Take a fresh look at your lifestyle.

15 Rekomendasi Anime Romance Comedy yang Sayang Jika Kalian Lewatkan!

59

Animers

Selamat malam untuk semua sahabat Animers. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi komedi dengan bumbu romance yang wajib kalian tonton. Tentu saja rekomendasi ini dibuat berdasarkan penilaian saya sendiri.

Namun sebelum memulai-nya, saya akan memberitahukan kepada kalian bahwa kalian bisa memberikan pendapatmu di kolom komentar dibawah. Tanpa membuang waktu lama-lama, yuk kita mulai saja rekomendasi kali ini.


1 Bokura wa Minna Kawaisou

Bokura wa Minna Kawaisou

 

Bokura wa Minna Kawai-sou mengisahkan mengenai Kazunori adalah siswa sekolah menengah atas, dan setelah menemukan keeksentrikan penghuni Kawai Complex, termasuk teman sekamarnya yang menyamar, ia sangat ingin meninggalkannya.

Ketika dia bertemu dengan salah satu penyewa lainnya, seorang siswa senior bernama Ritsu Kawai, cinta pada pandangan pertama meyakinkan dia untuk tetap tinggal di Kawai Complex.

Kazunari akan mencoba untuk menerobos sikap Ritsu yang tenang dan antisosial, sementara juga menemukan bahwa penduduk Kawai Complex tidak seburuk seperti yang terlihat pertama kali.

Kazunari Usa dari Kawai Complex menemukan dirinya di zona teman Ritsu dan memiliki tugas yang tinggi di depannya untuk mencoba dan membuat Ritsu jatuh cinta padanya. Dia tidak banyak bicara dan tidak benar-benar mencari suatu hubungan.

Anime ini sendiri bisa dikatakan sebagai salah satu anime komedi favorit saya. Karena mereka bisa menghadirkan cerita yang sangat memukau dengan menambahkan bumbu romance di dalam-nya yang membuat cerita tersusun secara kompleks.


2 Gekkan Shoujo Nozaki-kun

Gekkan Shoujo Nozaki-kun

 

Anime berikutnya merupakan salah satu seri yang terbilang cukup kocak. Berawal dari kesalahpahaman membuat seri ini berjalan sesuai cerita.

Anime ini juga menggambarkan kehidupan sehari-hari seorang mangaka di Jepang. Selain itu karakter yang disajikan juga memiliki grafik memukau dan itu salah satu daya tariknya.

Sakura Chiyo menyukai teman satu sekolahnya bernama Nozaki Umetarou. Ketika Sakura ingin mengungkapkan perasaannya, karena salah paham ia justru diberi tanda tangan oleh Nozaki.

Saat Sakura mengatakan ingin selalu bersama dia, Nozaki malah mengajak ke rumah untuk membantunya mem-beta (memberi warna hitam pada gambar manga).

Setelah menghabiskan waktu 4 jam di rumah Nozaki, dia baru sadar kalau sebenar Nozaki seorang pengarang manga shoujo terkenal dengan nama pena Yumeno Sakiko. Agar dapat lebih dekat dengan Nozaki, dia memutuskan untuk menjadi asistennya.

Anime mencoba untuk menghadirkan cerita yang begitu oke namun dengan menambahkan sedikit bumbu-bumbu didalamnya. Tentu saja itu menjadi sebuah strategi untuk menggabungkan berbagai genre yang ada di anime tersebut.

Saya juga cukup memberikan point di visual mereka. Grafis yang coba ditampilkan begitu memukau saya dan mampu membuat saya tak beranjak dari tempat duduk untuk terus menyaksikan kelanjutan dari anime tersebut. Hal itu membuktikan bahwa anime ini begitu seru untuk ditonton.


3 Golden Time

Golden Time

 

Rekomendasi berikutnya merupakan salah satu seri yang terbilang sangat populer. Mangambil latar cerita saat kuliah membuat seri ini cocok untuk kalian yang sedang duduk dibangku mahasiswa ataupun sma.

Cerita yang disajikan terbilang memukau, dengan penambahan bumbu romance membuat seri ini sangat populer. Cerita comedy yang diberikan juga terbilang cukup membuat ktia tertawa.

Menceritakan Tada Banri, seorang mahasiswa yang baru saja diterima di sebuah Universitas di Tokyo. Di hari pertamanya ke kampus, dia tersesat karena tidak tahu jalan menuju kampus.

