Take a fresh look at your lifestyle.

11 Rekomendasi Anime Terpopuler di Tahun 2018 yang Sayang Jika Kalian Lewatkan

743

Animers – Selamat malam untuk semua sahabat Animers. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit rekomendasi anime terpopuler  kepada kalian mengenai anime apa saja yang terbaik di tahun ini.

Tahun ini, terdapat beberapa anime orisinil yang mampu mendongkrak posisi mereka sebagai suatu pesaing yang harus diperhitungkan. Mereka mampu bersaing dengan nama-nama yang sudah terkenal di dunia anime.

Tapi sebelum itu, saya memohon maaf karena artikel ini seharusnya terbit di akhir tahun, tapi saya akan membuat versi baru jika semua anime sudah selesai ditayangkan tahun ini. Jadi stay terus di situs kami untuk mendapatkan pembaruan mengenai anime.

Tanpa basa-basi yuk kita mulai rekomendasinya. Namun sebelum itu, jika kalian punya saran atau anime yang ingin dimasukkan, silahkan komentar melalui kolom dibawah ini. Biar nggak makan waktu lama yuk kita mulai saja.


1 3D Kanojo Real

3D Kanojo Real

Suatu ketika dia terlambat datang ke sekolah dan dihukum untuk membersihkan kolam renang sepulang sekolah bersama siswi lain yang juga terlambat. Karena dia tidak berharap banyak pada dunia nyata, dia pergi untuk membersihkan kolam renang sendirian.

Alangkah kagetnya Tsutsui ketika siswi itu sedang membersihkan kolam renang sendirian. Dia tidak menyangka kalau siswi bernama Iroha Igarashi itu benar-benar menjalani hukumannya, karena yang dia tahu, Iroha adalah siswi cantik populer yang dingin kepada semua orang di sekitarnya.

Kebersamaan mereka berlanjut, mulai dari bertemu di sebuah restoran fast food, hingga Iroha akhirnya mulai menyukai Tsutsui ketika pria kurus berkacamata itu membelanya dari salah seorang siswa yang hendak bertindak kasar padanya. Lantas bagaimana kisah mereka selanjutnya?

Anime bisa dikatakan sebagai suatu anime romance yang sangat jarang kita temui di anime lain. Mereka membuat sebuah ending yang bisa dibilang menjadi tanda tanya besar untuk kelanjutan serinya.

Hal itu dimaklumi karena saya mengira bahwa seri ini akan mendapatkan adaptasi sseason 2 atau live-action. Jika melihat secara cerita, anime menghadirkan suatu alur yang tak diprediksiskan sebelumnya.


2 Beatless

Beatless

Dikisahkan pada suatu masa di masa depan, sosok manusia buatan yang disebut sebagai hiE menjadi bagian dari kehidupan manusia dan menangani hal-hal yang tidak bisa dilakukan manusia, salah satunya adalah Lacia.

Pada suatu hari, Arato Endo, seorang pemuda berumur 17 tahun bertemu dengan Lacia. Apa sebenarnya arti dari pertemuan mereka berdua, dan apakah umat manusia bisa hidup berdampingan dengan para hiE?

Jika melihat secara keseluruhan, anime ini menghadirkan cerita yang cukup biasa saja. Dan saya terpikir pertama kali melihat seri ini mirip seperti Plastic Memories. Namun alur yang mereka berikan sangat berbeda.

Mereka memfokuskan cerita yang dimana pembantu disebut juga hIE. Dan di anime PS, disana mereka bisa bekerjasama dengan para Android. Dari segi karakter juga terbilang berbeda, di Beatless mereka menghadirkan protagonis, dan di PS tidak sama sekali.

Bisa dibilang seri ini akan sangat populer jika mampu memberikan suatu hal yang tak masuk akal loh. Saya juga agak heran karena waktu tamatnya juga begitu lama dan mencapai setidaknya 9 bulan untuk anime dengan jumlah episode 20.

Namun beberapa berita menyampaikan bahwa anime ini memang sudah dipersiapkan seperti itu. Karena ingin membuat penonton penasarannya, akhirnya mereka menggunakan strategi untuk mengakali hal itu.


3 Boku no Hero Academia S3

Boku no Hero Academia S3

“Petualangan” Izuku Midoriya, atau Deku, untuk menjadi hero nomor 1 kembali berlanjut. Sekolah Pahlawan U.A. memberikan program kamp pelatihan kepada para siswa untuk melatih kekuatan tubuh saat menggunakan quirk masing-masing.

