Take a fresh look at your lifestyle.

10 Rekomendasi Anime Terbaik dari Tahun ke Tahun Versi Animers

214

Selamat malam untuk semua sahabat Animers. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa rekomendasianime terbaik dari tahun ke tahun yang wajib kalian tonton. Tentu saja rekomendasi ini dibuat berdasarkan penilaian saya sendiri.

Namun sebelum memulai-nya, saya akan memberitahukan kepada kalian bahwa kalian bisa memberikan pendapatmu di kolom komentar dibawah. Tanpa membuang waktu lama-lama, yuk kita mulai saja rekomendasi kali ini.


1 Amagi Briliant Park

Amagi Briliant Park

Anime ini mengisahkan tentang Seiya Kanie yang merupakan seorang pemuda yang tampan dan elegan. Pada suatu hari, ia harus ditodong senjata oleh gadis bernama Sento Isuzu dan ia mengajak Kanie untuk berkencan. Melihat hal itu, ia pun harus menerima ajakan isuzu jika nyawanya tak ingin terancam.

ia sendiri akan mengunjungi Amaburi park, sebuah tempat hiburan atau taman yang sangat kumuh, tak terawat, dan sangat sepi oleh pengunjung.

Ketika ia ada disana, dia bertemu dengan manajer Amabrui Park bernama latifah Fleuranza dan memintanya untuk menyelamatkan Amaburi dari ambang kehancuran. Ia pun tak bisa menolak permintaan dari Latifah. Lalu bagaimanakah cara Kanie untuk mengubah tempat tersebut?

Menurut saya pribadi, jalan cerita yang disajikan dalam anime ini sangatlah menarik untuk disimak. Dimulai ketika episode pertama yang membuat penonton penasaran mengapa seorang pria harus mengikuti apa kata dari seorang wanita.

Bahkan ketika anime ini mendekati klimasknya banyak prediksi yang muncul salah satunya mengenai ingatan sang putri yang terhapus namun tidak jadi. Alhasil Kanie sukses dalam menjadikan taman tersebut menjadi taman yang menarik dengan berbagai perbaikan yang dilakukannya sendiri.

Saya sendiri menantikan adanya adaptasi dari season dua anime tersebut. Berharap saja hubungan dari Sento dan Izuzu menjadi dekat pada animenya.

Dari segi grafis sendiri anime ini menghadirkan apa yang tidak ada pada suatu anime Sci-Fi. Kualitas dari Kyoto Animation tidak perlu diragukan lagi dalam anime ini. Mereka bahkan menggambrkan betapa detailnya dalam membuat suatu adegan.

kehalusan serta tidak kakunya karakter mereka menjadikan daya tarik tersendiri ketika menontonnya. Kalian akan dimanjakan dengan kualtias grafis yang diatas rata-rata. So secara kualitas, art anime ini cukup bagus.

Anime ini menghadirkan kesan musik yang begitu oke. mereka memberikan opening berjudul Extra Magic oleh Akino with bless4.

Ini opening yang keren menurut saya, Suara yang powerful dari akino serta lyric nya yang pas dengan isi anime lalu perpaduan musik dibelakangnya menambahkan nilai plus dari openingnya.

Untuk endingnya sih, anime ini lebih menghadirkan sound yang powerfull gitu. Mereka juga memfokuskan musik bukan hanya di opening melainkan di ending juga.


2  Akatsuki no Yona

 Akatsuki no Yona

Bercerita mengenai Putri Yona yang hidup dalam kenyamanan dan kemewahan. Dirinya sendiri tinggal di sebuah kerajaan yang cukup damai. Namun siapa sangka bahwa ayahnya yang murah hati terpaksa mati di tangan sepupunya yang dia anggap sebagai orang baik.

Tentu saja melihat hal itu, Yona pun berada dalam bahaya yang memaksa Son, teman masa kecil dari Yona untuk menjadi pengawalnya. Dari situlah Yona sadar bahwa tempatnya sekarang tidaklah aman bagi mereka.

Mereka pun mencoba untuk kabur dari kerajaan tersebut dan mulai mencari para naga yang tersebar di berbagai negeri agar Yona bisa membalaskan dendamnya kepada orang yang teah membunuh ayahnya.

