Take a fresh look at your lifestyle.

[Review Anime] Inu x Boku SS (Kisah Unik dari Sebuah Apartemen)

193

Animers – Selamat malam untuk semua sahabat Animers. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit review mengenai anime yang bisa dikatakan menjadi salah satu favorit saya loh. Apalagi kalau bukan Inu x Boku SS.

Sebuah anime dengan cerita yang sangat jarang muncul pada sebuah animasi. Mereka mengankat tema antimasintream dan menjadikan hal itu sebagai keuntungan untuk memasarkan anime tersebut.

Biar kalian tidak penasaran, yuk simak reviewnya berikut ini. Namun sebelum itu, jika kalian punya saran atau anime yang ingin di review silahkan komentar dibawah yah.


Detail Anime:

Judul Anime

Judul Inu x Boku SS
Jepang 妖狐×僕SS
Inggris Inu X Boku Secret Service
Lainnya Youko x Boku SS

Detail

Tipe TV
Status Selesai Tayang
Musim Perdana Winter 2012
Tayang 13 Jan 2012 – 30 Mar 2012
Total Episode 12
Durasi 24 menit
Rating Remaja
Genre Comedy, Romance, Shounen, Supernatural
Studio David Production
Lisensi Sentai Filmworks
Produser Aniplex, Square Enix, Mainichi Broadcasting System, Movic, Inu x Boku SS Production Partners
Website inuboku.tv
Skor 7.5

Sinopsis:

Inu x Boku SS bercerita tentang Ririchiyo Shirakiin, seorang gadis yang memiliki darah setengah manusia dan setengah Ayakashi. Karena ia merupakan keturunan ayakashi, ia sering mendapatkan perlakuan dingin dari orang – orang disekelilingnya.

Hal inilah yang menyebabkan Ririchiyo punya kebiasaan berkata kasar pada orang lain, meskipun didalam hatinya ia sama sekali tidak ingin mengatakan hal-hal itu. Ia sadar, dengan sikapnya yang seperti itu, ia akan menyakiti orang lain yang berada bersamanya.

Oleh karena itu, Ririchiyo pun memutuskan untuk pindah ke Ayakashi Kan dengan tujuan agar ia tidak menyakiti hati orang lain lagi.

Di Ayashi Kan, ia bertemu dengan Miketsukami Soushi, secret service pribadinya yang bersikeras ingin menjadi ‘anjing’ peliharaannya Ririchiyo. Dari sinilah kisah romantis mereka berdua dimulai.


Jalan Cerita:

Kisah romantis antara Ririchiya dan Miketsukami bukannya tidak menarik, bahkan sebenarnya cukup bagus, hanya saja butuh waktu terlalu lama hingga kisah tersebut benar – benar menjadi sebuah cerita.

Mereka memberikan sedikit gambaran mengenai apa saja yang akan terjadi selanjutnya. Selain itu, beberapa scene juga terlihat berhasil diperankan dengan baik oleh para staff mereka.

Sekitar tiga perempat dari keseluruhan anime ini digunakan hanya untuk mengungkapkan bagaimana Ririchiyo mulai menyadari perasaannya terhadap Miketsukami.

Saya merasa bahwa apa yang mereka lakukan terhadap anime ini sudah sangatlah bagus. Meeka berhasil menempatkan berbagai cerita pada frame yang tepat sehingga para penonton tidak akan kebingungan.

Beruntung, untuk mengisi ruang – ruang kosong yang ditinggalkan oleh cerita yang diregangkan terlalu banyak, anime ini menyertakan selingan – selingan menyenangkan dalam bentuk komedi-romantis mini antara Watanuki dan Karuta serta komedi – komedi yang, meski termasuk sudah sangat klise, tetap sesekali mampu menghibur.

Ada sedikit masalah dengan setting-nya, terutama pada Maison de Ayakashi atau Ayakashi-kan.

Apakah ini hanya kamuflase sebagai tempat berkumpulnya orang – orang berdarah siluman ataukah sebuah usaha bisnis kompleks apartemen mewah yang nyata dengan pelayanan ekstra?

Karena kedua sisi tersebut merupakan bagian yang sama – sama esensial, anime ini tampaknya tidak bisa menentukan, sehingga akhirnya menghasilkan sebuah setting yang aneh.

Sebuah kompleks apartemen mewah dengan pilihan pegawai dan penghuni yang sangat terbatas?