Belajar terhadap pengalaman terdahulu saat para villain mampu membobol sistem keamanan sekolah hingga mengganggu ketenangan siswa, U.A. memilih tempat kamp yang terisolir dan hanya beberapa orang saja yang tahu keberadaannya.

Namun, ada saja cara villain untuk kembali membuat ancaman dan menyebabkan korban di pihak siswa, yang membuat peran U.A. sangat dikritisi karena dianggap membiarkan siswanya di tengah-tengah bahaya.

Melalui kejadian inilah, beberapa Pro Hero mulai beraksi untuk melakukan serangan frontal terhadap villain. Pertempuran besar antara simbol kedamaian dengan simbol kejahatan pun tak terelakkan.

Jika melihat season kali ini, mereka memberikan cerita yang mungkin kalian tunggu season keempat  dari seri ini. Tentu saja mereka akan memulai cerita yang melibatkan Deku sebagai pahlawan di masyarakat.

Namun mereka juga harus hati-hati dalam membiarkan cerita yang tak sesuai dengan ekspektasi banyak orang. Saya rasa, season kali ini, mereka menghadirkan suatu hal yang menjadikan anime ini sebagai salah satu yang populer.


4 Citrus

Citrus

Yuzu Aihara harus pindah ke sekolah baru setelah ibunya menikah lagi. Sayangnya, sekolah baru Yuzu adalah sekolah khusus wanita yang ketat akan peraturan.

Di hari pertamanya sekolah, dia tertangkap tangan membawa ponsel, salah satu benda yang dilarang masuk ke lingkungan sekolah. Tidak terima, dia terlibat konfrontasi dengan sang ketua OSIS yang sangat tegas, Mei.

Sepulang sekolah, barulah Yuzu mengetahui bahwa Mei adalah saudara tiri yang dibawa ayah barunya.

Jika melihat anime ini, saya teringat kepada salah satu seri Yuri yang tayang tahun lalu yakni, Netsuzou TRAP. Namun anime ini cukup berbeda karena mereka memulai cerita tanpa suatu set up yang berlebihan.

Sedangkan di NTRAP, mereka memulai cerita dengan adegan panas secara langsung yang otomatis membuat seri ini langsung mendapatkan perhatian. Namun di Citrus, mereka memulai konflik dari bawah dan dari setiap episode ke episode.

Hal itu menurut saya pribadi mampu untuk mendongkrak kepopuleran mereka karena berani mengambil tindakan tersebut. Beberapa orang juga sempat membahas anime ini karena ending yang mereka tampilkan begitu biasa banget.

Namun jika kalian membaca manga-nya, mereka memberikan ending yang diluar dugaan saya. Pokoknya kalian bisa lihat secara langsung dah.


5 Asobi Asobase

Asobi Asobase

Anime komedi yang berpusat pada tiga murid yang sering memainkan permainan tradisional. Kasumi, gadis cerdas, serius, dan pintar dalam permainan, tapi buruk dalam bahasa inggris.

Olivia, gadis cantik keturunan Amerika yang dibesarkan di Jepang. Dan Hanako, gadis ceria berambut kepang dua yang selalu gagal jadi gadis normal.

Cerita yang mengusung permainan ini akan membuat kamu tertawa terbaha-bahak pada awal episodenya. Tiga siswa tersebut bisa dibilang memiliki kepribadian yang berbeda namun dengan satu tujuan.

Mereka akan menemanimu bermain setiap harinya, entah itu permainan aneh atau tidak. Jadi saya sarankan kepada kalian untuk menonton seri yang satu ini.

Jangan tertipu dengan berbagai key visual yang rilis sebelum penayangan anime Asobi Asobase. Karena para karakter akan menampilkan berbagai ekspresi lebay menyebabkan bentuk wajah bisa berubah drastis.

Ini juga nyaris tidak jauh berbeda dengan cover manga yang terasa imut namun konten di dalamnya amit-amit. Ekspresi lebay mereka makin lengkap dengan kemampuan akting para seiyuu hijau.

Manga hasil garapan Suzukawa Rin memang di bawah rata-rata untuk urusan gambar. Meski artstyle untuk adaptasi anime jauh lebih baik dan terasa imut, tetap ada bagian yang terasa aneh.

