Take a fresh look at your lifestyle.

15 Rekomendasi Anime Action Romance yang Wajib Kalian Tonton

149

Animers – Selamat malam untuk semua sahabat Animers. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi action dengan bumbu romance yang wajib kalian tonton. Tentu saja rekomendasi ini dibuat berdasarkan penilaian saya sendiri.

Namun sebelum memulai-nya, saya akan memberitahukan kepada kalian bahwa kalian bisa memberikan pendapatmu di kolom komentar dibawah. Tanpa membuang waktu lama-lama, yuk kita mulai saja rekomendasi kali ini.


1 Sword Art Online

Sword Art Online

Rekomendasi selanjutnya adalah anime yang sudah sangat terkenal dikalangan para otaku. Cerita yang disajikan dalam anime mengambil tema mengenai game VR (Virtual Reality) yang membuatnya menjadi salah satu anime populer sepanjang masa.

Pada tahun 2022, sebuah game virtual reality yang dapat dimainkan secara masal dirilis ke pengguna. Game ini disebut dengan Sword Art Online (SAO).

Dengan menggunakan NerveGear, berupa helm yang digunakan pemain untuk mengontrol karakter game mengikuti pikiran pemain. Pada tanggal 6 November, sebanyak 10.000 pemain login ke SAO untuk pertama kalinya dan menyadari bahwa mereka tidak bisa logout.

Mereka dipaksa harus mencapai ke kastil lantai 100 untuk mengalahkan bos terakhir agar dapat bebas. Mereka yang mengalami kekalahan dalam game, atau pun melepas NerveGear sebelum selesai permainan akan mengakibatkan kematian di kehidupan nyata mereka.

Anime ini bisa dikatakan sebagai salah satu anime populer saat itu. Mereka menghadirkan cerita yang begitu oke dan tak terlihat kaku sama sekali loh. Saya juga memberikan saran kepada kalian untuk menonton seri ini karena mereka menghadirkan cerita yang sangat memukau.

Selain itu mereka menghadirkan grafik yang cukup memukau. Pergerakan dari masing-masing karakternya juga berhasil diselraskan. Secara keseluruhan saya memberikan point yang cukup besar terhadap anime ini.


2 Accel World

Accel World

Suatu hari di musim gugur tahun 2046, Haruyuki berjumpa dengan Kuroyukihime, gadis tercantik di sekolahnya. Untuk anak sekolah menengah yang sering diganggu, perjumpaanya itu membuat hidupnya berubah.

Melalui suatu program misterius yang diperlihatkan Kuroyukihime, Haruyuki mulai merasuki dunia yang disebut Virtual Accel World. Sejak saat itu, dia dari seseorang yang dianggap remeh oleh murid – murid lain menjadi “Burst Linker”, seorang ksatria di Accel Wolrd.

Anime ini menceritakan kisah yang terjadi di tahun 2043 dimana teknologi berkembang dengan cepat karena telah beredar sebuah alat yang diberi nama “Neuro Linker” yang dipasang di leher. Alat ini akan terhubung ke otak.

Dengan alat ini, memungkinkan si penggunanya berkirim email, telpon, sms, dan sebagainya. Otak diibaratkan seperti komputer yang bisa diakses folder-folder di dalamnya.

Dari segi grafis, anime ini memperlihatkan kualitas yang luar biasa banget. Terlihat beberapa pergerakan dari karakternya sangat halus. Tentu saja hal itu menjadi point utama dari anime ini.

Untuk lagu opening pertama di nyanyikan oleh salah satu penyanyi yang terkenal yaitu May’n dengan judul Chase the world. Lalu opening ke-2 yang memiliki beat seperti opening pertama Burst The Gravity dari ALTIMA.

Untuk ending pertama KOTOKO juga menyanyikan lagu yang berbeat dengan judul unfinished. Lalu ending ke-2 berbeda dengan lagu lainnya, karena bergenre Pop-Rock yang berjudul Unite oleh Sachika Misawa


3 DanMachi

DanMachi

Rekomendasi selanjutnya merupakan salah satu seri yang sangat disukai oleh para otaku. Dewi Hestia yang sangat dikagumi oleh para otaku menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari anime ini.