Anime ini sendiri memiliki jalan cerita yang bisa dikatakan begitu menarik untuk disimak. Dengan alur yang bebas tersusun dengan rapi membuat seri ini menjadi salah satu favorit saya.

Bisa dikatakan bahwa anime ini juga memiliki kualitas yang sangat bagus. Mulai dari penggambaran grafik dan art yang luar biasa banget. Alur yang mereka tampilkan bisa dibilang sudah sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Konflik yang hadir juga akan membuat kalian tertuju terhadap hal tersebut.

Akatsuki no Yona memberikan kualitas gambar yang sangat baik meskipun rilis pada tahun 2014. Tentu saja Akatsuki no Yona memiliki kehalusan dari segi grafik dan pergerakan karakter.

Untuk OST nya sendiri cukup enak untuk didengar, Opening pertamanya memang berbeda dengan anime-anime kebanyakan karena hanya menampilkan musik instrumental saja. Tetapi tetap saja enak didengar.


3 Barakamon

Barakamon

Sebagai hukuman karena memukul seorang kaligrafer terkenal, kaligrafi muda yang tampan bernama Seishu Handa diasingkan ke sebuah pulau kecil.

Handa sendiri merupakan seseorang yang jarang tinggal di luar kota. Dan dirinya harus beradaptasi di desa yang ia tempati.

Didalam desa tersebut terdapat berbagai macam orang aneh, mulai dari bepergian dengan traktor, orang yang tak dinginkan. hingga jangan pernah menggunakan pintu depan serta anak-anak yang menganggu.

Lalu apakah Handa bisa melalui semua hal itu?

Bagi kamu yang telah menonton seri Handa-kun pastinya tidak akan sangat asing dengan nama Handa Sei.

Jika kalian menonton seri Handa-kun maka anime tersebut akan bergenre School – Comedy, sedangkan di Handa di anime Barakamon bergenrekan Slice of Life – Comedy.

Di Barakamon sendiri lebih berfokus pada Handa yang harus pergi ke pulau untuk menenangkan diri akibat dari ulahnya yang memukul seorang kaligrafi pro. Seperti yang ada di sinopsis tersebut.

Tentu saja jalan cerita dari anime ini akan sangat dipengaruhi oleh seorang bocah bersama dengan teman-temannya. Di pulau ini Handa akan menemukan apa yang sebenarnya ada di dalam pikirannya.

Disini juga Handa akan mulai membuka diri untuk orang-orang lain dimana pada seri Handa-kun dia menjadi seorang anak yang susah untuk didekati.

Dari segi kualtias grafis, Barakamon menghadirkan apa yang tidak ada pada suatu anime lainnya. Kehalusan serta pergerakan yang begitu baik membuat kalian akan nyaman ketika menonton seri yang satu ini.

Beberapa scene di anime tersebut memperlihatkan betapa profesionalnya mereka dalam mengerjakan sesuatu.

Selain itu, art dari anime ini mungkin agak mirip dengan Handa-kun yang pada dasarnya anime tersebut merupakan sekuel dari Barakamon.

Rashisa (らしさ) yang dinyanyikan oleh SUPER BEAVER. Yang menurut saya aneh tapi untuk beberapa hari, lagu ini terngiang atau ter-auto save di kepala saya dan akhirnya lagu ini jadi menarik.

Dan untuk lagu Ending berjudul NoisyCell yang dinyanyikan oleh Innocence. Lagu Ending ini adalah lagu berbahasa Inggris.


4 Rokudenashi Majutsu no Akashic Records

Rokudenashi Majutsu no Akashic Records

Berlatar di sebuah dunia sihir dimana terdapat sekolah bernama Alzano Imperial Magic Academy. Di sekolah ini terdapat banyak orang yang terkenal dan mereka ialah murid yang memiliki bakat serta niat untuk mempelajari sihir.

Salah satu diantara mereka yakni Sistine Fibel, seorang wanita cantik yang sangat terhormat dan temannya bernama Rumia Tingel.

Mereka sangat ingin mempelajari yang namanya sihir. Ada seorang guru yang bernama Glenn Radars, guru ini sangatlah pemalas dan bodoh. Glenn hanya guru sementara.

Glenn Radars hanya menyuruh mereka yaitu murid-muridnya belajar sendiri, hal ini tentu saja membuat para murid muak dengan perlakuan tersebut, terutama Sistine Fibel yang bisa saja memecat guru tersebut.

