Take a fresh look at your lifestyle.

15 Rekomendasi Anime Romance School yang Cocok Kamu Tonton di Waktu Senggang

160

Animers – Selamat malam untuk semua sahabat Animers. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi school dengan bumbu romance yang wajib kalian tonton. Tentu saja rekomendasi ini dibuat berdasarkan penilaian saya sendiri.

Namun sebelum memulai-nya, saya akan memberitahukan kepada kalian bahwa kalian bisa memberikan pendapatmu di kolom komentar dibawah. Tanpa membuang waktu lama-lama, yuk kita mulai saja rekomendasi kali ini.


1 Ao Haru Ride

Ao Haru Ride

Anime ini bercerita tentang Yoshioka Futaba, seorang cewek yang kehidupan SMP-nya tidak begitu menyenangkan. Sifatnya yang feminim dan pemalu membuat banyak cowok jatuh hati padanya … dan hal itulah yang membuat cewek-cewek mengucilkannya karena merasa dengki padanya.

Padahal sebenarnya Futaba antipati terhadap cowok. Satu-satunya cowok yang mampu menarik perhatiannya hanyalah Tanaka Kou. Namun sayangnya, saat liburan musim panas di tahun pertama SMP-nya, Kou harus pindah sekolah.

Sejak saat itu, Futaba terus memendam perasaan cintanya tanpa pernah bisa ia utarakan. Kala menginjak bangku SMA, dia berusaha mengubah kepribadiannya. Yaitu dengan bersikap tomboi agar cowok-cowok menjadi ilfeel padanya.

Dengan cara seperti inilah dia tidak akan lagi dikucilkan oleh cewek-cewek seperti yang terjadi di masa SMP-nya. Saat dia mulai menikmati kehidupan SMA-nya dengan damai, dia bertemu kembali dengan Kou.

Namun Kou yang sekarang berbanding 180 derajat dengan Kou yang ia kenal saat SMP dulu. Kini keduanya telah berubah. Bisakah cinta mereka bersemi kembali?

Menurut saya pribadi, karakter yang ada di anime ini sudah memperlihatkan hal yang sangat bagus. Dengan bantuan dari karakter pendukung membuat MC dan Heroinenya memberikan sesuatu yang luar biasa.

Dengan bantuan studio I.G membuat kualitas grafis dari anime ini begitu terlihat banget. Pergerakan dari karakternya yang halus dan tak terlihat kaku sama sekali menjadi daya tarik tersendiri.

Opening berjudul “Sekai wa Koi ni Ochiteiru” by CHiCO with HoneyWorks dan Ending berjudul “Blue” by Fujifabric. Lagu yang mereka perdengarkan begitu indah untuk kalian dengar.


2 Boku wa Tomodachi ga Sakunai

Boku wa Tomodachi ga Sakunai

Anime ini bercerita tentang Hasegawa Kodaka, seorang murid pindahan yang kesulitan dalam mencari teman di sekolah barunya dikarenakan warna rambut serta penampilannya yang mirip berandalan. Suatu hari, ia bertemu dengan Yozora teman sekelasnya yang aneh, soliter, dan pemarah yang juga tidak memiliki teman, sama seperti dirinya.

Mereka pun memutuskan bahwa cara terbaik untuk mengubah situasi yang sedang dihadapi (tidak punya teman) adalah dengan membentuk Neighbours Club, klub yang dirancang untuk orang-orang yang tidak memiliki teman.

Anime sendiri memiliki sebuah cerita yang sangat-sangat bagus untuk disimak oleh kalian. Dengan menghadirkan konflik yang cukup emosi membuat kalian akan ikut terbawa suasana dari anime ini. Selain itu, alur yang mereka coba berikan terbilang begitu memukau.


3 Kaichou wa Maid-sama

Kaichou wa Maid-sama

 

Rekomendasi selanjutnya merupakan salah satu seri romcom yang populer. Dengan cerita yang begitu kental akan comedynya membuat seri ini sangat layak untuk masuk ke list saat ini.

Bercerita mengenai Ayuzawa Misaki seorang perempuan pertama yang menjabat sebagai ketua dewan perwakilan sekolah di SMA Seika yang didominasi oleh siswa laki-laki. Di sekolah, dia menerapkan aturan yang ketat.