Cerita yang dibawakan juga terbilang cukup memukau karena mengambil alur dunia fantasi atau dunia isekai sehingga menjadikannya sebagai salah satu seri yang wajib untuk ditonton.

Sebagai seorang petualang yang tinggal di Orario, Bell Cranel menjadi satu-satunya anggota dari Hestia Familia.

Meskipun ia sangat lemah dibandingkan dengan petualang veteran lainnya, ia mendapatkan kemampuan khusus yang memungkinkannya dapat menjadi lebih kuat dengan cepat, secepat perasaannya terhadap Aiz.

Dibantu oleh Dewi Hestia dan orang lainnya, dia bersumpah untuk menjadi cukup kuat untuk berdiri disamping Aiz dan melindungi semua orang yang berharga baginya.

Anime ini bisa dikatakan menjadi salah satu anime favorit saya hingga saat ini. Mereka mengusung konsep yang sangat baik untuk sebuah anime yang menggabungkan unsur action dan romance. Cerita yang mereka hadirkan juga mampu memberikan kesan yang luar biasa di setiap episode-nya.


4 Date a Live

Date a Live

Suatu ketika gempa spasial menghancurkan pusat Eurasia yang menelan korban tidak kurang dari 150 juta jiwa.Tiga puluh tahun setelahnya, Itsuka Shidou bertemu dengan seorang gadis misterius yang datang dari dimensi lain.

Gadis itu adalah salah satu “Spirits” yang merupakan penyebab dari gempa spasial 30 tahun yang lalu.Untuk mencegah bencana besar terjadi lagi, Shido harus menyegel kekuatan Spirits dengan cara berkencan dengan gadis itu dan membuatnya jatuh cinta.

Anime ini coba menghadirkan cerita yang begitu oke banget. Mereka bahkan memberikan kita gambaran mengenai bagaimana cerita akan terus berlanjut dari episode satu ke episode lainnya. Tentu saja itu memudahkan bagi para penonton untuk mengetahui bagaimana cerita bisa berjalan.

Secara grafis, anime ini memberikan kesan yang luar biasa. Mereka menghadirkan grafik yang begitu memukau dengan beberapa efek luar biasa. Terhitung saya tak pernah melihat ada sebuah kesalahan pada setiap episode yang mereka tampilkan.

Dan yang menjadi keunggulan dari anime ini adalah para karakter wanita yang sangat cantik. Bahkan Tokisaki Kurumi menjadi salah satu karakter yang paling banyak disukai. Selain itu, terdapat karakter Tohka yang cantik jelita dan Shinon, loli imut dengan sebuah boneka.


5 Hidan no Aria

Hidan no Aria

Anime Hidan no Aria ini bercerita tentang kehidupan seputar Kinji Toyama. Kinji Toyama adalah seorang siswa di Tokyo Butei High. Di sekolah ini , para siswa diajarkan dan diberi latihan khusus untuk belajar bagaimana cara menembak yang benar.

Setiap siswa diberi dan diijinkan untuk menggunakan senjata yang bervariasi untuk mengangkap para kriminal. Tak lama setelah Kinji keluar dari sekolah itu , ia diserang oleh seorang pembunuh Butei. Aria H. Kanzaki pun diutus untuk menolong dan melindungi Kinji. Sejak Aria dekatan dengan Kinji , kehidupan Kinji pun berubah.

Anime ini bisa dikatakan jarang diketahui oleh para wibu di Indonesia. Karena genre yang mereka usung sangat-sangat jarang disukai oleh banyak orang. Padahal anime memiliki cerita yang luar biasa banget. Mereka bahkan coba memberikan detil-detil dari anime yang tak disbeutkan di LN-nya.

Dan dari segi grafis, anime ini menghadirkan kesan yang luar biasa. Mereka menghadirkan visual yang indah walaupun hadir di bawah thaun 2015. Tentu saja itu menjadi daya tarik dari anime ini yang membaut saya bahkan mencoba untuk menonton Hidan no Aria AA.

Jika kalian jarang mengethaui anime ini, saya sangat menyarankan kepada kalian untuk menonton seri ini. Dan saya pastikan bahwa kalian akan ketagihan ketika menonton seri tersebut.


6 Nanatsu no Taizai

Nanatsu no Taizai

Rekomendasi selanjutnya merupakan seri yang sangat populer hingga saat ini. Dengan cerita yang memukau ditambah adegan ecchi membuat seri ini wajib untuk kalian tonton. Ceritanya juga berpusat pada petualangan dalam mencari kelompok Nanatsu no Taizai.