Saat itu dia bertemu dengan Yanagisawa Mitsuo yang ternyata juga tersesat. Mereka pun memutuskan untuk mencari jalan ke kampus bersama.

Sesampainya di depan kampus, mereka dikagetkan dengan kemunculan seorang gadis cantik yang tiba-tiba memberi selamat kepada Mitsuo dengan menamparinya menggunakan seikat bunga mawar dan langsung meninggalkannya.

Gadis cantik dengan pakaian stylish itu bernama Kaga Kouko, dia adalah teman masa kecil Mitsuo. Sejak masa kecil, dia dengan sendirinya memutuskan akan menikah dengan Matsuo.

Karena itulah, Matsuo melarikan diri darinya dengan mendaftar di universitas yang berberbeda agar bisa jauh darinya, tapi ternyata rencananya tak berjalan sebagaimana mestinya.

Anime ini bisa dikatakan sebagai salah satu yang terbaik. Mereka menyasar para penonton remaja dan dewasa yang coba untuk memperlihatkan kisah cinta dari para mahasiswa disana. Tentu saja itu menjadi sebuah pelajaran bagi para penontonnya.

Saya bahkan memberikan kredit plus dimana visual yang mereka perlihatkan begitu oke dan tak terlihat kaku sama sekali. Beberapa efek juga berhasil diperlihatkan dengan sempurna tanpa kendala dan itu menjadi point penting dari anime ini.


4 Hajimete no Gal

Hajimete no Gal

 

Hajimete no Gal adalah drama korea comedy romance dengan bumbu ec#hi yang mengisahkan tentang Junichi Hashiba, seorang jomblo lapuk di sekolahnya. Ia dan teman-temannya adalah satu-satunya orang di sekolah yang tidak memiliki pasangan.

Beruntung bagi Junichi, teman-temannya mengubah nasibnya ketika mereka memaksanya untuk mengatakan cinta pada seorang gadis gal bernama Yukana Yama.

Meskipun awalnya tidak berhasil, Yukana mulai melihat bahwa Junichi mungkin pria baik dan memutuskan untuk mengencaninya. Ini adalah hubungan romantis pertama Junichi, dan itu akan penuh tantangan dan adegan panas.

Dan setelah selesai nonton episode 1, menurut ane cerita animenya cukup menarik, comedy nya nggak terlalu absurd sih, tapi boleh lah.

Meskipun dari covernya terlihat seperti anime yang hard ecchi dengan penampilan karakter yang bikin sagne, tapi nyatanya anime ini soft ecchi.

Untuk genre school dan romance, kehidupan sekolahnya nggak terlalu ditonjolkan sih, dan romance nya sepertinya datar-datar saja. mungkin karena episodenya cuma ada 10 juga, jadi kayak kejar tayang.

Beberapa efek dari anime ini juga berhasil dieksekusi dengan begitu baik. Kalian bisa lihat pada bagian tertentu dimana terdapat kesan bahwa anime ini coba menghadirkan Genre Ecchi namun dengan balutan Romance serta komedi.


5 Kaichou wa Maid-sama

Kaichou wa Maid-sama

 

Rekomendasi selanjutnya merupakan salah satu seri romcom yang populer. Dengan cerita yang begitu kental akan comedynya membuat seri ini sangat layak untuk masuk ke list saat ini.

Bercerita mengenai Ayuzawa Misaki seorang perempuan pertama yang menjabat sebagai ketua dewan perwakilan sekolah di SMA Seika yang didominasi oleh siswa laki-laki. Di sekolah, dia menerapkan aturan yang ketat.

Meski di sekolah dia terlihat seorang perempuan tomboy, sebenarnya ia memiliki satu rahasia kalau dia bekerja di sebuah sebuah cafe sebagai Maid.

Suatu hari siswa paling populer, Usui Takumi tak sengaja mengetahi rahasianya dan membuat kesepakatan dengan dia untuk menjaga rahasia, sebagai gantinya Misaki harus menjadi pelayan pribadi Usui.

Bisa dibilang anime coba mempermainkan emosi dari para penontonnya. Dan saya mulai berpikir bahwa beberapa drama yang ada di anime hanya sebagai tambahan saja. Karena mereka hanya fokus pada komedi dan romance.