Meski di sekolah dia terlihat seorang perempuan tomboy, sebenarnya ia memiliki satu rahasia kalau dia bekerja di sebuah sebuah cafe sebagai Maid.

Suatu hari siswa paling populer, Usui Takumi tak sengaja mengetahi rahasianya dan membuat kesepakatan dengan dia untuk menjaga rahasia, sebagai gantinya Misaki harus menjadi pelayan pribadi Usui.

Bisa dibilang anime coba mempermainkan emosi dari para penontonnya. Dan saya mulai berpikir bahwa beberapa drama yang ada di anime hanya sebagai tambahan saja. Karena mereka hanya fokus pada komedi dan romance.

Namun, genre tersebut sudah sangat tepat mengingat tema yang mereka tampilkan begitu oke dan sangat jarang bisa saya lihat cerita dengan ending yang bahagia. Karena saya selalu merasa agak sakit hati jika melihat anime dengan ending SAD. Selain itu, anime juga menghadirkan OST yang cukuo bagus menurut saya.


4 Kimi ni Todoke

Kimi ni Todoke

Kuronuma Sawako sering dijuluki sebagai Sadako karena kemiripannya dengan hantu di film The Ring. Menurut rumor yang beredar di sekolah, dia bisa melihat hantu dan dipercaya membawa kutukan.

Namun, meski penampilannya terkadang terlihat menyeramkan, sebenarnya dia seorang gadis manis yang lugu. Sawako adalah gadis baik yang selalu mencoba bersikap ramah dan berusaha dapat berguna bagi teman-temannya, tapi karena tidak dapat mengekspresikannya dengan benar, justru malah membuat temannya salah paham dan menjauhinya.

Meski demikian Sawako tetap berusaha untuk membuat pertemanan dan selalu bersikap baik. Dia memiliki moto “Satu hari satu kebaikan”. Ketika ia mulai berbicara dengan Kazehaya Shouta, perlahan kehidupannya berubah.

Kazehaya adalah orang paling populer di sekolah. Kazehaya membantu Sawako untuk dapat berinteraksi dan berbicara dengan banyak orang. Meski banyak masalah dan hambatan yang menimpa, mereka mampu mengatasinya dan perlahan tumbuh rasa cinta diantara keduanya.

Anime ini memiliki cerita yang mungkin akan sangat mudah buat kamu ikutin. Karena konflik yang mereka hadirkan begitu ringan dan cukup menarik untuk ditonton dalam keadaan senggang loh. Selain itu, beberapa drama dari anime juga begitu oke menurut saya pribadi.

Dan yang paling penting adalah OST yang mereka berikan begitu enak untuk didengar oleh kalian. Mereka coba memberikan musik melow yang mungkin cocok untuk didengar ketika bersantai.


5 Kokoro Connect

Kokoro Connect

Anime ini menceritakan tentang sebuah klub bernama Klub Penelitian Budaya dimana anggota di klub ini mengalami fenomena – fenomena aneh yang terjadi pada diri mereka.

Fenomena ini dimulai dari pertukaran tubuh, nafsu birahi yang keluar secara tiba – tiba dan tak bisa dikontrol, mundurnya usia anggota klub secara acak pada waktu tertentu dan fenomena membaca pikiran sesama anggota klub.

Anime ini menghadirkan banyak sekali hal menarik yang pantas untuk kamu simak bersama-sama. Mereka menghadirkan cerita yang begitu oke untuk disimak karena drama yang coba diperlihatkan begitu mudah untuk dipahami oleh kalian semua.

Selain itu, visual yang mereka berikan juga sangat-sangat bagus loh. Mereka berhasil mmemberikan grafis yang mampu membuat mata menjadi manja dan cukup bagusu ntuk dipandang. Selain itu, beberapa efek dari anime ini berhasil diperlihatkan dengan begitu baik.

Untuk urusan OST, anime ini menghadirkan musik yang melow dan cocok untuk kamu dengar. Karena mereka mungkin menyasar para kaum muda untuk mendegarkan musik dari yang mereka coba berikan. Tentu saja musik dari anime ini berhasil disesuaikan dengan tema yang coba mereka angkat loh.