Mengambil kisah di mana manusia dan makhluk lain hidup berdampingan. Kerajaan Britannia dilindungi oleh Kesatria Suci pengguna sihir yang kuat, ditakuti dan dihormati banyak orang.

Konon, saat kelompok “Nanatsu no Taizai” mengkhianati negara, kesatria suci berhasil memberantas mereka semua. Namun, rumor yang beredar menyebutkan bahwa mereka masih hidup.

Sepuluh tahun kemudian, Kesatria Suci melakukan kudeta. Elizabeth, putri Kerajaan Britannia segera memulai perjalanan untuk mencari “Nanatsu no Taizai” dan meminta bantuan pada mereka untuk merebut kembali kerajaan.

Cerita yang mereka berikan di setiap episode-nya terasa begitu memukau. Bahkan saya mencoba untuk mengikuti manga-nya karena selalu penasaran mengenai apa yang akan terjadi selanjutnya. Dan beberapa scene juga memberikan kesan yang luar biasa bagi diri saya.

Secara grafis, A-1 Pictures memberikan visual yang enak untuk dipandang. Mereka bahkan mampu membuat gerakan action yang begitu sempurna dan tak terlihat kaku sama sekali. Namun yang paling saya sukai adalah bagian opening yang begitu memukau dan menjadi epic song bagi saya.

Bagi kalian pecinta anime Ecchi, Action, dan Romance harus nonton seri yang satu ini.


7 Shakugan no Shana

Shakugan no Shana

Ceritanya berfokus pada Yuji Sakai, seorang siswa Sekolah Menengah Atas secara tidak sengaja terlibat dalam konflik antara tenaga keseimbangan dan ketidakseimbangan eksistensi.

Dalam konflik ini, ia berteman dengan petarung yang menyeimbangkan eksistensi bernama “Shana”.

Dengan cerita serta action yang memukau menambah daya tarik dari anime ini. Bahkan beberapa alur ceritanya sangat sulit untuk ditebak oleh kalian semua. Penggambaran tokohnya juga terbilang begitu memukau.

Anime ini jarang direkomendasikan karena kurangnya minta dari para otaku di dunia. Tapi jika kalian menontonnya maka kalian bisa merasakan sesuatu yang terbaik dari seri ini.

Anime ini bisa dikatakan jarang diketahui oleh banyak orang. Karena cerita yang mereka usung di awal episode begitu biasa banget bahkan tak terasa sama sekali. Namun, ketika episode berikutnya mulai ditayangkan, mereka menghadirkan cerita yang diluar dugaan saya sendiri.

Dan yap, mereka berhasil menggabungkan cerita yang luar biasa menjadi satu kesatuan yang kompleks. Walaupun demikian, anime ini tidak terlalu memberikan kesan visual yang indah, namun patut diapresiasi mengenai apa yang mereka coba hadirkan.

Untuk musik, saya cukup memberikan point tinggi dari anime ini karena mereka mampu memberikan suatu ciri khas dari sebuah anime action, yaitu epic song. Dan secara tak langsung, anime ini memberikan musik yang cocok dengan tema yang mereka angkat untuk anime tersebut.


8 Shingeki no Bahamut

Shingeki no Bahamut

Anime ini bersetting di dunia fantasi Mistarcia, di mana manusia, iblis, dan dewa hidup berdampingan.

Tokoh utamanya bernama Favaro Leone, seorang Bounty Hunter yang yang dikutuk oleh Amira, seorang perempuan misterius yang bisa berubah menjadi iblis.

Amira memaksa Favaro untuk menemaninya dan menunjukkan jalan menuju Helheim, tempat ibunya berada.

Namun perjalanan mereka tentu saja tidak berjalan mulus. Selain mendapat halangan dari Kaisar Lidfard yang berambisi menghabisi favaro.

Sebuah anime yang menggabungkan unsur naga ke dalam cerita yang mereka sajikan merupakan salah satu yang terbaik. Dengan memberikan tambahan bumbu lainnya membuat seri ini begitu disukai. Mereka bahkan mampu mengeksekusi sebuah anime dengan begitu baik.