Namun, genre tersebut sudah sangat tepat mengingat tema yang mereka tampilkan begitu oke dan sangat jarang bisa saya lihat cerita dengan ending yang bahagia. Karena saya selalu merasa agak sakit hati jika melihat anime dengan ending SAD.


6 Karakai Jouzu no Takagi-san

Karakai Jouzu no Takagi-san

“Kalau kau tersipu malu, maka kau kalah”

Dengan berpegang pada prinsip itu, Nishikata yang seorang murid SMP selalu saja dijahili oleh Takagi, gadis yang duduk di sebelahnya. Nishikata yang merasa harga dirinya hancur berantakan, bersumpah untuk membalas perbuatan Takagi.

Namun, meskipun sudah mencoba dengan berbagai cara, pada akhirnya dirinya yang justru jadi korbannya. Dan begitulah kisah komedi remaja ini dimulai. Namun siapa sangka bahwa hal itu merupakan kode dari Takagi yang tak disadari oleh Nihikata.

“Kalau kau tersipu malu, maka kau kalah”

Dengan berpegang pada prinsip itu, Nishikata yang seorang murid SMP selalu saja dijahili oleh Takagi, gadis yang duduk di sebelahnya. Nishikata yang merasa harga dirinya hancur berantakan, bersumpah untuk membalas perbuatan Takagi.

Namun, meskipun sudah mencoba dengan berbagai cara, pada akhirnya dirinya yang justru jadi korbannya. Dan begitulah kisah komedi remaja ini dimulai. Namun siapa sangka bahwa hal itu merupakan kode dari Takagi yang tak disadari oleh Nihikata.

Karakter yang ada anime ini memiliki keunikan tersendiri. Dengan beberapa tokoh sampingan yang mampu memberikan support kepada karakter utama. Mereka bahkan aktif ketika berada disuatu dialog.

Karakternya juga memiliki keunikan dimana Takagi suka bangetu ntuk menjahili Nishikata.

Dari segi art kalian pasti akan dibuat bingung dengan “lebarnya jidat Takagi”. Namun hal itulah yang menjadikan anime ini unik dan jarang dimiliki oleh anime lainnya.

Karakternya yang digambar seperti Chibi ini memnaglah sesuai dengan tema dimana mereka masih remaja. Walaupun demikian, art-nya tidak begitu menggangu ketika menontonnya.

Yah beda lagi jika kamu memang punya kritikan terhadap grafisnya. Tapi sejatinya grafis yang mereka perlihatkan sudah terlihat begitu halus dan tak terlihat kaku sama sekali loh.


7 Net-Juu no Susume

Net-Juu no Susume

Net-juu no Susume berkisah tentang Moriko Morioka, seorang pengangguran berusia 30 tahun setelah ia berhenti dari pekerjaan kantornya yang melelahkan selama sebelas tahun.

Sekarang dia memiliki banyak waktu luang, Moriko mulai memainkan MMO baru bernama Fruits de Mer sebagai pahlawan pria bernama Hayashi. Setelah perjuangan awal, dia mendapat bantuan dari seorang tabib bernama Lily, dan keduanya menjadi mitra dan akhirnya membentuk guild.

Moriko benar-benar menyerahkan dirinya ke kehidupan NEET, tetapi di salah satu usaha langka di luar ke toko serba ada, ia bertemu dengan seorang pria bernama Yuuta Sakurai, yang kebetulan juga menjadi pemain Fruits de Mer.

Net-juu no Susume adalah anime rom-com terbaik untuk siapa saja yang memiliki kesulitan berinteraksi secara langsung tetapi mampu menjadi diri mereka sendiri melalui media online seperti MMO.

Moriko juga unik dibandingkan dengan kebanyakan karakter rom-com karena tidak memiliki penampilan glamour. Net-juu no Susume dipenuhi dengan kebetulan tetapi masih menyediakan hubungan lucu yang tidak sering kita temui dalam anime rom-com sejenis. Pastikan kamu menontonnya ya.

Cerita yang coba mereka usung benar-benar luar biasa banget. Saya bahkan tak tau mau menilai dari mana anime ini.


8 Nijiro Days

Nijiro Days

Setelah ditinggalkan pada hari Natal, Natsuki bertemu Anna, seorang gadis cantik yang menghiburnya, dan dia jatuh cinta. Setelah menyadari dia satu sekolah dengannya, Natsuki memutuskan untuk pergi setelah dia dan teman-temannya – dan Anna – memiliki banyak campur tangan untuk dilakukan.