Ceritanya asik banget. Saya rasa, cerita yang mereka bawakan itu terbilang sudah oke banget. Ceritanya di bawa santai aja, terutama comedynya itu sangat menarik.

Actionnya itu menarik sekali, dan tentu saja cerita ini berlanjut (Continuous Story). Saya cukup kagum, kenapa? Mereka mampu memberikan penutup pada lubang-lubang yang sangat krusial.

Jadi maksud saya lubang – lubang ini yaitu, mereka dapat menjelaskan serta memberikan tentang masa lalu yang dialami setiap karakter.

Jadi kalian tidak perlu khawatir, dan kalian akan mengetahuinya ketika kalian mendalami anime ini. Cerita yang tidak membikin kalian bosan dan bingung, malahan cerita di anime ini membuat kalian penasaran.

LIDENFILMS merupakan studio yang tergolong baru, namun mereka berhasil memberikan grafis yang setara dengan anime lainnya.

Backgroundnya yang penuh dengan warna dan karakter yang terlihat manis. Backgroundnya mendukung sekali di sini dan juga effect seperti mereka mengeluarkan sihir.

Pencahayaan yang sangat bagus, mereka juga terkadang mengeluarkan Lens Flare meskipun itu memakan budget yang lebih.

Mereka dapat mencocokan gambaran dengan karakter mereka, saya berfokus pada Glenn Radars seorang guru yang terlihat konyol.

Opening Theme: “Blow out” by Konomi Suzuki dan Ending Theme: “Precious You☆” by Sistine Fibel (Akane Fujita), Rumia Tingel (Yume Miyamoto), Re=L Rayford (Ari Ozawa).

Suara sudah menarik, Seiyuu sudah dapat menafsirkan suara dengan karakter mereka.


5 Tada-kun Koi wa Shinai

Tada-kun Koi wa Shinai

Anime ini menceritakan tentang Tada Mitsuyoshi yang merupakan seorang pemuda dan tak pernah jatuh cinta.

Namun ketika dirinya mengambil sebuah foto di dekat pohon sakura, ia bertemu dengan Teresa Wagner yang merupakan seorang murid pindahan dari Luxemburg.

Siapa sangka bahwa pertemuan tersebut akan megubah takdi dari Tada Mitsuyoshi mengenai cintanya dan kasih sayang. Lantas bagaimana mereka bisa mengubah takdir masing-masing?

Jika berbicara mengenai anime romance, anime ini sangat memenuhi ekspektasi saya. Kalian akan melihat sebuah kisah cinta yang terhalang status dan jarak.

Dimana Tada merupakan seorang pria biasa dan Teresa yang merupakan seorang ratu di negerinya.

Teresa sendiri merupakan seorang putri kerajaan dan Raja Luxemburg yang dimana ia akan mewarisi tahta tersebut di masa mendatang. hal itu sudah ditentukan ketika dirinya lahir didunia.

Disini kalian juga bisa melihat betapa kuat perasaan Tada terhadap Teresa. Bahkan Tada harus rela untuk pergi jauh dan meninggalkan Jepang agar bisa bertemu dengan Teresa. Hal ini sangatlah cocok untuk sebuah anime romance.

Tetapi, kisah cinta antara dua karakter utama kita ini tidak terlalu di bahas di awal cerita, kisah mereka dijadikan sebagai klimaks yang tepat untuk anime ini.

Tapi tidak hanya itu kisah cinta di anime ini, di awal anime kalian juga bisa melihat kisah cinta lainnya dari teman si Tada yang menurut saya juga seru dan unik.

Jika melihat art-nya, Studio Doga Kobo memberikan grafis yang sangat bagus banget. Tentu saja mereka memperhatikan apa yang menjadi tema dari anime ini mengenai fotografi.

Untuk openingnya mereka berhasil memberikan musik yang begitu indah dan cocok. Dengan memberikan suasan yang powerfull membuat kita akan ikut bernyanyi ketika openingnya berjalan.

Sedangkan endingnya begitu terlihat cocok dengan backround yang mereka tampilkan. Jika harus memilih, saya rasa endingnya akan begitu wah banget. Dan overall si sudah oke banget.