Karakter:

  • Shirakiin Ririchiyo (CV : Hidaka Rina)

Setengah manusia, setengah ayakashi yang sengaja pindah ke Ayakashi Kan agar dapat hidup mandiri. Selain itu dia juga khawatir tentang karena tidak dapat berkomunikasi dengan orang lain secara wajar sehingga dia memilih untuk pindah dari rumahnya.

Dia menempati kamar no. 4. SSnya adalah Soushi, ayakashi rubah yang pernah diselamatkan olehnya. Tipe karakter cewek tsundere.

  • Miketsukami Soushi (CV : Nakamura Yuichi)

Secret Service yang mengabdi pada Ririchiyo. Soushi adalah reinkarnasi dari rubah ekor sembilan. Ririchiyo menyelamatkannya waktu kecil. Kepribadiannya tenang, ramah, dan baik kepada orang lain.

Dia sangat mengagumi Ririchiyo sampai mau mematuhi perintah apapun dari Ririchiyo dan rela mempertaruhkan nyawanya untuk Ririchiyo

  • Sorinozuka Renshou (CV : Hosoya Yoshimasa)

Ayakashi Ittan-Momen, yaitu ayakashi dengan wujud kain dan memiliki beberapa tattoo pada wajahnya. Penghuni kamar no. 3 yang memiliki sifat pemalas.

Dia memiliki hubungan kakak-adik dengan Ririchiyo dan mendapat kepercayaan dari Soushi. SSnya adalah Yukinokouji Nobara.

  • Yukinokouji Nobara (CV : Hikasa Youko)

Secret Servicenya Renshou. Nobara adalah seorang Yuki-onna. Wujud manusianya adalah seorang perempuan yang memakai kacamata.

  • Shoukiin Kagerou (CV : Sugita Tomokazu)

Penghuni kamar no. 2 , mantan majikan Soushi dan juga tunangan dari Ririchiyo. Kagerou memiliki sifat unik, blak-blakan, narsis dan memanggil penghuni lain dengan sebutan babi atau binatang.

SSnya adalah Roromiya Karuta, yang sering dipakaikan rantai dan baju maid pada saat Kagerou kembali ke Ayakashi Kan. Dia membedakan orang-orang dalam 2 kategori, Sadist atau Masochist.

  • Roromiya Karuta (CV : Hanazawa Kana)

Secret Servicenya Kagerou, memiliki wujud ayakashi yaitu Gashadokuro dan wujud manusianya adalah perempuan yang memiliki rambut berwarna coklat muda. Walaupun sering melamun, dia sebenarnya sangat pintar dan tahu tentang sekelilingnya.

Dia suka makan tetapi badannya tetap saja kurus. Dia mempunyai perasaan kepada Banri.

  • Watanuki Banri (CV : Eguchi Takuya)

Penghuni kamar no. 1. Banri adalah ayakashi musang. Menyebut dirinya sendiri sebagai berandalan, dia menganggap Soushi sebagai rival karena Soushi pernah memanggil dia imut (tapi emang imut sih).

SSnya adalah Natsume Zange. Mempunyai perasaan terhadap Karuta dan membenci sekaligus takut kepada Kagerou.

Benci karena dia tidak suka dengan perlakuan Kagerou terhadap Karuta dan takut karena dulu dia sering diganggu oleh Kagerou pada saat dia masih kecil.


Art:

Menurut saya pribadi, anime ini memberikan kualitas grafis yang begitu memukau banget. Mereka berhasil memperlihatkan berbagai hal dengan begitu baik. Setiap scene dibuat secara menyeluruh.

Tentu saja, frame yang mereka tampilkan dalam satu gambar sudah begitu tepat. Selain mampu memberikan kualitas, beberapa adegan juga digambar dengan begitu baik dan tak terlihat lecet sama sekali.

Saya rasa poin penting dari anime ini bisa didapat pada bagian ini loh.


Musik:

BGM yang mereka tampilkan terbilang sudah begitu ok banget. OP serta ED nya juga diperdengarkan dengan begitu seksama dan tanpa terkecuali. Tentu saja hal itu menjadi daya tarik dari anime ini loh.

Mereka terkesan membuat anime ini dengan penuh keseriusan dan tak terlihat main-main. Saya rasa ini bisa menjadi referensi bagi saya untuk membuat reviewnya lagi.


Nah sahabat Animers itulah review untuk anime ini. Akhir kata sampai jumpa di artikel selanjutnya.

9

Anime dengan keseimbangan yang luar biasa ini menjadi rekomendasi saya kepada kalian.

  • Jalan Cerita 90%
  • Karakter 90%
  • Art 90%
  • Musik 90%
Comments
Loading...