6 Nijiro Days

Nijiro Days

Setelah ditinggalkan pada hari Natal, Natsuki bertemu Anna, seorang gadis cantik yang menghiburnya, dan dia jatuh cinta. Setelah menyadari dia satu sekolah dengannya, Natsuki memutuskan untuk pergi setelah dia dan teman-temannya – dan Anna – memiliki banyak campur tangan untuk dilakukan.

Nijiro Days bisa dibilang sebuah anime yang sangat-sangat stereotip. Cerita yang mereka unsung tak hanya berpusat pada satu karakter saja tetapi banyak karakter lainnya sehingga membuat anime ini menjadi lebih menarik untuk ditonton. Selain itu, mereka jgua memberikan berbagai komedi menarik lainnya.

Bisa saya pastikan bahwa kalian akan ketagihan ketika menonton seri yang satu ini karena mereka coba menghadirkan kesan cerita yang luar biasa banget. Bahkan saya selalu mengulangi untuk menonton seri yang satu ini loh.

Namun sangat disayangkan bahwa durasi dari anime hanya 15 menit saja dan terbilang cukup singkat. Namun Nijiro Days mendapatkan 24 episode.


7 Orange

Orange

Berikutnya adalah Orange, Anime shoujo romantis dengan latar sekolah terbaik yang patut anda tonton. Berpusat pada Naho Takamiya pada hari pertama di tahun kedua SMAnya yang mulai tidak nyaman. Setelah bangun telat, dia menerima surat aneh yang ditujukan kepadanya.

Namun, surat itu dari dirinya sendiri-10 tahun kedepan! Pada awalnya, Naho ragu-ragu terhadap catatan tersebut. Namun, setelah menyaksikan beberapa kejadian yang digambarkan terjadi, dia menyadari bahwa surat tersebut sebenarnya berasal dari dirinya yang berusia 26 tahun.

Rincian catatan bahwa masa depan Naho dipenuhi dengan penyesalan, dan dia berharap agar dirinya yang lebih muda dapat memperbaiki kesalahan yang telah dibuat di masa lalu. Surat tersebut juga memperingatkannya untuk terus mengawasi siswa pindahan baru, Kakeru Naruse.

Naho harus sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan yang melibatkannya, karena Kakeru tidak ada di masa depan. Dengan surat sebagai petunjuknya, Naho sekarang memiliki kekuatan untuk melindungi Kakeru sebelum dia menyesalinya sekali lagi.

Oke saya bisa menyimpulkan bahwa seri yang satu ini begitu oke untuk disimak. Karena cerita yang mereka hadirkan terbilang sangat-sangat memukau dan mampu mengubah persesif kamu mengenai sebuah arti dari cinta.

Selain itu, alur mereka yang penuh drama juga berhasil menghipnotis saya untuk terus menonton seri yang satu ini. Selain itu, mereka juga kerap kali mampu memberikan sesuatu hal yang menurut saya itu sangat bagus yakni, OST.

OST yang mereka berikan sangat-sangat slow dan sesuai betul dengan tema yang mereka angkat. Saya bisa bayangkan bahwa seri yang satu ini coba menarik para penontonnya untuk itu merasakan suasana yang berbeda ketika menontonnya.


8 Oregairu

Oregairu

Sebagai hukuman karena tidak bisa mengerjakan essay dengan benar, Hachiman dipaksa Bu Hiratsuka untuk bergabung dengan klub relawan. Di klub itu dia bertemu dengan Yukinoshita, gadis paling populer di sekolahnya.

Awalnya, Hachiman yang anti sosial sering bertikai dengan Yukinoshita yang selalu bersikap dingin terhadapnya. Namun seiring berjalannya waktu keduanya mulai saling memahami dan mulai menjalankan kegiatan klub relawan bersama dengan Yuigahama yang ikut bergabung setelah sebelumnya pernah meminta bantuan untuk mengajari membuat kue.

Anime bisa dikatakan sebagai salah satu anime favorit saya hingga saat ini. Bahkan saya mencoba mengikuti LN dari anime ini karena saking penasarannya loh. Cerita yang mereka tampilkan berhasil membelah kubu menjadi beberapa bagian.

Dan tentu saja mereka saling berperang untuk mengetahui siapa saja yang menjadi waifu terbaik di seri ini. Selain itu, visual yang mereka tampilkan terkesan begitu bagus banget. Tak heran anime ini mampu meraup banyak popularitas.