Dan jika berbicara mengenai alur, mereka kerap kali membuat kalian penasaran mengenai kelanjutan dari seri tersebut. Dan saya bahkan dibuat penasaran mengenai bagaimana kelanjutan dari seri tersebut. Saking penasarannya, saya bahakn membaca LN dari anime ini.

Beralih ke grafis, anime ini menghadirkan visual yang begitu indah. Gambaran naga yang mereka perlihatkan juga terkesan begitu oke dan tak terlihat kaku sama sekali. Saya memberikan point yang tinggi terhadap anime ini loh. Saya juga merekomendasikan kepada kalian untuk menonton seri yang satu ini.


9 Sousei no Onmyouji

Sousei no Onmyouji

Sousei no Onmyouji adalah sebuah anime besutan Studio Periot dimana ia juga merupakan studio yang melahirkan anime legendaris kayak Bleach,Naruto,Tokyo Ghoul,Hikaru no Go sampe GTO (Great Teacher Onizuka).

Anime ini seperti namanya berkisah tentang para Omnyouji alias dukun pembasmi hantu dalam versi Indonesianya guys. Anime ini sendiri berpusat pada dua orang cowok dan cewek yang masing-masing bernama Enmado Rokuro dan Adashino Benio.

Kedua cewek dan cowok ini terpilih sebagai perwakilan Omnyouji terkuat dari Jepang timur dan Barat.Keduanya ditakdirkan menjadi suami-istri yang akan melahirkan Miko,seorang Omnyouji terkuat. Miko sendiri adalah wujud reinkarnasi Omnyouji legendaris yang akan mengakhiri teror kagare (sejenis setan dalam cerita ini).

Anime ini menghadirkan cerita yang luar biasa banget. Mereka bahkan mampu memberikan kesan yang luar biasa ketika pertama kali menonton seri tersebut. Beberapa scene juga digambarkan dengan begitu baik dan tak terlihat cacat sama sekali.

Selain itu, visual yang mereka berikan terlihat indah banget. Pierot bahkan memberikan eksekusi yang begitu baik dari segi pencahayaan dan pewarnaan dari para karakternya. Saya merasa bahwa anime ini terasa begitu nyata dan tak terlihat imajinasi saja.

Jika berbicara mengenai genre yang mereka berikan. Anime ini menghadirkan unsur terkenal yakni, action dan romance menjadi sebua cerita yang begitu kompleks. Tentu saja saya menyukai cerita yang seperti itu karena terkesan tak monoton.


10 Zetsuen no Tempest

Zetsuen no Tempest

Rekomendasi selanjutnya kami berikan ke pada anime Zetsuen no Tempest. Anime yang rilis pada tahun 2012 ini cukup populer saat itu.

Cerita yang disajikan juga cukup menarik, sebab karakter yang diperankan juga membuat suasana cerita lebih hidup.

Berkisah mengenai Takigawa Yoshino, seorang siswa SMA biasa yang memiliki teman misterius bernama Mahiro. Mahiro membuat kesepakatan dengan seorang penyihir bernama Hakaze untuk memburu pembunuh adik perempuannya.

Namun, ketika Yoshino bertemu kembali dengan Mahiro yang telah lama pergi, mereka terlibat dalam peristiwa supernatural yang dapat menghancurkan seluruh dunia. Pertempuran yang melampaui batas ruang dan waktu pun dimulai.

Salah satu anime yang menjadi favorit saya ini menghadirkan cerita yang luar biasa banget. Mereka bahkan mampu menggabungkan kedua unsur yang bisa dibilang sulit untuk digabung loh. Saya sangat mengapresiasi usaha yang dilakukan oleh studio produksi.

Selain itu, kesan visual yang mereka hadirkan tidak buruk-buruk amat. Selain itu, kesan action dari anime ini berhasil dipertahankan dengan begitu baik. Mereka bahkan mampu membagi unsur romance dan action yang dimana hal itu cukup sulit untuk dilakukan.

Karena mereka biasanya akan fokus pada satu hal saja dan membiarkan genre lain berantakan. Saya rasa ini menjadi saran yang baik untuk kalian.


