakah mereka berhasil menyelamatkan saudara laki-lakinya dan keluar dari dunia parallel tersebut atau tidak?


14 Jashin-chan Dropkick

Jashin-chan Dropkick

Yurine Hanazono yang merupakan seorang mahasiswa ini telah memanggil Jashin-chan, seorang gadis iblis dengan ekor ular. Akibat dari pemanggilan itu, Yurine harus menemukan cara agar bias mengembalikan Jashin-chan ke neraka atau ia akan dibunuh oleh Jashin-chan. Lantas bagaimana kisah mereka selanjutnya.


15 Chio-chan Tsugakkoro

Chio-chan Tsugakkoro

Menceritakan Chio, gadis kutu buku yang setiap harinya merangkat kesekolah dengan berbagai rute yang sangat tak biasa. Perjalanan kesekolahnya pun menjadi lebih menarik dan kocak karena terdapat berbagai masalah yang muncul di sepanjang masalah.


Nah sahabat Animers itulah rekomendasi anime untuk kalian. Akhir kata sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Comments
Loading...