Selain itu, konflik yang merak tampilkan akan membuat suasana menjadi panas dan itu menjadi salah satu bagian serunya. Saya bahkan pernah menjadi salah satu team disana yang bisa dibilang karena suka aja jadi saya ikutan deh.

Saya sangat menyarankan kepada kalian untuk menonton seri yang satu ini loh. Selain itu, kalian juga harus menonton season kedua dari anime ini karena di endingnya akan dijelaskan siapa yang mungkin jadi pemenangnya.


9 Oreshura

Oreshura

Anime berikutnya merupakan salah satu seri yang cukup populer dikalangan otaku. Cerita mengenai pilihan sang MC sangatlah rumit, ia dihadapi oleh heroine yang ingin dicintai olehnya.

Menceritakan tokoh bernama Eita yang memasuki SMA dengan tujuan untuk melanjutkan ke Universitas Kedokteran Nasional. Karena perceraian orang tuanya, ia menjauhi hubungan asmara ataupun percintaan.

Suatu hari, Masuzu, gadis cantik berambut perak yang baru saja kembali dari luar negeri mulai memasuki kehidupannya dengan cara tak terduga. Sementara itu, teman masa kecilnya sejak SD, Chiwa tidak mau melepaskannya tanpa melakukan perlawanan.

Anime yang bisa dibilang menjadi salah satu bumerang yang membuat saya menambahkan seri ini menjadi favorit saya. Karena konflik yang mereka hadirkan tidak hanya melibatkan sang MC, namun juga terdapat beberapa karakter lainnya yang ikut terlibat.

Selain itu, visual yang mereka berikan juga terbilang sangat-sangat memukau. Tak terlihat ada cacat sama sekali. Pencahayaan dari anime ini juga berhasil dibangun dengan sempurna loh. Saya tak melihat ada kesalahan sama sekali dari anime ini.


10 RELife

RELife

Tidak lengkap rasanya jika seri yang satu ini tidak dimasukkan ke rekomendasi ini. Seri yang populer karena jalan cerita yang seru membuatnya wajib untuk masuk kelist kali ini.

Selain itu seri ini juga terbilang unik karena langsung merilis full episodenya dalam seminggu.

Menceritakan tokoh Kaizaki Arata seorang pria pengangguran berumur 27 tahun yang gagal di setiap wawancara kerja.

Namun, hidupnya mulai berubah setelah ia bertemu dengan Yoake Ryou, seorang peneliti dari ReLife Research Institute.

Yoake menawarinya obat yang dapat mengubah tubuhnya seperti saat berumur 17 tahun dan menjadikannya sebagai subjek percobaan selama satu tahun. Sekali lagi, dimulailah hidup Kaizaki sebagai seorang remaja siswa SMA.

Anime ini bisa dikatakan menjadi slaah satu anime yang sampai saat ini masih menjadi salah satu anime favorit saya. Karena anime ini juga mampu memberikan kesan cerita yang luar biasa ketika pertama kali menontonnya. Konflik yang dihadirkan juga bisa dibilang sangat-sangat minim.

Beberapa drama juga berhasil diberikan dengan begitu baik dan tak terlihat terdapat kesalahan sama sekali. Saya juga memberikan apresiasi kepada studio produksinya karena mampu memberikan kesan visual yang begitu indah ketika saya menontonnya loh.

Jangan lupa bahwa OST dari anime ini juga begitu memukau sama dengan hal lainnya. Karena mereka mampu memberikan lagu yang sangat sesuai dengan tema yang mereka angkat pada anime ini. Saya juga cukup memberikan point + kepada anime ini.


11 Sakurasou no Pet na Kanojo

Sakurasou no Pet na Kanojo

Asrama Sakura adalah asrama dari sebuah SMA yang berafiliasi dengan Universitas Seni Suimei (sering disingkat sebagai Suiko), yang dihuni oleh siswa-siswa aneh serta pembuat masalah. Setelah dihusir dari asrama biasa karena memelihara kucing liar, Sorata Kanda pindah ke Asrama Sakura.

Ketika ia sudah terbiasa dengan kehidupan di asrama tersebut, Mashiro Shiina, seorang pelukis terkenal yang tidak mampu mengurus kepentingan sehari-harinya, pindah ke asrama ini. Sorata dipaksa menjadi pengurus Mashiro.