6 Mikakunin de Shinkoukei

Mikakunin de Shinkoukei

Anime ini mengisahkan tentang Yonomori Kobeni yang telah berusia 16 tahun dan mendapatkan hadiah istimewa.

Namun siapa sangka hadiah tersebut adalah sebuah pertunangan bersama cowok seusianya yang bernama Mitsumine Hakuya.

Atas keputusan tersebut, Hakuya pun pindah dari kampungnya kerumah Kobeni bersama dengan adik perempuannya bernama Mitsumine Mashiro.

Namun dibalik pertunangan tersebut, tersimpan fakta yang tak boleh diketahui oleh Kobeni.

Jika dilihat dari alur cerita, anime ini berhasil mengkombinasikan romance serta komedi.

Walaupun anime dengan komedi romantasi kerap membuat penonton heran, akan sangat sulit menemukan sebuah anime yang menghadirkan keseimbangan dari alur ceritanya.

Tentu saja mereka harus mempertahankan komedi dengan romantis mereka.

Dalam artian, komposisi mereka harus tepat sasaran. Dan tentu saja anime ini berhasil memberikan suatu racikan yang pas ketika kita menontonnya.

Mereka berhasil mengatur bagaimana komedi yang pas serta romantis yang tepat sasaran.

Jika memang harus memilih, alur cerita yang mereka berikan sudah begitu oke. Dengan memberikan keatifan karakter membuat cerita lebih hidup dan terjaga.

Bukan hanya itu, konflik kecil dari anime ini juba berhasil memberikan dampak sempurna terhadap keberlangsungan seri ini.

Bicara soal art anime ini mamu memberian kualitas terbaiknya yang dibuat oleh Doga Kobo. Pergerakan dari karakternya juga bisa dibilang cukup halus dan terasa kaku sama sekali.

Anime ini juga pandai dalam memanfaatkan visual untuk secara efektif menyampaikan komedinya.

Beberapa efek juga berhasil diberikan dengan begitu baik, mulai dari bunga-bunga serta wajah datar yang mampu memberikan komedi ngakak.

Walaupun demikian, anime ini sangat menjunjung nilai suatu art romantis dengan memberikan efek khusus ketika terjadi hal tersebut.

Opening themenya “Tomadoi Recipe” serta Ending themenya “Masshiro World”. Mereka cenderung memberikan sensasi ketika memperdengarkan opening dan endingnya. Tentu saja hal itu akan sangat menambah daya saing dari anime ini.


7 Bungou Stray Dogs

Bungou Stray Dogs

Anime ini menceritakan tentang Nakajima Atsushi yang telah diusir dari panti asuah dan memaksa dia harus berbuat sesuatu untuk mendapatkan makanan.

Ketika dirinya mulai merenungi nasibnya di pinggiran sungai, ia juga telah menyelamatkan seorang pria yang ingin melakukan bunuh diri. Nama dari orang itu ialah Dazai Osamu dan partnernya Kunikida.

Dazai sendiri mengajak Atsushi untuk bergabung ke organisasi supernatural yang menyelediki berbagai kasus berbahaya bagi polisi dan militer. Lantas bagaimana kah kisah dari Atsushi di organisasi tersebut?

Anime ini bercerita tentang detektif yang dibalut kekuatan supernatural. Jadi mereka memiliki kemampuan supernatural yang berbeda-beda.

Dari episode awal saja sudah memperlihatkan alur detektifnya dengan memecahkan kasus Harimau Pemakan manusia. Juga memamerkan kekuatan yang dimiliki salah satu detektif.

Sebut saja namanya Dazai. Hanya saja, eksekusi cerita, terutama pemecahan kasusnya kurang menarik. Dalam arti seperti bukti – bukti yang kurang akurat atau lengkap. Rasanya seperti instan.

Menurut saya pribadi art yang diberikan sudah terbilang begitu baik dan juga cukup baik. Pergerakan yang dibuat oleh studio Bones bisa dibilang begitu halus dan tidak terasa kaku sama sekali.

Di setiap adegan, art yang diberikan berkualitas tinggi, misalnya saja efek ledakan yang mereka buat akan terasa nyata sekali, bahkan ilusi yang dibuat oleh Tanizaki juga bisa dibilang begitu oke loh.