Terutama saat wajah karakter dilihat dari sisi samping. Penonton yang terbiasa melihat sisi hidung dan mulut lebih maju akan merasa janggal dengan gaya artwork di Asobi Asobase.

angat salah bila penonton mengharapkan banyak kejadian imut di seri ini. Manga-ka dari awal tidak segan untuk membuat karakter menjadi “buruk rupa” agar komedi makin maksimal.

Desain visual lagu pembuka dan penutup pun makin mempertegas bahwa imut dan cadas bisa tampil dalam satu seri yang sama.


6 Black Clover

Black Clover

Black Clover bercerita tentang 2 anak yatim piatu bernama Asta dan Yuno. Mereka dibesarkan bersama di gereja yang sama dan sejak itu tak terpisahkan.

Sebagai anak-anak, mereka berjanji akan saling bersaing untuk melihat siapa yang akan menjadi Kaisar Magus berikutnya. Namun, saat mereka tumbuh dewasa, beberapa perbedaan di antara keduanya menjadi jelas.

Yuno adalah seorang penyihir jenius dengan kekuatan dan kontrol yang luar biasa, sementara Asta sama sekali tidak bisa menggunakan sihir, dan mencoba menutupi kekurangannya dengan berlatih secara fisik.

Ketika mereka menerima Grimoires (buku sihir) mereka pada usia 15, Yuno mendapat sebuah buku spektakuler dengan semanggi empat daun (kebanyakan orang menerima semanggi tiga daun), sementara Asta tidak menerima apapun sama sekali.

Namun, saat Yuno terancam, Asta mengeluarkan kekuatan yang sebenarnya, dia menerima Grimoires dengan semanggi lima daun yang berwarna “hitam!”. Sekarang kedua teman itu menuju ke luar di dunia, keduanya mencari tujuan yang sama!

Anime ini sendiri bisa dikatakan sebagai raja dari anime musim ini. Mereka memeberikan kesan cerita yang begitu bagus baik dari penyampaian hingga hal lainnya yang mungkin tak kamu temukan di anime lainnya.

Selain itu, standarisasi sebuah anime mampu untuk menopang pondasi dari animenya sehingga mereka memperkuat alur cerita dengan pondasi visual sebagai penopangnya. Karena studio yang menangani seri ini adalah Pierrot.


7 Darling in the FranXX

Darling in the FranXX

Di masa depan, di mana Bumi hancur, dan umat manusia mendirikan benteng yang dinamakan Plantation. Pilot yang dihasilkan di Plantation tinggal di Mistilteinn, yang juga dikenal sebagai “Sangkar Burung.”

Anak-anak yang tinggal di sana tak tahu tentang dunia luar atau kebebasan. Mereka hidup dengan bertarung dan mengemban misi.

Musuh mereka adalah makhluk raksasa misterius yang dikenal dengan nama Kyouryuu, dan anak-anak itu memiloti robot yang bernama FranXX yang ditujukan untuk melawan para monster itu.

Bagi mereka, memiloti FranXX adalah bukti keberadaan mereka. Seorang anak bernama Hiro atau Code 016, dulunya dia dikenal sebagai si jenius.

Namun, dia mengalami kegagalan dan keberadaannya sudah tak diperlukan. Karena jika tak berhasil memiloti FranXX sama saja mati.

Anime ini menceritakan tentang kehancuran bumi, karena ada sebuah monster bernama Klasoxaur yang menghancurkan peradaban manusia. Dan yang melawan monster itu disebut Franxx, franxx dikendalikan oleh 2 orang. Yang mengendalikan franxx diatas dan yg menjadi franxx dibawah hampir mirip dengan adegan 18+ hahahha.

Umat yang selamat kemudian mendirikan kota milter yang dikenal sebagai (Plantation), dipimpin oleh Organisasi APE.

Saat ia melewatkan acara kelulusan kelasnya, Hiro secara tak sengaja bertemu dengan Zero Two, pilot Franxx yang dikenal buruk, dan dia adalah anggota ras manusia yang memiliki darah klaxosaur, memberikannya sepasang tanduk merah di kepalanya.

Setelah pasangan Zero Two terbunuh karena serangan klaxosaur, Hiro kemudian meminta Zero Two untuk menjadi pasangan barunya, atau yang ia sebut sebagai “Darling”.