Cerita ini mengisahkan tentang kehidupan mereka sehari-hari serta perkembangan mental mereka sebagai remaja.

Di Sakurasou, Sorata berkenalan dengan banyak orang aneh dan cenderung gila. Hal ini awalnya membuat Sorata tidak nyaman dan ingin segera pindah. Tapi semua berubah ketika wanita bernama Mashiro Shiinna datang ke tempat itu.

Shinna adalah siswa pindahan yang jago menggambar, tapi tidak bisa melakukan kegiatan sehari-hari. Hal ini membuat Sorata mau tidak mau mengurusi setiap kebutuhan Shiina. Dan disinilah hubungan menarik di antara keduanya mulai terjalin.

Anime ini memberikan sebuah kesan mendalam yang bisa dilihat dari cara penyampaian cerita yang mereka lakukan. Karena mereka coba menyampaikan bagaimana sebenarnya mengurus sesorang yang bisa dibilang tidak bisa mengurus diri sendiri.


12 Seiren

Seiren

Pada masa remajanya, Kamita Shouichi menemukan tiga gadis yang bisa membuat dirinya memiliki masa depan dengannya. Hikari Tsuneki yang selalu ceria, yang menggoda Shouichi tanpa ampun, tapi sebenarnya memiliki sisi yang lebih lembut.

Tooru Miyamae, yang mengalami kesulitan berkomunikasi dengan orang lain, gamer kompetitif. Dan teman masa kecil Shouichi, Kyouko Touno, penggemar manga shoujo yang terkadang tidak dewasa.

Seiren menceritakan Shouichi dengan ketiga gadis ini di tiga jalan cerita yang terpisah, karena perasaan mereka tumbuh dari ketertarikan satu sama lain dan tumbuh menjadi sesuatu yang lebih indah.

Ketika saya menonton Anime Seiren ,film ini benar-benar manis dari segala sisi,mungkin karena anime ini baru rilis tahun kemarin hehehehe. Ketika saya mentonton anime kenapa tiap episode beda karakter cewenya, tau-tau nya setiap 4 episode ganti heroine( karakter perempuan) seperti game visual novel saja ya.

Karakter Utama nya agak sedikit Mesum, karena sangat menyukai sesuatu seperti fantasi yg nakal ;v entah kenapa saya merasa agak kesal karena setiap ganti karakter Heroine selalu ada adegan kiss ( Bukan NTR )ea, kalo kiss ama Miyamae tooru saja karena dia waifu saya:) .

Setiap ganti karakter heroine, ingatannya serasa di reset atau kaya seperti hal hal yang biasa bagi Kamita Shouichi.

Tiba tiba di episode terakhir Tsuneki hadir lagi serasa karakter utama, padahal Miyamae Tooru hanya mendapatkan beberapa eps dan juga jarang nongol. Sekalinya nongol imutnya keluar ea ;v .

Sebenarnya kisahnya masing-masing punya sensasi berbeda loh dimana kita bisa melihat kisah dengan sensasi menjalin hubungan dengan teman sekelas, ada yang tentang bagiamana mengincar kakak kelas, dan kikuknya mendekati adik kelas.

Kalo saya sendiri lebih suka sama kakak kelas daripada adik kelas :).Grafik Menurut Saya Lumayan Bagus. Opening dan Endingnya enak di denger. Storynya lumayan bagus walaupun pertama nonton saya sempat bingung.


13 Sukite Li na Yo

Sukite Li na Yo

Menceritakan tentang Mei Tachibana telah menghabiskan 16 tahun tanpa pacar atau teman. Suatu hari, dia melukai anak laki-laki paling populer di sekolah, Yamato Kurosawa, karena kesalahpahaman. Untuk beberapa alasan, tampaknya dia menyukai dia dan satu sisi yakin bahwa mereka adalah teman.

Selanjutnya, dia tidak hanya melindungi Mei dari penguntit, tapi melakukannya dengan ciuman.

Anime yang menurut saya memang ditujukan kepada para remaja yang beranjak menjadi dewasa. Kalian akan mengerti arti dari sebuah cinta ketika menonton seri yang satu ini. Saya juga merasa bahwa anime ini mampu memberikan konflik yang begitu oke untuk disimak.