Secara keseluruhan sih grafisy ang mereka berikan sudah cukup baik loh.

Lagu Pembuka: Trash Candy oleh GRANRODEO dan Lagu Penutup: Namae wo Yobu yo 「名前を呼ぶよ」 oleh Luck Life. Saya suka lagu penutupnya, enak didengar.

Oh, jadi ingat, entah kenapa lihat ilustrasi lagu penutupnya saya merasa Akutagawa dan Dazai itu kembar, atau cuma perasaan saya?.

Selain itu, efek suaranya seperti yang saya bahas di tag Art.  Dapat nilai tambah, lumayan bikin ceritanya mengalir.

Lantunan yang mereka berikan bisa dibilang cukup baik dan jgua tertata sempurna. Kalian bisa melihat ketenangan dari lagu tersebut.


8 Accel World

Accel World

Cerita ini bermulai di musim gugur tahun 2046 dimana terdapat tokoh bernama Haruyuki yang selalu dibully karena penampilannya.

Pada suatu kesempatan, dirinya bertemu dengan Kuroyukihime, gadis cantik di sekolahnya. Pertemuan tersebut pun membuat hidup Hirayuki berubah drastis.

Ketika dirinya ditawari sebuah program aneh yang diperlihatkan oleh Kuroyukihime, Haruyuki pun mulai memasuki dunia yang disebut Virtual Reality Accel World.

Akibat hal itu, ia pun harus memenangkan kontes dan bertarung dengan para Burst Linke lainnya sebagai seorang Ksatria di Accel World.

Accel World mempunyai jalan cerita yang menarik dan seru untuk di ikuti. Tidak terlalu banyak penjelasan dan penjelasannya pun mudah untuk di mengerti.

Namun setelah mendengar lebih lanjut mengenai Brain Brust, Haruyuki menerima tawaran dari Kuroyukihime. Dan mereka bersama-sama dalam mengalahkan raja-raja dari fraksi lainnya.

Latar waktu yang di ambil Accel World juga menarik, dimana dunia sudah sangat modern sehingga membuat jalan cerita menjadi lebih menarik.

Menggunakan tema Game Online membuat anime ini mampu menarik penonton. Salah satu hal yang berperan penting ialah nama dari sang penulisnya yang juga merupakan penulis dari Sword Art Online.

Tentu saja mereka menghadirkan cerita yang terkesan epic dengan berbagai battle serta pertarungan yang seru sekali.

Kita juga akan dihadapi berbagai ancaman lainnya loh. Biar lebih jelasnya kalian bisa menontonnya langsung.

Dari segi grafis sendiri anime ini menghadirkan hal yang tak terduga sama sekali. Grafisnya juga terlihat begitu mirip dengan SAO dan tentunya penggambaran karakternya jgua terbilang cukup oke dan terlihat halus.

Di setiap gerakannya selalu menampilkan efek yang luar biasa. Beberapa adegan dibuat dramatis dengan menggunakan teknik grafis yang memukau. Dilihat dari segi manapun kualitas grafisnya bisa disetarakan dengan SAO.

Untuk urusan gambar pada dunia gamenya, terlihat mengambil efek seperti di SAO, namun di AW terlihat beberapa perubahan atau ciri khas tertentu.

Lagu Opening yang mereka tampilkan ialah Chase the World yang dinyanyikan oleh May’n. Sedangkan lagu openingnya berjudul Burst The Gravity.

Opening yang mereka tampilkan terbilang memiliki beat dan hentakan yang begitu oke banget. Mereka mampu untuk menghadirkan suasan yang begitu semangat ketika mendengar openingnya.

Sedangkan untuk Ending-nya, anime ini dinyanyikan oleh KOTOKO yang berjudul Unfinished. Sedangkan Ending kedua dinyanyikan oleh Sachika Misawa yang berjudul Unite.

Lantunan lagu yang indah disertai adegan yang sesuai dengan nadanya menambah kesan oke dari anime ini.

Di openingnya sendiri memperdengarkan bahwa lagunya begitu dihentakkan dan membuat kita serasa berada di anime tersebut.

Not bad, endingnya juga bisa dibilang tidak masalah, karena lagu yang disampaikan juga sesuai dengan yang ada di gambarnya tersebut.


9 K-On!

K-On!