Anime ini sendiri bisa dikatakan sebagai salah satu seri yang sangat populer di tahun 2018. Mereka memberikan kesan yang sangat luar biasa ketika penayangan pertamanya dimulai pada hari itu.


8 High School DxD Hero

High School DxD Hero

Musim keempat dari seri anime High School DxD. Hyoudou Issei adalah seorang siswa biasa seperti siswa SMA lainnya yang ingin memiliki harem di hidupnya.

Namun, sialnya saat kencan pertamanya dengan seorang gadis cantik, ia justru diserang secara brutal oleh malaikat yang jatuh dari langit hingga membuatnya tewas. Setelah kejadian itu, kakak kelasnya yang cantik membuatnya bereinkarnasi sebagai setan.

Kakak kelasnya mengatakan padanya bahwa sekarang Issei menjadi setan, sama sepertinya. Sejak kejadian itu, Issei ikut terseret dalam pertempuran antara setan dengan malaikat.

Saya setengah takjub dan setengah terkejut dengan fakta bahwa High School DxD berlanjut  ke musim keempat. Mengingat anime ini sebagian besar berisi dengan dada, menurut saya luar biasa sekali bahwa anime DxD masih tetap berlanjut.

Semakin jauh cerita di anime ini semakin kuat unsur shounen-nya, satu hal yang perlu saya akui mengingat anime ini isinya semula hanya dada saja.

Hal trivial yang menarik adalah, bila kita mengurutkan keempat musim High School DxD, kata tambahan setiap musimnya akan memunculkan frasa “New Born Hero”, yang menjadi gambaran pertumbuhan Issei di dalam seri ini.

Meskipun konten seriusnya semakin lama semakin dominan, unsur dada yang menjadi trademark DxD tetap memiliki peranan yang penting.

Bahkan pada episode 0 DxD Hero, di tengah-tengah ketegangan yang ada, lagu tidak penting macam ini menjadi bagian penting dari episode tersebut.

Sebagai penutup, High School DxD telah berevolusi dari sekedar anime fan service penuh dada menjadi dada dan pertarungan seru khas anime shounen.


9 Mitsuboshi Colors

Mitsuboshi Colors

Colors adalah tiga gadis kecil yang ingin menjaga kedamaian di kota tempat mereka tinggal.

Mereka sering menghabiskan waktu dengan bermain bersama, memecahkan teka-teki, dan pergi ke kebun binatang, dan kegiatan-kegiatan menyenangkan lainnya.

Anime ini menceritakan keseharian mereka bertiga.

Colors terdiri dari tiga anak kecil yang memiliki kepribadian berbeda.

Yui memiliki kepribadian yang sangat polos, cengeng di antara ketiga temannya, dan agak lebih lebih pintar dari kelihatannya ia juga ketua dari grup Colors tersebut.

Sacchan adalah karakter yang seakan harus ada dari anime slice of life, ya sifatnya nggak sadar diri, bodoh, ceplas-ceplos, tapi peka ama situasi.

Satu lagi Kotoha, ia kelihatan paling cuek, dingin, dan seakan mentingin game. Tapi sebenarnya ia perhatian ama teman-temannya, dan ia juga S berbakat.

Apakah di antara kalian ada yang memiliki masa anak-anak seperti Colors? Main sana sini, nakal banget, tapi seru.

Mitsuboshi Colors menceitakan anime seperti itu, bisa jadi ini mungkin jail bait, karena karakter utamanya seorang anak SD.

Tapi, tenang aja, di anime ini tidak banyak fanservis jadi aman-aman aja lah. Tapi, anime ini menceritakan keseharian Colors yang seru buat diikuti.

Dari pemikiran ala anak-anaknya, kelakuannya yang hiper-aktif, dan lainnya yang membuat anime ini patut buat dinikmati bagi penikmat komedi slice of life.

Dari episode ke episode memberikan cerita yang unik dan ngakak, saya suka banget bagian Yui yang dikacangin melulu.

Yui yang sering tsukkomi selalu dicuekin saat membuat lelucon, yang waktu ditanggepi dengan “Hah?” oleh Sacchan ia lngsung mengganti ekspresinya dengan datar.

Dan itu sengaja nggak diperlihatkan banget alias nge tsukkomi balik, dan berkat itu saya bisa ngakak berat.

Juga, si Kotoha yang memiliki bakat S dari lahir ini juga ngakak, nginjek kepala si polisi sambil bilang “Oops” kaya yang nggak disengaja.