Nijiro Days bisa dibilang sebuah anime yang sangat-sangat stereotip. Cerita yang mereka unsung tak hanya berpusat pada satu karakter saja tetapi banyak karakter lainnya sehingga membuat anime ini menjadi lebih menarik untuk ditonton. Selain itu, mereka jgua memberikan berbagai komedi menarik lainnya.

Bisa saya pastikan bahwa kalian akan ketagihan ketika menonton seri yang satu ini karena mereka coba menghadirkan kesan cerita yang luar biasa banget. Bahkan saya selalu mengulangi untuk menonton seri yang satu ini loh.

Namun sangat disayangkan bahwa durasi dari anime hanya 15 menit saja dan terbilang cukup singkat. Namun Nijiro Days mendapatkan 24 episode.


9 Nisekoi

Nisekoi

Ichijou Raku adalah siswa SMA yang menjadi satu-satunya pewaris kepala Yakuza keluarga Shuei-gumi.

Sepuluh tahun yang lalu, Raku membuat janji… janji rahasia dengan seorang gadis yang ia temui. Mereka berjanji akan menikah jika mereka bertemu kembali. Sejak saat itu Raku tak pernah melepaskan liontin yang diberikan gadis tersebut.

Suatu hari, seorang gadis cantik murid pindahan bernama Kirisaki Chitoge masuk ke kelas Raku. Mereka sama sekali tidak memiliki kecocokan. Tak ada saat di mana mereka tidak berperang.

Tapi karena suatu keadaan, Raku harus berpura-pura menjadi pacar Chitoge. Meski sebenarnya Raku hanya tertarik dengan teman sekelasnya, Onodera Kosaki.Dimulailah kisah komedi romantis Raku yang menjalani cinta palsunya.

Waktu pertama kali saya nonton Anime Nisekoi saya sempat bingung karena yg memilikin kunci nya itu ternyata lebih dari satu.

setiap raku ichijou ingin menyocokan gembok dan kunci yg ada di kosaki onodera ada saja gangguan nya,tapi menurut saya disitulah yg membuat ceritanya lebih menarik. Karena anime ini menceritakan cinta palsu jadi wajar saja jika banyak gangguan ketika ingin tau siapa yg memiliki kunci nya XD.

Menurut Saya anime ini Wajib kalian tonton, saya sudah re watch berkali” karena karakter nya Yg Kawaii semua dan comedy tentang Cinta palsu nya juga kena. Anime ini bisa dibilang sebagai pemicu dua kubu loh.


10 Ore Monogatari

Ore Monogatari

Anime berikutnya merupakan seri yang pasti akan membaut kalian iri tentunya. Bagaimana mungkin seorang cowok gendut bisa memacari cewek cantik? nah hal itu terjadi pada Shigeo yang sangat beruntung dihari itu.

Cerita yang disajikan tidak melulu hanya terfokus pada romance, namun comedy yang disajikan juga terbilang sangat oke.

Gouda Takeo adalah seorang pelajar SMA yang memiliki badan besar. Berat badannya kira-kira 120 kg dengan tinggi 2 meter. Dia menjalani kehidupan sehari-harinya dengan sahabatnya Sunakawa Makoto yang populer dikalangan gadis-gadis.

Takeo sering tidak beruntung dalam kisah cintanya. Setiap gadis yang ia suka selalu saja jatuh cinta dengan sahabatnya, Sunakawa.

Suatu ketika di dalam kereta, Takeo menyelamatkan seorang gadis dari laki-laki yang mencoba berbuat tidak senonoh kepadanya. Mungkinkah ini awal musim semi untuk Takeo?

Anime ini mungkin akan mengubah pandangan kamu mengenai cinta beda fisik. Walaupun bertubuh gemuk, sang pria tetap disukai oleh si cewek. Tentu saja itu akan menjadi pembelajaran bagi kamu untuk tak membedakan fisik dari pasangan kamu.

Selain itu, cerita yang mereka tampilkan tidak hanya fokus pada satu hal, namun karkater lainnya juga mendapatkan porsi yang bisa dibilang sudah sesuai dengan apa yang mereka berikan. Visual yang mereka tampilkan juga tak buruk-buruk amat loh.