11 Akatsuki no Yona

Akatsuki no Yona

Putri Yona hidup dalam kenyamanan dan kemewahan. Ia tinggal di Kerajaan Kouka yang damai dan terlihat tanpa ada masalah. Namun, tiba-tiba ayah Yona yang seorang raja dikhianati dan dibunuh oleh sepupu kesayangannya Soo-won.

Hidup Yona yang kini dalam bahaya, memaksanya untuk melarikan diri bersama Son Hak yang merupakan teman masa kecil dan pengawalnya. Yona baru menyadari ternyata Kouka bukanlah tempat ideal seperti yang selama ini ia bayangkan.

Kemiskinan, perselisihan dan korupsi yang merajalela membuat reklamasi takhta tak lebih dari angan-angan yang diberikan kerajaan saat ini.

Inilah kisah perjuangan Yona dalam mengembalikan kejayaan Kouka dengan menghadapi para pasukan Raja Kouka yang baru.

Sekilas dari anime ini masing-masing menyajikan karakter yang berbeda-beda. Hal itu didasari dengan warna rambut mereka. Selain itu, kisah masalah lalu sang karakter juga bisa dibilang berbeda dan menggambarkan bagaimana sifat asli mereka terbentuk.

Selain itu, semua tokoh yang terlibat disini begitu aktif dalam memainkan peran mereka, jadi kamu akan merasa tidak bosan ketika menonton seri yang satu ini.

Kualitas gambar yang disajikan terbilang begitu unik dan cukup memukau. Pergerakannya terbilang sangat halus. Grafisnya bisa dibilang begitu memukau untuk anime yang rilis pada tahun 2014.

Jadi mata kalian akan dimanjakan dengan kualitas grafisnya sendiri.

Untuk musicnya sendiri cukup menggambarkan bagaimana perjuangan Yona dalam membalaskan dendamnnya. Namun siapa sangka, bahwa di musik tersebut juga memiliki alunan yang cukup indah.


12 Angel Beats

Angel Beats

Rekomendasi selanjutnya kami berikan ke anime Angel Beats. Seri yang memfokuskan cerita di sekolah isekai ini sangat wajib untuk masuk ke list kali ini. Cerita yang menggabungkan komedi serta aksi ini menjadi salah satu point pentingnya.

Selain itu, tokoh sampingan dari anime mmapu memberikan suasana yang beda dari tokoh pada anime yang lain. Bukan hanya itu, ending cerita yang bisa dibilang sad juga menambah kualitas cerita dari anime ini.

Mengambil cerita tentang dunia setelah kematian. Otonashi Yuzuru adalah seorang anak laki-laki yang telah kehilangan ingatan setelah kematiannya.

Dia kemudian bertemu Yuri, seorang gadis yang mengundang dia untuk bergabung dengan organisasi Shinda Sekai Sensen (SSS). Organisasi ini didirikan dan dipimpin oleh Yuri untuk melawan Tuhan yang telah menakdirkan kehidupan mereka yang buruk.

Salah satu anime yang berhasil menguras air mata ini memiliki cerita anit mainstream loh. Mereka coba menggabungkan kesan iseki dengan nuansa Real. Dalam artian isekai tapi tetap ada unsur Jepang yang melekat.

Tentu saja cerita dari anime tersebut mampu berkembang dengan begitu baik dan memberikan kesan yang luar biasa banget. Dan saya akan coba memberikan beberapa aspek dari anime ini yang menjadi keunggulan.

Berbicara mengenai visual yang mereka berikan, anime ini menghadirkan kesan yang luar biasa. Grafis yang mereka tampilkan terasa begitu nyata dan terlihat cerah karena efek warna yang mereka gunakan terbilang sangat tepat.


13 Blood+

Blood+

Setting cerita pada masa kini (tahun 2005) menceritakan tentang seorang anak SMU bernama Saya Otonashi yang tinggal bersama keluarganya di kota Okinawa yang berdekatan dengan Kadena, pusat pangkalan militer USA di Jepang.

Saya dikenal orang sekitarnya mengidap penyakit amnesia (lupa ingatan) dan anemia sehingga wajib melakukan transfusi darah secara berkala.

Keluarga Saya seluruhnya keluarga angkat, karena Saya sendiri tidak ingat sedikitpun tentang masa lalunya sampai George Miyagutsuku, seorang veteran perang Vietnam asal Amerika yang berkewarganegaraan Jepang, bersedia menampung Saya dan mengadopsinya sebagai anak.