Dari grafik saya suka, sasuga Silver Link, komedi juga dapet mulu nggak garing. Soundtrack bagus aja, dapet kesan cerianya, seiyuu-nya juga bagus-bagus dan cocok buat  karakternya. Buat yang masih nggak yakin buat nonton nih anime, sebaiknya tonton aja karena emang lumayan seru kok.


10 Satsuriku no Tenshi

Satsuriku no Tenshi

Rachel, seorang gadis berumur 13 tahun yang menemui dirinya terbangun di sebuah ruangan bawah tanah. Dia sendiri tak memiliki ingatan dan terus menyusri bangunan demi mendapatkan petunjuk.

Pada perjalanannya, ia bertemu dengan Zack, pria dengan wajah yang tertutp perban dan memegang sebuah sabit besar layaknya malaikat maut.

Rachel pun meminta Zack agar membunuh dirinya jika mereka telah berhasil keluar dari bangunan tersebut. Lantas bagaimana kisah mereka dalam mencari jalan keluar?

Anime ini bisa dibilang memberikan sedikit gambaran mengenai anime-anime yang memfokuskan diri terhadap Thriller. Dan tentu saja cerita yang mereka angkat begitu mengesankan sekali.

Selain itu, mereka juga memberikan nuansa cerita yang gampang dicerna oleh para penonton di sekitar. Kemampuan mereka dalam memberikan alur yang mudah dicerna adalah suatu keharusan dan membuat seri ini menjadi populer.

Saya rasa, banyak juga dari kalian yang meremhkan seri ini diawalnya. Namun seiring berjalannya cerita, anime ini menghadirkan cerita yang mungkin tidak kamu tebak sebelumnya. Dan itu menjadi poin penting dari anime ini.

Selain itu, karakter yang ada di seri ini juga mampu memberikan hal yang begitu luar biasa banget. Tak terlihat mereka menyiakan suatu adegan yang berujung kepada hal fatal seperti tak terjadi dialog sama sekali.


11 Isekai Maou to Shoukan Shoujo no Dorei Majutsu

Isekai Maou to Shoukan Shoujo no Dorei Majutsu

Takuma Sakamoto, seseorang yang dijuluki sebagai Raja Iblis oleh para pemain MMORPG. Pada suatu hari, dirinya dipanggil kedunia lain yang sangat mirip dengan MMORPG yang ia mainkan. Dirinya kemduian bertemu dengan dua gadis yang mengaku sebagai orang yang memanggil Takuma.

Namun, ketika mereka berdua ingin mencoba membuat Takuma menjadi budaknya, namun siapa sangka bahwa mereka terkena pantulan sihir milik Takuma.

Tentu saja keadaan menjadi terbalik dimana kedua gadis tersebut harus menjadi budak Takuma. Kisah Raja Iblis pun telah dimulai.

Anime ini bisa dibilang menghadirkan cerita yang terkesan seperti anime isekai biasanya. Mereka memberikan cerita yang tak diharapkan oleh diriku ini dan orang lain. Namun hal yang membuat seri ini menjadi kompe adalah mereka mampu memberikan alur yang baik.

Saya rasa, hal itu sudah menjadi tugas penting dari sebuah anime untuk memberikan kesan yang disukai oleh penonton. Namun seri ini, mereka memfokuskan cerita terhadap karakter overpower dan Ecchi yang terkesan begitu ekstream.

Saya cukup memaklumi hal itu karena Isekai memang identik dengan Harem ataupun Ecchi. Namun jika mereka mampu mengambil resiko dengan memberikan kesan lain bukan tidak mungkin bahwa seri ini akan populer.

Selain itu, karakter di anime ini juga mampu memberikan kesan yang luar biasa banget. Mereka mampu memerankan peran masing-masing tanpa terhambat akan suatu hal. Setiap scene tak disia-siakan oleh siapun disana.

Dan dialog mereka juga tercipta begitu rapih dan mudah dimengerti oleh kebanyakan orang. Tapi saya lebih suka dengan Musik yang ditampilkan oleh seri ini. Karena mereka memperdengarkan hal yang begitu laris di telinga saya ini.


Nah sahabat Animers itulah rekomendasi anime terpopuler di tahun 2018. Hal itu berdasarkan ranking yang diterbitkan oleh beberapa situs di Google. Namun jika kalian punya saran silahkan komentar dibawah yah. Akhir kata sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Comments
Loading...