Take a fresh look at your lifestyle.

Review Anime: Hanebado! (Drama Badminton Ayano Hanesaki!)

147

Yo minna san, selamat berkunjung kembali di website Animers.info, kali ini penulis akan membuat review anime Hanebado!.

Anime tentang drama yang kebetulan bersangkutan dengan olahraga Badminton/bulutangkis. .

Sesi review akan terbagi 5, yaitu diawali dengan 1. informasi seputar anime yang jadi topik review seperti genre, sinopsis, dll. Lalu 2. video promosi/trailer anime Hanebado!, kemudian karakter utama, 4. OST dan diakhiri dengan 5. review dan rating dari penulis.

Yosh, langsung saja yuk kita mulai reviewnya!

1. INFORMASI ANIME

Judul Anime: Hanebado!

English: Hanebado!

Sinonim Indonesia : Drama Badminton Ayano Hanesaki!

Japanese : はねバド!

Type: TV
Episodes: 13
Status: Finished Airing
Aired: Jul 2, 2018 to Oct 1, 2018
Premiered: Summer 2018
Broadcast: Mondays at 00:00 (JST)
Producers: Kodansha, TOHO animation
Licensors: Funimation
Studios: LIDENFILMS
Source: Manga
Genres: Sports, Seinen
Duration: 24 min. per ep.
Rating: PG-13 – Teens 13 or older

Sinopsis:

Ayano Hanesaki seorang murid kelas satu SMA Kitakomachi di Prefektur Kanagawa memiliki kemampuan bermain badminton di atas rata-rata, namun dia berusaha menghindari kegiatan olahraga.

Dia bertemu Nagisa Aragaki, murid kelas tiga yang berlatih keras siang dan malam untuk menjadi pemain Badminton terbaik di Jepang.

Setelah disemangati oleh pelatih Tachibana Kentarou, didukung oleh eskul di sekolah, dan melihat kehebatan berbagai rival, mereka berdua menghabiskan masa muda mereka dalam olahraga menegangkan layaknya pesawat terbang yang melesat dengan kecepatan tinggi.

 


2. Video Promosi/Trailer:


3. Karakter Utama

1. Aragaki Nagisa (Nagisa, Aragaki)

Aragaki NagisaSeiyuu : Miyuri Shimabukuro

Usia : 17-18 tahun (Kelas 3 SMA)

Biografi :

Aragaki Nagisa adalah siswi kelas 3 di SMA Kitakomachi. Dia merupakan kapten Bulutangkis/Badminton sekaligus pemain badminton terbaik di Sekolahnya.

Namun sikapnya berubah menjadi keras dan tegas akibat kekalahan 21-0 melawan Ayano Hanesaki di final kejuaraan bulutangkis tahun sebelumnya.

Dia merasa dirinya kurang latihan, dan memaksakan dirinya serta anggota klubnya berlatih keras yang membuat sebagian dari mereka tidak nyaman bahkan bertengkar dan keluar dari klub badminton.

 

2. Ayano Hanesaki (Ayano, Hanesaki)

Ayano HanesakiSeiyuu:Hitomi Ōwada

Usia: 16 tahun

Biografi:

Ayano Hanesaki adalah siswi yang sangat berbakat bermain bulutangkis. Namun dia kehilangan alasannya bermain bulutangkis akibat hal yang terjadi pada masa lalunya.

Awalnya dia hanya ingin hidup mengikuti alur bersama teman sekelasnya Erena Fujisawa.

Namun akhirnya Erena mengajaknya kembali mengikuti ekskul bulutangkis dan disana dia bertemu dengan Aragaki Nagisa, orang yang pernah dia kalahkan telak semasa SMP dan Ayano lah yang menjadi alasan Aragaki berlatih keras selama ini yaitu untuk mengalahkannya.


4. Original Soundtrack (OST)

Lagu Opening:
#1: “Futari no Hane (ふたりの羽根)” oleh YURiKA

Lagu Ending Theme
#1: “High Stepper (ハイステッパー)” by Yuiko Ohara (eps 2, 4-13)
#2: “High Stepper (Acoustic Ver.) (ハイステッパー (Acoustic Ver.))” by Yuiko Ohara (ep 3)

 

Lagu Openingnya bisa dibilang cukup bikin semangat, dan Endingnya juga bagus, walau bukan lagu yang terlalu bikin nge hype, tapi lumayanlah buat didengerin sesekali..


5. Review Penulis

Review Singkat:

 

Hanebado!, setelah sekian lama, akhirnya muncul juga anime tentang Badminton/Bulutangkis. Itulah yang ane pikirkan saat pertama kali mendengar anime ini dan liat trailernya.

Awalnya ane pikir ini adalah anime olahraga tentang MC yang semangat ala shounen manga (versi cewek sih, jadi seinen yak).

Yup, saya sempat mengira anime ini seperti Haikyuu!!, dimana MC nya pernah dikalahkan sekali oleh rival yang kuat.

Lalu berjuang buat mengalahkan rivalnya suatu saat, akhirnya malah berakhir menjadi kerjasama/kombinasi mematikan gitu. seperti Kageyama dan Hinata. Sebagaimana juga di Badminton ada mode ganda nya, bukan?

Tapi ternyata anggapan ane terlalu naif, setelah nonton beberapa episode awal, pemikiran tersebut langsung sirna, karena anime ini justru lebih ke drama sekelompok cewek yang bermain badminton.

Dimana masing-masing diantara mereka memiliki konflik masa lalu dan masalah tersendiri.