Istri dan anak biologis George sendiri telah tiada akibat kecelakaan yang menimpa mereka bertahun-tahun yang lalu.

Sebelum mengadopsi Saya, George terlebih dahulu telah mengadopsi dua bersaudara Kai Miyagutsuku dan Riku Miyagutsuku sebagai anak angkat. Jadilah Saya memiliki seorang ayah, seorang abang dan seorang adik lelaki.

Anime ini ini menghadirkan sebuah cerita yang luar biasa banget. Saya bahkan tak menyangka bahwa mereka membuat anime dengan unsur yang begitu oke. Saya memberikan peluang besar kepada kalian yang ingin menonton seri satu ini.


14 Btooom!

Btooom!

Ryouta Sakamoto seorang gamer BTOOOM! profesional yang menjadi TOP pemain nomor 1 di jepang, serta pemain TOP nomor 5 di dunia, dia bahkan sudah pernah kawin menikah didalam game.

Tapi kenyataannya, di dunia nyata dia hanya seorang pengangguran berumur 20 tahun, yang tinggal bersama ibunya.

Tapi suatu hari, saat Ryouta pergi ke sebuah toko untuk membeli beberapa makanan, dia dicegat oleh beberapa orang berjas saat itu pula tiba tiba Ryouta pingsan.

Saat bangun Ryouta mendapati dirinya sudah berada didalam hutan di sebuah pulau, di pulau tersebut dia juga terseret kedalam permainan yang hampir persis seperti game BTOOOM!.

Dimana orang orang yang ada pulau saling membunuh dengan menggunakan Bom yang sudah disiapkan agar bisa keluar dari pulau tersebut.

Bisa dibilang anime ini menjadi salah satu anime yang paling ditunggu kelanjutannya. Saya bahkan dibaut penasaran karena tak kunjung mendapatkan lanjutan cerita yang mampu memberikan saya jawaban mengenai misteri dari anime ini.

Mereka coba membuat penonton untuk masuk ke dalam anime dan merasakan sensasi ketika berada di sebuah permainan. Tak tangung-tanggung, mereka bahkan menggabungkan beberapa unsur untum membuat cerita yang kompleks namun tersusun dengan rapi.

Untuk urusan musik, anime ini memberikan musik yang luar biasa. DI OP, saya merasa bahwa ada hentakan yang coba mereka berikan melalui OP tersebut.


15 Hataraku Maou-sama

Hataraku Maou-sama

Seri ini terbilang akan populer jika dibuatkan seri selanjutnya. Pasalnya dalam light novelnya sudah hampir mencapai klimaks dari cerita tersebut. Seri yang juga sangat bagus ini akan sangat disayangkan jika tidak memiliki season selanjutnya.

Karena kalah bertempur dengan Emilia dan pasukannya, Raja Iblis Maou Satan bersama salah satu jendralnya, Alcel melarikan diri dari dunia Ente Isla ke planet Bumi tepatnya di kota Tokyo, Jepang.

Namun karena di bumi tidak ada sumber kekuatan sihir, mereka berubah menjadi layaknya manusia biasa.

Untuk bertahan hidup, Maou memutuskan untuk bekerja paruh waktu di sebuah restoran makanan cepat saji bernama MgRonald, sementara Alcel tinggal di apartemen untuk mengurus keperluan rumah.

Suatu hari, dijalan Maou bertemu dengan seorang gadis bernama Yusa Emi yang ternyata adalah sang Pahlawan Emilia.

Saya meras bahwa cerita yang mereka berikan sangat berbeda dengan anime lainnya. Karena mereka menghadirkan tema yang cukup unik dan jarang dimiliki oleh anime lainnya. Saya mengira bahwa itu taktik agar para penonton merasa ikut ke dalam anime tersebut.

Selain itu, unsur komedi dan romantis dari anime ini juga diperlihatkan dengan begitu baik loh. Saya tak melihat celah sama sekali untuk memberikan kritikan terhadap kualitas dari anime ini. Dan secara keseluruhan saya merekomendasi seri ini kepada kalian.


Nah sahabat Animers itulah rekomendasi anime Action Romance terbaik dari kami. Jika kalian punya saran atau pendapat lain silahkan komentar dibawah. Akhir kata sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Comments
Loading...