11 Oregairu

Oregairu

Sebagai hukuman karena tidak bisa mengerjakan essay dengan benar, Hachiman dipaksa Bu Hiratsuka untuk bergabung dengan klub relawan. Di klub itu dia bertemu dengan Yukinoshita, gadis paling populer di sekolahnya.

Awalnya, Hachiman yang anti sosial sering bertikai dengan Yukinoshita yang selalu bersikap dingin terhadapnya. Namun seiring berjalannya waktu keduanya mulai saling memahami dan mulai menjalankan kegiatan klub relawan bersama dengan Yuigahama yang ikut bergabung setelah sebelumnya pernah meminta bantuan untuk mengajari membuat kue.

Anime bisa dikatakan sebagai salah satu anime favorit saya hingga saat ini. Bahkan saya mencoba mengikuti LN dari anime ini karena saking penasarannya loh. Cerita yang mereka tampilkan berhasil membelah kubu menjadi beberapa bagian.

Dan tentu saja mereka saling berperang untuk mengetahui siapa saja yang menjadi waifu terbaik di seri ini. Selain itu, visual yang mereka tampilkan terkesan begitu bagus banget. Tak heran anime ini mampu meraup banyak popularitas.

Selain itu, konflik yang merak tampilkan akan membuat suasana menjadi panas dan itu menjadi salah satu bagian serunya. Saya bahkan pernah menjadi salah satu team disana yang bisa dibilang karena suka aja jadi saya ikutan deh.

Saya sangat menyarankan kepada kalian untuk menonton seri yang satu ini loh. Selain itu, kalian juga harus menonton season kedua dari anime ini karena di endingnya akan dijelaskan siapa yang mungkin jadi pemenangnya.


12 Sakurasou no Pet na Kanojo

Sakurasou no Pet na Kanojo

Asrama Sakura adalah asrama dari sebuah SMA yang berafiliasi dengan Universitas Seni Suimei (sering disingkat sebagai Suiko), yang dihuni oleh siswa-siswa aneh serta pembuat masalah. Setelah dihusir dari asrama biasa karena memelihara kucing liar, Sorata Kanda pindah ke Asrama Sakura.

Ketika ia sudah terbiasa dengan kehidupan di asrama tersebut, Mashiro Shiina, seorang pelukis terkenal yang tidak mampu mengurus kepentingan sehari-harinya, pindah ke asrama ini. Sorata dipaksa menjadi pengurus Mashiro.

Cerita ini mengisahkan tentang kehidupan mereka sehari-hari serta perkembangan mental mereka sebagai remaja.

Di Sakurasou, Sorata berkenalan dengan banyak orang aneh dan cenderung gila. Hal ini awalnya membuat Sorata tidak nyaman dan ingin segera pindah. Tapi semua berubah ketika wanita bernama Mashiro Shiinna datang ke tempat itu.

Shinna adalah siswa pindahan yang jago menggambar, tapi tidak bisa melakukan kegiatan sehari-hari. Hal ini membuat Sorata mau tidak mau mengurusi setiap kebutuhan Shiina. Dan disinilah hubungan menarik di antara keduanya mulai terjalin.

Anime ini memberikan sebuah kesan mendalam yang bisa dilihat dari cara penyampaian cerita yang mereka lakukan. Karena mereka coba menyampaikan bagaimana sebenarnya mengurus sesorang yang bisa dibilang tidak bisa mengurus diri sendiri.


13 Tonari no Kaibutsu-kun

Tonari no Kaibutsu-kun

Anime berikutnya tidak kalah populer dengan anime yang diatas. Cerita yang disajikan juga terbilang sangat memukau dengan beberapa tambahan bumbu romance.

Walaupun lebih berfokus pada romance, namun jangan lupa bahwa comedy yang disajikan akan membuat kalian tertawa.

Anime ini menceritakan tokoh bernama Mizutani Shizuku, gadis dingin yang tak peduli dengan semua hal selain belajar dan mendapatkan nilai yang baik untuk masa depan yang menjanjikan.

Sebaliknya, Yoshida Haru adalah anak laki-laki yang duduk di sebelahnya yang sering bolos sekolah. Hubungan keduanya mulai terjalin saat Shizuku datang ke rumah Haru untuk mengantarkan printout.

Meskipun di sekolah Haru dikenal sebagai anak usil dan kasar, namun Shizuku mulai menemukan sisi lain Haru yang baik dan lembut.