Visual yang mereka perlihatkan juga begitu oke dan cukup bagus. Beberapa gerakan dari para karakternya juga sangat-sangat memukau dan tak terlihat kaku sama sekali. Saya bahkan mengulangi beberapa adegan yang menurut saya terdapat efek yang begitu memukau untuk disimak.

OST yang mereka perdengarkan juga bisa dibilang anti maisntream. Melodi yang mereka perdengarkan juga terasa begitu lembut dan sesuai dengan tema yang mereka coba berikan loh. Saya juga memberikan kredit kepada bagian ending yang menjadi harapan saya.


14 Tonari no Kaibutsu-kun

Tonari no Kaibutsu-kun

Anime berikutnya tidak kalah populer dengan anime yang diatas. Cerita yang disajikan juga terbilang sangat memukau dengan beberapa tambahan bumbu romance.

Walaupun lebih berfokus pada romance, namun jangan lupa bahwa comedy yang disajikan akan membuat kalian tertawa.

Anime ini menceritakan tokoh bernama Mizutani Shizuku, gadis dingin yang tak peduli dengan semua hal selain belajar dan mendapatkan nilai yang baik untuk masa depan yang menjanjikan.

Sebaliknya, Yoshida Haru adalah anak laki-laki yang duduk di sebelahnya yang sering bolos sekolah. Hubungan keduanya mulai terjalin saat Shizuku datang ke rumah Haru untuk mengantarkan printout.

Meskipun di sekolah Haru dikenal sebagai anak usil dan kasar, namun Shizuku mulai menemukan sisi lain Haru yang baik dan lembut.

Bersama-sama, dua orang yang sebelumnya tidak pandai bersosial, saling membantu belajar untuk peduli terhadap orang lain.

Anime ini bisa dikatakan menghadirkan sebuah cerita sosial yang mungkin akan menjad inspirasi bagi kalian. Kita akan melihat karakter yang dimana ia sangat jarang jatuh cinta, namun hati-nya tetap takluk jika berhadapan dengan orang-orang tertentu.

Saya pun memberikan point plus dibagian visual dan OST. Mereka coba mengandalkan kedua bagian tersebut tanpa membuat alurnya berantakan. Karena sebuah anime akan terlihat bagus jika mampu mempertahankan kedua kesan tersebut. Tentu saja anime itu coba untuk menekankan bagian tersebut.


15 Yamada-kun to 7 Nin no Majo

Yamada-kun to 7 Nin no Majo

Anime berikutnya merupakan salah satu tipe romcom (romance dan comedy). Kami merekomendasikan kepada kalian agar menonton anime ini karena memiliki daya tarik yang khas pada ceritanya.

Bagi kalian ciuman merupakan salah satu hal yang sangat dinanti jika kita sudah memiliki keluarga, namun dalam anime ini ciuman dianggap sebagai suatu sihir yang cukup bahaya, mengapa?

Karena dalam anime ini menceritakan tentang seorang pemuda bernama Yamada Ryuu yang mendadak bertukar tubuh dengan si gadis murid teladan, Shiraishi Urara, setelah mereka jatuh bersama dari tangga dan tanpa sengaja berciuman.

Karena kejadian itu, Ryuu sempat menyangka dirinya memiliki kemampuan untuk bertukar tubuh, namun ketika mengetahui bahwa Urara merupakan seorang penyihir, dia pun sadar kalau kemampuannya yang sesungguhnya adalah meniru kemampuan setiap penyihir yang dia cium.

Ryuu lalu mulai mencari para penyihir lain di sekolahnya yang semuanya berjumlah tujuh orang.

Anime yang bisa dibilang menjadi salah satu favorit saya. Karena mengusung tema yang tidak biasa membuat saya merasa bahwa anime ini begitu bagus untuk diikuti oleh kalian loh. Beberapa drama juga berhasil diberikan dengan begitu baik dan tak terlihat ada kesalahan sama sekali.

Saya juga memberikan kredit dibagian visual yang sudah menampilkan grafis yang cukup memukau untuk disimak loh. Beberapa adegan juga bisa dibilang sangat-sangat bagus dan penggunaan efeknya juga sudah begitu tepat.


Nah sahabat Animers itulah rekomendasi anime romance comedy yang cocok kamu tonton. Jika kalian punya saran yang lain silahkan komentar dibawah. Akhir kata sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Comments
Loading...