Anime ini menceritakan 4 orang siswa di sebuah sekolah Jepang bernama Sakuragaoka. Mereka berempat masuk ke dalam sebuah klbu musik ringan atau disebut Kein-Bu.

Walaupun memiliki empat anggota, klub ini tetaplah memberikan pengalaman berharga bagi para anggotanya.

Dimana mereka menghabiskan hari-hari nya di ruangan klub tersebut, mulai dari tertawa, bersedih, hingga bahagia bersama. Lantas bagaimana kisah mereka sebenarnya?

Melihat alur cerita yang ada pada K-On! mengindikasikan bahwa anime ini mampu untuk memberikan impak yang luar biasa ketika kita menontonnya.

Kekonyolan Yui di setiap episode membuat kalian tidak cepat bosan ketika menontonnya. Selain itu, anggota band lainnya juga memiliki sifat yang lucu-lucu juga loh.

Alasan terbesar dari anime ini begitu populer mungkin karena hubungan persahabatan yang terjalin didalamnya. Kalian bisa merasakan bagaimana seorang sahabat di anime tersebut.

Kualitas Art dan penggambaran tokohnya sangat bagus menurut saya, wajar sih Kyoto Animation sudah tidak diragukan lagi selalu membuat anime – anime yang memiliki Art dengan kualitas yang bagus.

Pergerakan dari karakternya bisa dibilang begitu halus banget dan disetiap adegan terasa bahwa Kyoto Animation memberikan efek yang luar biasa. Selain itu, pergerakan kaku dari anime ini tidak begitu terlihat, namun ada juga beberapa adegan yang cukup membingungkan dimana Yui memegang jeruk, namun jeruknya tak tersentuh di tangan Yui dan seoal-olah bahwa jeruk itu melayang.

Untuk Ost nya dibawakan oleh CV grub Houkage Tea Time, Opening berjudul Cagayake! GIRLS dan Ending berjudul Don’y say lazy. Tapi, yang paling saya suka dari anime ini adalah music-musicnya.

Jika kalian yang suka mendengarkan musik khususnya band cewek dari anime, K-On! it’s the best karena anime K-On! mempunyai banyak lagu yang menurut saya sangat bagus.

Kalian suka dengan nada dari genjrengan gitar? nada dari bass? nada dari piano atau keyboard? nada dari drum? K-On! punya nada – nada itu semua yang tentunya terdengar dengan jelas, seimbang dan bersemangat.


10 Just Because

Just Because

Anime ini menceritakan tentang Izumi Eita yang harus pindah-pindah karena pekerjaan ayahnya. Ketika dirinya pindah ke SMA barunya, ia bertemu dengan Natsume Mio, gadis yang ia sukai ketika SMP dulu.

Selain itu, dirinya jgua bertemu dengan Souma Haruto yang ternyata naksi kepada gadis klub terompet bernama Morikawa Hazuki. Walaupun begitu, Eita tetap mengetahui bahwa Mio masih menyukai Souma.

Di tengah kebingungan, seorang junior cantik dari Klub Fotografer bernama Komiya Ena menghampirinya.

Jika saya melihat lebih jelasnya, anime ini lebih memfokuskan cerita tentang bagaimana sih sebenarnya membuat penonton merasakan drama yang ada di anime ini. Tentu saja itu merupakan salah satu trik dari sang sutradara agar kita sebagai penonton ikut terbawa suasana.

Selain itu, bagian konflik bisa dibilang sudah pas dengan apa yang mereka inginkan.

Mereka juga akan menguras emosi dari para penonton ketika melihat konflik yang terjadi. Sekali lagi, anime ini menyuguhkan konflik yang berkesinambungan loh.

Opening dan Ending dari anime ini sendiri begitu okeb anget. Dinyanyikan oleh Nagi Yanagi berjudul Over adn Over membaut seri ini begitu oke banget. Openingnya terasa begitu menggambarkan kejadian yang ada di anime ini.

Sedangkan untuk endingnya dibawakan oleh karin Isobe (Mio), Yuna (Hazuki), dan Lynn (Ena) yang berjudul Behind.


Nah sahabat Animers itulah rekomendasi anime terbaik dari tahun ke tahun. Jika kalian punya saran yuk silahkan komentar dibawah. Akhir kata sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Comments
Loading...