Bersama-sama, dua orang yang sebelumnya tidak pandai bersosial, saling membantu belajar untuk peduli terhadap orang lain.

Anime ini bisa dikatakan menghadirkan sebuah cerita sosial yang mungkin akan menjad inspirasi bagi kalian. Kita akan melihat karakter yang dimana ia sangat jarang jatuh cinta, namun hati-nya tetap takluk jika berhadapan dengan orang-orang tertentu.

Saya pun memberikan point plus dibagian visual dan OST. Mereka coba mengandalkan kedua bagian tersebut tanpa membuat alurnya berantakan. Karena sebuah anime akan terlihat bagus jika mampu mempertahankan kedua kesan tersebut. Tentu saja anime itu coba untuk menekankan bagian tersebut.


14 Tora Dora!

Tora Dora!

Rekomendasi selanjutnyar yang populer pada tahun 2008. Cerita yang disajikan juga terbilang sangat memukau dan berbagai konflik yang sulit untuk ditebak.

Mneceritakan Takasu Ryuuji yang tak memiliki banyak teman karena sorot matanya yang tajam membuat semua orang menganggapnya sebagai brandalan. Namun, dibalik penampilan yang terlihat menyeramkan, dia sebenarnya seorang pemuda yang baik.

Bahkan saat berada di rumah, ia sering memasak dan mengurus rumah untuk menggantikan ibunya yang sibuk bekerja.

Tahun ajaran baru pun dimulai, pembagian kelas yang baru membuatnya senang karena sekelas dengan gadis yang ia sukai, Kushieda Minori.

Tapi, disaat yang bersamaan ia mendapat masalah karena harus berurusan dengan gadis mungil yang brutal bernama Aisaka Taiga.

Anime yang menghadirkan cerita luar biasa ini akan penuh dengan konflik yang coba menguras emosi para penontonnya. Bahkan drama-drama dari seri ini akan kalian rasakan di setiap episode, bahkan menjelang episode terakhir dari seri ini, konflik mulai memanas loh.

Saya bahkan tak tahu mau memberikan nilai berapa untuk anime ini karena saking emosinya. Walaupun demikian, komedi yang coba mereka tampilkan begitu oke dan tersusun secara rapi. Beberapa scene berhasil di mamfaatkan dengan sempurna oleh studio produksi.


15 Wotaku ni Koi wa Muzukashii

Wotaku ni Koi wa Muzukashii

Momose Narumi (Date Arisa), seorang wanita kantoran yang selalu berusaha untuk menutupi kenyataan bahwa dirinya adalah seorang Fujoshi bertemu kembali dengan sahabat masa kecilnya, Nifuji Hirotaka (Itou Kento), yang merupakan eorang Otaku Gamer yang juga bekerja pada perusahaan yang sama dengan dirinya. Setelah beberapa waktu yang mereka habiskan bersama, mereka memutuskan untuk berpacaran.

Tetapi, apakah hubungan ini akan menjadi sempurna mengingat hobi mereka berdua yang tidak biasa tersebut?

Secara singkat anime ini begitu bagus untuk ditonton. Dengan konflik yang terbilang minim membuat anime ini begitu santai untuk dinikmati. Namun ada sedikit kekurangan terhadap kurangnya tokih Nifuji dalam memberikan keromantisannya kepada Momose.

Tapi terlepas dari hal itu saya meyarankan kepada kalian untuk menonton seri ini jika ingin lebih mengenal yang namanya cinta dalam satu kantoran. grapik yang diberikan juga terbilang memukau untuk dilihat.

Lagu yang ada di seri ini juga sangat oke untuk didengar, dengan alunan yang simpel namun dapat menenangkan hati kalian loh.

Anime ini bisa dibilang memberikan kesan yang luar biasa ketika saya menontonnya. Intinya ‘Wotakoi’ adalah anime yang menarik dengan jalan cerita yang menghibur namun kualitasnya yang masih pas-pasan. Hal ini tidak dapat dipungkiri memang, seperti yang kami katakan di atas, kisah yang membuat kita senyum-senyum sendiri adalah bukti nyata bahwa ini adalah anime yang menarik.


Nah sahabat Animers itulah rekomendasi anime romance comedy yang cocok kamu tonton. Jika kalian punya saran yang lain silahkan komentar dibawah. Akhir kata sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Comments
Loading...