Cerita diawali dengan pertandingan antara Aragaki Nagisa melawan Ayano Hanesaki. Nagisa tampak tak berdaya menghadapi Ayano dan skor berakhir 21-0.

Kemudian skip 1 tahun, Nagisa pun diperlihatkan berlatih sangat keras yang akhirnya justru membebankan timnya yang membuat sebagian dari mereka tidak kuat serta berhenti dari Badminton.

Dan saat itu pula ternyata Ayano masuk di SMA yang sama dengan Aragaki, akhirnya mereka bertemu lagi, tapi sebagai senpai dan kouhai.

Jika dinilai dari story nya, sebenarnya tidak begitu dalam, dan kebetulan karakter di anime ini lebih menonjol pada yang cewek, dan karakter cowok disini pun tidak terlalu mendapat bagian yang penting, hanya pelatih mereka saja, Tachibana Kentarou saja karakter cowok yang setidaknya mendapat sorotan lebih.

Untuk karakter favorit ane pribadi di anime ini adalah Ayano Hanesaki.

Hanesaki

Awalnya yang bikin ane tertarik adalah karena dia mengingatkan ane pada Mitsuha dari Kimi no Na Wa. Kepribadian mereka pun hampir mirip pada awal cerita, cewek yang manja-manja kawaii dengan temannya :3

Well, Ayano awalnya adalah gadis kecil yang baik, namun hatinya hancur sejak ditinggalkan oleh ibunya saat masih kecil, hanya karena dia kalah bertanding melawan rival masa kecilnya saat itu, Kaoruko Serigaya.

Hal ini membuat Ayano berpikir karena kelemahannya, ibunya meninggalkannya. Dia pun berjuang memenangkan setiap pertandingan dan berharap ibunya akan mengakuinya dan kembali suatu saat nanti.

Dan setelah beberapa lama tidak ada kabar, tiba-tiba muncul berita bahwa ibunya telah membesarkan seorang putri yang menjadi bintang baru di dunia bulutangkis (ibunya dulunya adalah seorang yang pernah juara badminton tingkat dunia 10 kali berturut-turut, dan tentunya berita tersebut dimuat di majalah).

Hal ini pun membuat hati Ayano hancur, dan merasa tidak memiliki alasan lagi untuk bermain bulutangkis.

Dan hal tersebut juga yang memicu munculnya kepribadian Ayano yang 1 lagi.

Kowaii

 

Bisa dibilang Yandere Mode, hunter eyes, atau sejenisnya kali yak.

Yang pasti saat matanya berubah seperti itu, Ayano berubah jadi pribadi yang kasar, sombong, songong, dan suka mempermainkan lawannya.

Gaya bicaranya pun berubah, kemampuannya pun meningkat drastis saat berada di mode tersebut. Dan tentunya itulah yang menarik dari dia :3

Ane sendiri sangat suka ekspresi tersebut, bikin ane makin bergairah buat nontonnya, hehehe :3

Dat Eyes
Ekspresinya gimana gitu :3

Sebenarnya itu juga bukan hal asing di anime sports, udah seperti ciri khas anime sports juga sepertinya.

Akashi Seijuro dari Kuroko no Basket dan Hinata Shouyo dari Haikyuu!! juga memilikinya. Nih buktinya

Akashi Seijuro
Emperor Eyes Akashi Seijuro
Hinata Shouyo
Hunter Eyes Hinata Shouyo

 

Well, kita balik lagi bahas animenya, untuk pertandingan bulutangkisnya sendiri, grafik serta gameplay di anime ini sangat keren, tampilannya detail serta menghibur.

Pertandingannya 11 12 dengan Haikyuu!!, tidak ada jurus ini itu serta tidak Over Power berlebihan, bisa dibilang lebih realistis seperti pertandingan bulutangkis di dunia nyata.

Tapi tentunya sebagaimana judulnya dan juga sudah dijelasin diatas, anime ini lebih ke drama serta konflik dalam diri mereka masing-masing, bukan tentang mengalahkan lawan-lawan kuat di luar sana seperti anime sports lain.

Yah, setidaknya itulah yang ditampilkan di animenya. (Saya nggak baca manganya, jadi kurang tau juga perkembangannya, apakah ada rival baru atau sejenisnya).

Di akhir Animenya juga tidak ada epilog atau pun scene tambahan yang menunjukkan tanda-tanda Season 2.

Yah untuk enjoyment nya anime ini cukup menghibur, tentunya jangan berharap lebih saja, nikmati saja ceritanya apa adanya.

Meski bukan anime yang bikin hype, tapi untuk sebagian orang anime Hanebado! ini juga cukup mendatangkan minat mereka buat main bulutangkis.

Yah, intinya saat nonton anime ini, jangan terlalu berharap lebih, nikmati saja jalan ceritanya.

Yosh, untuk menghindari spoiler lebih lanjut bagi yang belum nonton, itulah dia review ane mengenai anime Hanebado! nya.

 

 

Rating dari Penulis:

  • Story : 7.5/10
  • OST : 7.5/10
  • Grafik : 8.5/10
  • Average : 7.8

 

Kosakata:

Seiyuu: Pengisi suara


Yosh minna, itulah tadi review singkat anime Hanebado! nya, semoga informasinya bermanfaat bagi kalian yang sedang butuh informasi tentang anime ini ya!

Dan jangan lewatkan review serta berita unik lainnya seputar anime hanya di Animers.info, sampai ketemu di review berikutnya! ^_^

78%
  • Criteria
Comments
Loading...